Semur Daging Kentang

 

Go-shujin tergolong orang yang sukanya makan ‘masakan rumahan’. Dibanding makan di resto atau kafe, dia lebih milih makan sego dirumah, pakai lauk perdagingan dan perteloran. Ada beberapa lauk favoritnya go-shujin, dan untungnya gampang-gampang semua. (Maksudnya gampang tuh bahan-bahannya bisa didapat dengan mudah disini.. lha wong disini cari bumbu dan bahan-bahan makanan Indonesia tu susahnyaaaaa…!!)

Semur ini salah satu lauk yang paling disenengin. Bikinnya gampang dan cepet. Dan selalu jadi pilihan kalo saya lagi capek atau males masak.

Semur Daging Kentang

Bahan-bahan

2 btr kentang, kupas, cuci bersih, potong-potong
200 gr thin-sliced beef
2 siung bawang putih, rajang halus
1/2 btr bawang bombay, rajang
3 sdm mentega
4 sdm saos tomat
4 sdt gula
Garam, merica, bubuk pala secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara bikinnya

- Bumbui kentang dengan sedikit garam dan merica, kemudian goreng dalam minyak panas sampai matang kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sisihkan.
– Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi.
– Masukkan daging sapi, masak sampai berubah warna.
– Tambahkan saus tomat, gula, garam, merica dan bubuk pala. Masak sampai matang.
– Masukkan kentang, aduk sebentar sampai rata. Angkat.
– Taburkan sedikit bawang goreng, hidangkan.

About these ads

7 thoughts on “Semur Daging Kentang

  1. waaaaaaaaahhhh..
    ak senang skali…ada resep buat semurr…
    mm,,maaaff..
    saya mahasisiwi tnggal d beppu..jd bener2 survive banget dsini..

    mau nanyaa..
    d atas kan,bumbu nya ada bubuk pala..
    bahasa jepang nya apa yaa??
    soalnya saya msh pemula nihongo nya..
    hehehe
    terimakasih

  2. tina….
    kalo bubuk pala itu biasanya selalu ditulis pake romaji ‘nutmeg’ atau katakana, gak ada bahasa jepang-nya.
    di suppa bagian bumbu-bumbu kering (botolan) biasanya ada kok.. sebelahan sama merica dan kawan-kawan.

    ganbatte :)

  3. mbaa..maaf yaa aku suka bertanya2..hhehehehehe-
    tadi baca artikel terbaru,,,
    oh iya,,minal aidin wal faidzin ya mbaa,,hixhixhix..bener mbaa..lebaran dsini emang sepi banget ga kerasa kaya d indonesia,,
    oia,trus ak tadi baca, katanya ada makanan wajibnya yaitu opor,rendang, dan ketupat..
    nahh,,ak lagi tertarik pengen buat opor mba,, bahan2 d jepang ada tersedia??? klo bawang merah bisa dganti sama bawang bombay yang warnanya ungu itu ga mbaa??maaf ya mba ..buatnya kepanjangaan.
    terimakasih sebelumnya..:D

  4. Tina,

    sama-sama, maaf lahir bathin juga yaa… gak salah kok kalo nanya-nanya :D
    – buat masakan yg butuh bawang merah, biasanya aku ganti pake tamanegi biasa aja.. gak usah yg ungu. rajang kecil dan alus aja.
    – nah tentang opor.. bikin opor di Jepang memang agak-agak susah tuh.. soalnya bumbu-bumbu seperti kemiri dan daun salam jarang yang jual. kalo mau coba pesen online dari http://www.tomizawa.co.jp
    atau kalo gak mau repot, pake bumbu opor instan aja.. misalnya bumbu Kokita C atau Bamboe.
    slamet bikin opor :D

  5. Mbak,
    terima kasih resep yg sederhana ini, saya buka blog lain, bumbunya macem-2, pdhal seingat saya dulu bibi dirumah masak semur gampang sekali. Saya di Sydney, bumbu gampang tapi anak pingin semur rumahan. Saya masak sore nanti. Thanks heaps!

  6. Mbak, laporan: rasanya enak , serasa kembali ke jaman kuliah th 76-an, kalau rantangan diberi semur rasanya mewah sekali. Terima kasih unt resep sederhana yg rasanya enak. Saya tambah telor ceplok dan tambahin wortel dan buncis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s