Craving for Sushi

Hiyah, entah kenapa.. sejak kandungan saya mulai masuk bulan ke-4, saya jadi suka banget makan sushi. Sebelumnya sih suka, tapi entah kenapa sekarang kok kepengennya makan sushiiiiiii mulu. Mungkin bawaan bayi kali ya, kayaknya ini yang dibilang ‘ngidam’. Atau mungkin juga udara natsu (summer) di Jepang yang amit-amit panasnya ini bikin saya jadi kepengen makan sushi melulu (alesan@yahoo.co.jp).

Sebenernya saya dapet wanti-wanti dari ibu dan kakak saya di Jakarta. “Heh, jangan makan sushi! Jangan makan ikan yang mentah-mentah gitu! Gak bagus tauuu, buat orang hamil!”, begitu wejangannya. Tapi kalo dipikir-pikir, orang-orang Jepang -baik yang hamil atau tidak- kan sehari-hari pada makan ikan. Ditambah lagi hampir selalu ikan dikonsumsi dalam keadaan mentah, mengingat makanan Jepang kan kebanyakkan mentah. Trus, kok mereka gak kenapa-kenapa? Kok mereka baik-baik aja?

Karena penasaran, ya saya tanya sama dokter kandungan saya aja lah. Yang pertama saya tanyain, makanan apa yang tidak boleh saya konsumsi selama hamil. Jawabannya, gak ada… makanlah seperti biasa. Terus saya tanya lagi, apa saya boleh makan sushi. Dokter saya malah ngeliatin saya dengan muka bingung. “Ya boleh aja… kenapa enggak? Sakana (ikan) itu protein sehat. Makan sakana yang banyak sanah..” gitu katanya kira-kira.

Nah, kalo udah dapet jaminan dari pakarnya kan tenang. Jadilah selama hamil ini saya sering-sering makan sushi. Apalagi persis di depan rumah kaiten-sushi (sushi train) Sakana Isshin, outlet salah satu chain-resto sushi dari Hokkaido yang terkenal di Jepang. Disitulah saya bersuka ria makan sake (salmon), maguro (tuna), awabi (abalone) dan aneka jenis ikan lainnya. Saking seringnya ke Sakana Isshin, sampe-sampe Itamae-san (sushi chef) disitu udah apal sama saya. Malah saya pernah dapet free service sepiring toro-salmon yang irisannya gede-gede banget, dengan pesan dari si Itamae-san: “Ini special buat bayi-nya, supaya sehat!”

Ikannya mentah apa mateng? Owh, ya mentah, tentu sajaaaaa….
Mind you, di Jepang gak model tuh yang namanya sushi mateng kayak di Jakarta. Everything is mentah! Sluurrrrpppp…..


hamil 5 bulan @ Sakana Isshin, Tsudanuma


hamil 8 bulan @ Sushi-Zanmai, Akihabara

Apakah makan sushi sering-sering bikin kandungan saya jadi kenapa-kenapa? Alhamdulillah enggak… semuanya sehat-sehat aja, hasil pemeriksaan juga nunjukkin kalo saya dan bayi saya sehat. Jadi, apakah sushi gak bagus buat orang hamil? Aaaaaaaaah… kata sapaaaah🙂

Ini semua bukan anjuran lho. apalagi ajakan untuk ‘gerakan suka sushi’ buat ibu hamil, wuaduuuuh… enggak lah! ini cuman pengalaman pribadi saya sendiri aja. buat yang setuju dan sepengalaman sama saya, horeee plok plok plokkk… tos dulu dong! buat yang against, yaaah… terserah situw….

One thought on “Craving for Sushi

  1. […] lahir di Jepang jadi secara gak langsung pernah ‘nancepin akar’ disana? Apa karena waktu di dalem perut pun emaknya doyan banget sushi? Gak jelas deh. Pokoknya yang jelas Ken-kun lahap makannya kalo ada […]

Leave a Reply

