Shrimp Mayo Rumahan

Sebenernya saya alergi udang, tapi kalo ada udang goreng yang seperti ini jadi suka lupa daratan. Dulu sih waktu di Jakarta saya dan go-shujin suka makan udang ini di Penang Bistro deket rumah. Sekarang, halaaaah….. bikin sendiri juga bisaaaaaa……

Ajaran temen saya yang seorang chef adalah udangnya digoreng sebentar aja, paling banter 2 menit. Tapi ajaran ini terpaksa gak bisa dipraktekkin.. ya abis gimana, api kompor rumah kan gak bakalan bisa sebesar api kompor resto dwong… Jadi patokan nggorengnya gak pake menit, tapi pake warna aja… kalo si udang udah kuning kecoklatan berarti udah siap diangkat.

Udang Goreng Mayonaise

Bahan-bahan

200 gr udang (saya selalu beli yang udah dikupas)
1 siung bawang putih, cincang halus
1 btr jeruk lemon, peras airnya
1 btr telur, kocok lepas
1 sdt gula pasir
1/2 sdt kaldu ayam bubuk
3 sdm tepung terigu
Garam, merica secukupnya
4 sdm mayonaise
2 sdm susu kental manis atau madu
1 sdm goma (biji wijen)

Cara bikinnya

– Cuci bersih udang, kerat punggungnya dan bersihkan kotoran hitam yang melekat di punggung (kalo perlu dicuci lagi)
– Lumuri udang dengan garam, merica, gula pasir, kaldu ayam bubuk, bawang putih cincang dan 2 sdm air perasan lemon. Diamkan sekitar 15 menit.
– Celupkan udang ke dalam kocokkan telur, kemudian balur dengan terigu hingga rata.
– Goreng udang dalam minyak yang panas dan banyak sampai matang kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
– Untuk sausnya, campur mayonaise dan susu kental manis/madu. Tambahkan sisa air jeruk lemon. Aduk rata.
– Tuangkan saus diatas udang, taburi dengan goma. Hidangkan.

– Patokan nggorengnya memang sampe kuning kecoklatan, tapi kalo selera kita sendiri sih lebih suka yang rada-rada gosong dan garing.

– Di Jepang sini, makanan ini juga cukup terkenal, tapi pembalutnya (duuh bahasanya!) bukan terigu melainkan panko.

– Kalo gak punya susu kental manis, bisa diganti pakai madu.

– Kalo seneng rada pedes, udangnya bisa dilumuri pakai bubuk cabe atau bubuk paprika.

– Nih foto udang goreng mayonaise jaman dulu, wuuduuuuh.. masih kacrut!

Advertisements

10 thoughts on “Shrimp Mayo Rumahan

  1. camelia yanuar says:

    looks yummy…ths resepnya
    spulang kantor bakal langsung belanja dan cobain resep ini deh…
    soalnya aku lagi melakukan ‘terapi udang’ pada suami tersayang hehehe…supaya dia doyan seafood juga….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s