Risoles Ragout

risoles

Buat buka puasa hari ini, menu-nya risoles. Bikinnya emang rada-rada malesin. Soalnya printilan dan lama… apalagi saya lagi hamil gede begini, mau gerak cepet juga susah. Ya tambah lama aja deh.. Tapi gak papah, capeknya sebanding kok sama hasilnya…..

(Kasian gak sih kita… pengen makan risoles tapi gak ada yang jual. Padahal kalo di Jakarta, tinggal nyari di abang-abang gorengan…)

Risoles Ragout Ayam

Bahan-bahan

– Bahan Kulit:

400 ml susu cair
150 gr tepung terigu

2 btr telur, kocok
1 btr telur, kocok (terpisah)
Tepung panir secukupnya

– Bahan Isi:

300 gr dada ayam fillet
100 gr jamur kancing, cincang
1 bh wortel ukuran sedang, kupas, cuci bersih
1 btg seledri, rajang halus
250 ml susu cair
1/2 btr bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
60 gr tepung terigu
4 sdm mentega
1 bh consomme/kaldu ayam block, hancurkan
4 sdt gula pasir
Garam, merica, bubuk pala secukupnya

Cara bikinnya

– Cara bikin kulit

– Kocok telur sampai berbuih, kemudian tuang susu dan garam. Aduk.
– Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk rata dan jaga jangan sampai menggumpal.
– Panaskan wajan dadar dengan sedikit minyak, kemudian buat dadar tipis
– Setelah matang dua sisi, angkat. Lakukan sampai adonan habis.

– Cara bikin isi:

– Rebus dada ayam sampai matang, kemudian suwir-suwir dagingnya. Sisihkan.
– Rebus wortel sampai matang dan empuk, kemudian potong dadu kecil-kecil. Sisihkan.
– Tumis irisan jamur sampai wangi. Sisihkan.
– Lelehkan mentega, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi.
– Masukkan suwiran ayam, potongan wortel, tumisan jamur dan seledri. Aduk rata.
– Kecilkan api, kemudian masukkan terigu dan susu. Aduk rata.
– Tambahkan gula, kaldu ayam bubuk, garam, merica dan bubuk pala.
– Masak sampai adonan matang dan kental.

Penyelesaian

– Ambil selembar kulit, kemudian letakkan sedikit adonan isi ditengahnya (kira-kira sebanyak 1 sdm).
– Lipat dan gulung kulit menyerupai silinder.
– Celupkan ke dalam telur kocok, kemudian gulingkan ke atas tepung panir sampai terbalur rata.
– Goreng dengan minyak panas sampai berwarna kecoklatan.
– Angkat, sajikan dengan cabe rawit, saus sambal atau saus mustard.

– Sebetulnya lebih enak pakai tepung panir seperti yang di Indonesia, hasil gorengannya jadi lebih cantik. Tapi disini gak ada, jadi saya pake sofuto panko (tepung roti Jepang jenis yang halus). Itupun masih digebuk-gebuk dulu biar tambah ancur.

– Kalau adonan isi-nya masih sisa, bisa disimpan dalam wadah tertutup rapat (atau ditutup plastik cling-wrap) lantas disimpan di freezer. Ini bisa buat bikin risol lagi besoknya (kalo belom capek), atau dioles diatas toast buat sarapan.

4 thoughts on “Risoles Ragout

  1. […] bahan-bahan dan cara bikinnya bisa liat disini […]

  2. […] bahan kulit liat disini, untuk bahan isi liatnya […]

  3. nisye says:

    halo,tahu bikinnya saus mustard gak?
    bukan yang botolan yang udah ditambahin rasa macam2.
    thx!

  4. Nisye,..
    maksudnya homemade mustard gitu ya? soriiii aku gak tau😦
    belum pernah bikin mustard sendiri sih. selama ini selalu beli jadi mustard arabiki (yang ada biji-bijinya itu)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: