Bangkok Journey: Thai Green Curry

Ambisi hidup menyicip green curry di tempat asalnya tercapai sudah.

Ini menu yang selalu dipesan tiap kali mamam-mamam di restoran Thai. Yang di Lan Na Thai itu enaknya bukan kepalang. Bikin sendiri? Oh, pernah juga. *sombong*  Enak banget juga *sombong lagi*.  Nih, intip sini nih kalo gak caya..  Tapi tapi tapi akukan belom pernah makan di kampungnya sana! Jadi salah satu niat beli tiket Jakarta-Bangkok pp adalah untuk makan ini. Cetek amat yak, hahaha….

Di hari pertama jelajah Bangkok belum ada kesempatan. Pas hari kedua, tancap. Tanpa mikir, langsung tunjuk  ini di kedai makanan halal di MBK Food Court. Sebenernya siiih mata dan hati lebih ngiler liat penampakan green curry di kios seberangnya. Assslik, mouthwatering banget! Tapi ditolak sama kokinya, hahahahahaha…… Gara2 liat kepala ijk dibungkus, dia langsung nyuruh-nyuruh ke kios seberangnya. Bener-bener digandeng dan dianterin sampe kios seberang :)) Kop khun kha bapaaak!

Setelah pesenan dianter, langsung alis naik sebelah. Kok minimalis? Tapi kan katanya gak boleh judge by its cover yah. Ya uwes, disendok lah. Seruputan pertama…. wow, enak! Kayak gini ternyata rasa aslinya.  Santannya lumayan kental, cukup gurih, tapi agak keasinan.  (Ada apa sih Thailand, kok masakanmu ternyata asin-asin?)  And yes, rada ‘sepi’ karena isinya cuma potongan ayam kecil-kecil dan sedikit, dengan kuah melimpah. Rasa gurih kuahnya berujung di rasa pedas, yang makin lama makin kuat.

Dan selanjutnya…
Aku…
Kepedesannnnnn!!!

Astaga Gustiii… tobat pedesnya. Munculnya justru aftertaste, jadi gak ilang-ilang. Padahal ini udah pesen yang mild. Karena saya emang gak kuat pedes, sempet menyangka diri sendiri yang cemen. Sama pedes aja takut. Tapi setelah temen-temen yang lain pada nyoba dan mereka SEMUA bilang pedassss… ya berarti bukan salahkuuu! Tapi gak apa-apa, tak menyesal. Cicip Thai Green Curry otentik : checked.🙂

Masih to be continued

Bangkok Journey: Local Culinaire

Preambule: walaupun ini cerita tahun lalu dan udah basi, tapi aku mau cerita!! :p

Alkisah, setelah kehebohan nyaris tiap malam selama berbulan-bulan (diiringi tatapan lelah dari suami masing-masing), akhirnya ada 6 mamak-mamak yang berhasil melarikan diri ke Bangkok! Harusnya bertujuh.. tapi yang satu gagal berangkat, dan buntutnya terpaksa dia harus sabar dijejelin foto 6 temennya lagi gila-gilaan😀

85f91fbb-e1b0-440a-8aa9-22d3add076fe_zpsrub6ngyd

Kalo mau ditulis, keriaan di Bangkok gak selesai 10 postingan. Tapi berhubung ini foodblog, jadi yang ditulis disini cuma perjalanan perut ya. Dan sebenernya, sini anaknya lebih doyan makan daripada belanja, jadi tujuan utama ke Bangkok emang mau makan😀

Hari pertama setelah mendarat siang bolong di Don Mueang, Mr. Krit sang supir van sewaan kami yang sopan, baik hati dan sedikit2 bisa ngomong bahasa Indonesia ini langsung mengantar ke tempat makan siang. Tawaran berbagai destinasi wisata langsung tenggelam oleh rengekan “Makan siang first! Makan siang first!”  Kami diantar ke restoran halal E-SARN FUNGDHON di daerah Arun Amarin.

Konon, masakan Thailand terbagi-bagi jenisnya berdasarkan wilayah. Yang paling sohor dan dikenal dunia adalah masakan Esaan atau masakan dari  Northeast and Central area. Sedangkan daerah selatan yang berbatasan dengan Malaysia adalah daerah pemukiman umat muslim Thailand.  Makanan terkenal dari daerah ini adalah aneka massaman kare yang rasanya memang dominan masam. Konon juga, owner restoran yang kami datangi ini orang selatan, tapi dia pilih jualan masakan Thailand mainstream yang dimasak dgn bahan-bahan dan cara masak yang halal.

Acara pesen makan berlangsung ribet. Gara-gara tulisan buku menu-nya pake huruf Thailand. Bacanya apa ini kakaaa??? Untung gak lama kemudian keluar juga buku menu yang ada saritilawah-nya. Pilihan pertama ofkors Tom Yum. Ibuk-ibuk ini ngakunya pesen Tom Yum karena “kan Thailand signature dish!”. Tapi alasan sebenernya adalah…. cari yang anget dan berkuah, karena kita kedinginan di pesawat. Tetep ya, umur.

To my surprise, rasa tom yum disini lebih asam dan lebih pedas daripada tom yum yang biasa makan di Jakarta. Masak sendiri juga pernah, tapi baru sekali ini ngeh rasa otentiknya. Pedesnya agak over sih, tapi bumbunya enak dan medok. Dan yang paling mantep udangnya dong.. besar dan manis! Rasa manis daging udang bisa mengimbangi rasa asam pedas dari kuahnya.

Selanjutnya ada Thod Mun Pla (Thai Fish Cake). Ini perwujudannya macam pempek kulit. Enak, dan irisan daun ketumbar sama buncisnya melimpah. Sayangnya asin banget, jadi harus makan pake nasi. Tak bisa di-cemil cemil cantik.

Next.. Pla Tod Yum Ma Muang (Ikan Goreng Saus Mangga). Berwujud ikan kakap putih digoreng kering, dan ada saus mangga terpisah. Taste wise: so-so. Ikan gorengnya ya ikan goreng. Yang istimiwir dan bikin enak memang sausnya. Mangga muda diserut, irisan bawang merah dan cabe dengan campuran kecap ikan sama peresan jeruk. Enak!

Last one.. ada Suea Rong Hai (Grilled Beef). Nah kalo ini…

JU..
A…
RAAAAAA!!!

Hands down. Sumpah ini enak banget. Kering tapi empuk, gak alot. Sekilas nampak simple, cuma daging iris dibakar. Tapi kok kamu enak sekali siiih….

Konon masakan ini disebut Weeping Tiger. Mau nanya kenapa dikasih nama gitu, tapi susah ya boooook ngomong sama waiter-waiternya. Me-Tarzan-You-Jane banget. Belakangan berhasil nemu jawabannya di google. Ada yang bilang “saosnya yang pedes banget sampe bisa bikin macan segahar apapun nangis”. Ada juga yang bilang “dagingnya alot banget sampe macan aja gak bisa ngunyah, trus karena kesel, macannya  mewek”. *naon sih?!* Trus aku harus percaya yang manaaa… Soalnya daging suea rong hai ini empuk banget kok, dan gak ada condiment-nya. Ya pokoknya enak. Biasanya daging ini untuk snack, dimakan sambil minum bir. Ih jadi pengen belajar bikin ini deh!

To sum up, oke lah makan disini. Cukup rekomen kok buat turis yang cari makanan tidak mengandung babi di Bangkok.  Next, nantikan kisah makan-makan hari berikutnya yaaa…

to be continued

 

Sundanese-Padangnese-Japanese

Kan critanya fusion. (Trus bingung. Ini masuk kategori masakan apa?)

Cuman gara-gara lagi seneng bikin donburi, karena abis beli mangkok donburi baru yang porsinya kurang pas untuk sekali makan. Tiap hari bikin donburi. Gyuudon, Oyakodon, Katsudon, Chirashi-don. Dan ketika udah mulai keabisan gaya, datanglah GEPUK-DON!

…yang mana ini sesungguhnya ada empal gepuk disuwir, dan disiram sambal lado kayak mau bikin dendeng batokok. Jadi kuberikan nama:

GEPUK LADO IJO DONBURI

Bahan-bahan:

Nasi putih, sesuai porsi perut masing-masing
Empal gepuk, bikin sendiri boleh, atau Ny. Yong to the rescue!
Cabe ijo, rajang
Bawang merah, rajang
Garam
Merica

Cara bikinnya:

– Empal gepuk digoreng. Tiris, serap lagi minyak-nya pake kitchen towel paper.
– Panaskan minyak sedikit. Tumis cabe ijo + bawang merah sebentar. Kasih garam + merica sedikit (tapi gak usah juga gak apa2, empal-nya kan udah asin).
– Taruh nasi putih di mangkok. Atur empal diatasnya. Siram pakai cabe ijo tumis.
– Enjoy!

 

 

 

Ifu Mie

Tiap bikin capcay, adonannya selalu dilebihin. Soalnya bisa disimpen dikulkas (asal jangan kelamaan) dan gampang dikutak-katik. Bisa dijadiin sapo, kuah cah daging, endesbre endesbre.

Tapi paling suka dibikin iniiii….

IFU MIE

Cara bikinnya cuma mie telor basah digoreng di minyak panas dan banyak sampai kering. Biar bentuknya gak buyar-buyar, mie basah-nya ditaruh di tirisan yang ukurannya agak besar dan bentuknya cekung. Trus tirisan-nya dicelup ke minyak. Buat anak-anak, pake tirisan yang ukurannya lebih kecil, jadi ifu mie ni kayak di bakmi GM.

Untuk kuahnya, pake kuah capcay (resepnya disini yaa…) dengan isi terserah mau diisi apa, tapi kuahnya dibikin banyaaak. Mie keringnya ditaruh di piring, lantas disiram capcay. And the best way to enjoy the dish adalah ketika mie-nya udah mulai lembek kena kuah😀

 

 

 

 

2015

Selamat tahun baru semuanya… Sudah ganti tahun lagi. Tahun kemarin apa kadabraaaa?

Kalo dibilang tahun 2014 terasa bagai terbang, YA NGGAK JUGAK!!! 2014 itu…..melelahkaaaaan! Persis tahun dimulai, proyek bangun rumah juga dikebut. Tadinya kami pakai jasa kontraktor. Tapi pengerjaannya luamaaaaaa dan dana kesedot parah. Jadilah semua (iya, SE-MU-A) kami ambil alih sendiri. Percuma lah pakdosen kuliah arsitektur sampe ubanan dan sekarang jadi dosen arsitektur, kalo bikin rumah sendiri diserahin ke orang lain. Capeknya ya gak usah ditanya, tapi hepiii sekali sama hasil akhirnya. Super yeayyy! Dan menjelang lebaran, kami resmi pindah rumah🙂

Ya gara-gara urusan mandor juga acara masak-memasak (dan apdet-mengapdet blog) jadi banyak terabaikan. Coba-coba tempat makan baru juga gak bisa sering2, secara duitnya mending dipake buat beli semen aja kakaaak. Dan sekarang setelah pindah, update blog juga ternyata tak lancar. Karena… area-nya gak tercover aja dulu oleh nyaris semua provider internet!😦 Ini masih Jakarta looooh… kok nasibnya bagai di hutan belantara.

Oke, mari sekarang bicara apa yang ingin dicapai. Target dapur tahun ini adalah mastering (atau paling enggak nyoba bikin deh) masakan-masakan ini:
1. Singgang Ayam Sumpu. Lha kan kita bininya orang Padang.
2. Ayam Kodok. Sungguh menggentarkan. Bagemana kalo pas lagi dimatengin ayamnya meledakk?😦
3. Japanese Curry. Yes, from the scratch.
4. Lapis Legit/Masuba. Terambisius!

Sudah, segitu aja. Itupun adalah resolusi dapur dari tahun 2014. Yang mana adalah resolusi dari tahun 2013. Yang juga adalah resolusi dari… #rawisuwis. Mudah-mudahan tahun ini tercapai. Oh, dan bikin birthday cake sendiri buat ulang tahun anak-anak.

Baiklah. Sekali lagi selamat tahun baru. Walaupun 2015 start-nya kok ya berat banget.. tertatih-tatih gini. Tapi mudah-mudahan makin maju makin enteng. Semoga tahun 2015 kita sehat, di dapur banyak makanan enak, dan di kantong banyak rejeki. Amin.

Rosemary Roast Chicken

Sering ngiler duluan kalo baca resep daging apapun di-roast. Ngebayangin wanginya pasti merebak kemana-mana. Kayak resep yang ini nih…

Rosemary, bawang putih sama lemon. Dan pas mateng, wanginya bikin lapeeeer..

Tapi… seperti biasa. Tiap bikin panggang-panggangan, anak-suami gak semangat. Mereka baru nggragas kalo dagingnya direndang, diopor, digoreng, dibalado… Hih!!!

Anyway, ini resepnya layak tampil kok. Gampang banget pula. Paling cuma perlu menyesuaikan antara besarnya ayam, waktu pemanggangan sama sifat oven masing-masing. Enak dimakan bareng nasi atau grilled potatoes, plus gravy/mushroom sauce. Happy roasting!🙂

Continue reading

Crustless Spinach Smoked Beef Quiche

Nyuruh Ken-kun makan sayur is my DAILY problem. Ever since we moved back to Jakarta. Berbentuk sayur nyata-nyata jelas gak bakalan dimakan. Semua harus diumpet-umpetin atau dirubah wujudnya. Itupun lebih sering ketauan (dan gak dimakan) daripada lolos masuk perutnya. Mau marah, tapi kata mamah dulu saya kecilnya juga persis kayak Ken-kun. Ini yang namanya kualat kali ya? Ampuni aku ibuuuu…!!

Salah satu cara merubah wujud sayur ya dibikin quiche gini.  Diumpetin, ditibanin tumpukan smoked beef dan keju. Serius deh, gak kerasa lagi makan bayam. Yum yum healthy yum!

Apakah yang ini Ken-kun doyan? Yaaah lumayan lah. At least masuknya lebih mudah daripada masukin sayur bayem jagung. -___-

Anyway, here’s how to make the super easy yummy crustless one🙂

Continue reading

Review : Coco Ichibanya

Kalo ditanya, apa yang paling dikangenin dari Jepang? Jawabannya bisa dua lembar folio bolak-balik, tapi pasti ada kata KARE keselip.

Sama seperti potato gratin, kare bukan makanan asli Yapan. Tapi sudah di Yapanisasi, mengandung unsur modifikasi dan inovasi, sampe akhirnya jadi salah satu makanan favorit khas Yapan. Ibarat sayur sop di rumah keluarga Indonesia, kare juga jadi masakan rumahan keluarga sana. Orang Jepang nyebutnya KARE, bukan kari. Kare Jepang rasanya kayak apa sih? Ya masih satu rumpun rasa lah ya sama kare India, tapi citarasanya jauh lebih ringan, gak serumit kare India dan baunya gak menusuk. Cenderung gak pedes, karena dasarnya orang Jepang gak bisa makan pedes. And by the waaaaaaay, saya pernah bikin sendiri juga loh. Intip resepnya disini😀

Banyaaaak banget yang jual kare di Jepang, sampe di dalem Disneyland pun ada. Tapi yang paling favorit dan seru buat didatengin adalah Coco Ichibanya. Seru karena pake metode PILIH SENDIRI KAREMU!! SAK KAREPMU!! Customer bisa pilih dari sekian banyak signature curries. Tapi kalo mau customize juga bisa. Pilih sendiri besar porsinya (diitung pake gram.. lucu yaaa🙂 ), jenis saus kare-nya, level pedasnya sampe toppingnya apa. Tambah seru lagi karena pilihannya banyak! Malah di beberapa gerai Coco Ichibanya di Tokyo, customer milih-milih kare bukan dari buku menu, tapi pake vending machine yang ada di luar gerai. Pencet-pencet, masukin uangnya, keluar struk, baru masuk ke dalem. Ih asik! Harganya sekitar 600 yen-an seporsi, agak sedikit mahal untuk ukuran warung di Jepang, tapi gak rugi lah. Did I say warung? Yes. Memang ini terhitung ‘warung’ kok buat orang Jepang🙂

Saus kare-nya ada tiga jenis: pork base, beef base dan hayashi sauce (demi-glace base). Isi kare-nya macem-macem banget, mulai dari berbagai olahan sapi, ayam, seafood sampai sayuran. Toppingnya ada jagung, telur rebus, bacon, bawang, etc. Kalo soal rasa… oh aku cintaaaa! Biasanya makan apapun iklas menyisihkan sekian persen untuk sedekah disikat pak dosen, tapi makan kare Coco Ichibanya tidak ada bagi-bagi. Nehi! Semua licin tandes masuk mulut sendiri. Terfavorit adalah Pari Pari Chikin Curry extra topping keju leleh. It’s-Oh-So-Good.

Iya, segitu sukanya kami sama kare Jepang. Makanya langsung sorak sorei waktu tau Coco Ichibanya buka cabang di Jakarta! Dari tempat tinggal di selatan Jakarta, kita membelah macet ke Grand Indonesia, cuma untuk melepas rindu sama kare.

Continue reading

Arancini

Punya nasi sisa rada banyak? Janganlah dibuang, wahai manusia! Dibumbuin, tambahin apa aja yang ada kulkas atau kasih keju, dibulet-buletin, trus digoreng aja. Lumayan ini buat sarapan.

Bahan:

Nasi sisa semalem. Yang pulen lebih oke.
Wortel kukus, potong dadu kecil-kecil.
Cheddar cheese, potong dadu
Bawang bombay, cincang halus
Bawang putih, cincang halus
Telur 1 butir, kocok
Tepung roti dicampur parmesan parut secukupnya
Garam+merica (yg generasi micin mungkin gak tahan pengen nambahin msg sikit :p)

Cara bikinnya:

– Tumis bawang bombay + bawang putih pakai mentega
– Tambahin wortel, tuang ke nasi.
– Tambahin garam, merica, cheddar cheese. Aduk rata.
– Dibikin bulet-bulet dgn ukuran semaunya. Celup ke kocokan telur, balur pake campuran tepung roti + parmesan parut. Goreng sampai kuning kecoklatan.

(Mind you, kalo pake campuran parmesan di coating-nya, biasanya lebih cepet gosong. Jadi apinya jangan kegedan, gorengnya juga sebentar aja yes..)

 

Salmon Salad

Lettuce dicuci sampe bersih, disobek-sobek, dicampur sama irisan salmon mentah, lantas dikasih goma dressing (goma sauce). Enaknya keterlaluan deh!

– Sayurannya bisa pake apapun. Wortel, timun, mesclun, kol merah, anything you like.

– Salmon cari yg sesegar mungkin dan urusan iris mengiris mendingan serahkan pada ahlinya. Pake maguro juga bisa. Pake udang juga bisa, tapi kupas-rebus dulu.

– Goma dressing ini bisa dibeli di Foodhall atau Ranch Market. Judulnya Kewpie Roasted Sesame.