One famous adapted food

Banyak sekali makanan asing yang populer banget di Jepang. Biasanya makanan-makanan seperti diadaptasi dari makanan bangsa lain, lantas rasanya disesuaikan dengan selera orang Jepang, dan kemudian dianggap sebagai ‘makanan tradisional’ Jepang. Salah satunya Gratin.

Makanan yang disini dilafalkan jadi ‘guratang‘ ini banyak versinya. Di setiap family resto atau cafe pasti ada menu gratin-gratinan. Sebetulnya yang lebih populer adalah versi seafood-nya, seperti ebi (shrimp) gratin atau kani (crabs) gratin. Tapi karena saya paling tidak suka nyampurin seafood dengan susu, jadi saya pilih versi kentang yang menurut saya lebih enak dan paduannya lebih pas. Ini bisa jadi hidangan mengenyangkan dan bergizi buat anak kecil, apalagi kalo ditambah sayur-sayuran.

ps: susah untuk dapetin angle yang ‘oishiisoo’ untuk foto ini. berarti next time saya harus beli gratin dish, biar keliatan cakeb kalo difoto.

Potato Gratin

Bahan-bahan

3 btr kentang ukuran sedang, kupas, cuci bersih
Kuntum brokoli dan wortel secukupnya, cuci bersih
2 btr telur rebus, potong-potong
600 ml susu
1 btr bawang bombay, cincang halus
4 sdm mentega
3 sdm tepung terigu
1 btr kaldu block
3 lbr melting cheese
1 sdm grated parmesan
2 sdt daun parsley cincang
Garam, merica, gula, bubuk pala secukupnya

Cara bikinnya

– Kukus kentang dan wortel sampai cukup empuk. Angkat, potong-potong sesuai selera. Sisihkan.
– Lelehkan mentega, tumis bawang bombay sampai wangi.
– Kecilkan api, kemudian masukkan tepung terigu. Aduk rata sampai menyerupai pasta halus (jangan sampai gosong).
– Tuangkan susu, kemudian tambahkan kaldu block, garam, merica, gula dan bubuk pala. Aduk sampai mengental dan benar-benar rata, jangan sapmai menggumpal.
– Setelah mendidih, masukkan wortel dan brokoli. Aduk-aduk sebentar, angkat.
– Susun sebagian potongan kentang dan telur rebus di dasar pinggan tahan panas. Siram dengan sebagian adonan saus. Kerjakan berlapis sampai bahan-bahan habis.
– Tutup permukaan adonan dengan potongan melting cheese, kemudian taburi dengan daun parsley dan grated parmesan.
– Panggang dalam oven selama kurang lebih 40 menit sampai permukaannya matang kuning-kecoklatan.

10 thoughts on “One famous adapted food

  1. Hanny says:

    Kok namanya jadi guratang sih?

  2. ya pan diatas udah gue bilang, kalo lidah orang jepang bilangnya guratang..

  3. Dahlia says:

    Nggak suka ebi guratan ya mbak? AKu sih suka banget, beli di Saizeriya😀

  4. gak suka seafood pake susu…😦

  5. kemala says:

    Aduh dik Tanya, saya nyesel deh nggak buka dan baca blognya dik Tanya lebih “serius” sebelum berangkat ke Jepang. Saya cuma sempat baca mengenai coklat valintine sekilas. Taunya dik Tanya benar2 ” pencinta memasak” Saya salut banget sama ibu muda satu ini. Beruntunglah Ken dan papanya. Pantas aja Ken doyan makan Nggak kayak anak2 ku yang waktu balita semuanya syusyaah makan. Mungkin karena mamanya nggak seheibat dik Tanya Hicks Hikcks . Sedih deh ngingat anak2 ku waktu kecil…

  6. wuaduuuuh, bu Kemala…. saya jadi ge-er sampe mlintir-mlintir niiiiih….😀
    ini juga saya baru bisa masak stlh merit kok, tadinya juga gedubrakan di dapur…

  7. fenny says:

    kemaren gw jajal udang mayonaise,hm..yum..yum..
    kemaren nya lagi iseng nyoba martabak telor,sukses jeh.
    tar sore mo bikin si garutang ( sounds like kutang sih.. )

    btw,si mpok iki jenenge sape ye ? trus, shufu itu artinya apa sih ? sori bukan mempertanyakan identitas loh..cuma penasaran ajah..

    domo arigatou ne..

  8. Mpok Fenny,

    Tos dulu dong ah! Hari ini juga bikin si kutang. Tanpa sayuran kok lebih enak ya😀
    Lidah jadi bisa lebih konsen ke rasa kentang, keju dan telur. Nymmm….

    Qiqiqiqiq…. nama asli gw Tanya. Kalo shufu itu artinya ibu RT, nyonyah rumah.. gitu looh….

  9. fenny says:

    eit…jangan gitu dong, harus tetep memegang teguh ‘4 sehat 5 sempurna’ kenapa ? karena tubuh perlu serat anak2…

    nulis lagi dong bu erte, temen2nya sih kutang..misua ku, suka bgt sama makanan jepang ( krn lulusan sastra jpg, ih..apa hubungannya)
    nah si bini ngegulung sushi aja peyang2..hihi..

  10. nulis lagi? sik yo.. bu erte-nya semedi dulu, cari ilham..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: