Indonesia no Harumaki

Salah satu nasib kalo tinggal di Jepang: gak bisa jajan martabak. Apes….
Disini gak ada yang jual. Padahal di Jakarta banyak banget yang jual martabak. Ada martabak Bandung, martabak Bangka, martabak Mesir, dll….

Tapi sebetulnya bikinnya gampang kok. Rasanya juga gak beda-beda amat sama martabak di tanah tumpah darah. At least buat lidah kita ya tetep enak-enak aja. Untuk kulitnya, saya nggak bikin sendiri. Dan saya juga gak nemu kulit martabak dijual disini. Jadi saya pakai kulit harumaki (lumpia). Dan untuk pairing-nya, saya pakai sambel cuka. Resepnya diambil dari koleksi resep Keluarga Nugraha, dan sudah disesuaikan dengan lidah saya dan go-shujin (yang gak doyan pedes).

martabak

Indonesia no Harumaki / Martabak

Bahan-bahan

200 gr daging sapi cincang
15 lbr kulit lumpia siap pakai
2 btr telur ukuran besar (kalau telurnya kecil, pake 3 butir)
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 btr bawang bombay, cincang halus
3 sdm daun bawang rajang
2 sdm saus tiram
2 sdt ketumbar halus
4 sdt gula pasir
Garam, merica secukupnya

Cara bikinnya

– Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi.
– Masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna.
– Tambahkan saus tiram, ketumbar, gula, garam dan merica. Aduk rata sampai matang. Angkat, sisihkan.
– Kocok telur dan daun bawang. Masukkan adonan daging, aduk rata.
– Ambil selembar kulit lumpia, tuangkan satu sendok makan adonan daging, kemudian lipat segi empat.
– Goreng dalam minyak panas dan banyak sampai matang kecoklatan. Angkat, tiriskan.
– Sajikan dengan sambal cuka.

9 thoughts on “Indonesia no Harumaki

  1. Gita says:

    waaaaaaaaaa makanannya enak-enak semuaaaa!
    secara gue juga tinggal di LN kok gue gak bisa masak ya😦

  2. Nelda says:

    coba ditambah bubuk kari deh, rasanya jadi tambah enak..

  3. […] rapi, kuat dan gak cepet sobek. Bikin lumpia saya gak pernah kacrut. Wueeetttsss… liat dong ini dan iniih…  Waktu digoreng pun gak pernah mbledhos ( ya asal ngisinya jangan […]

  4. for Gita:
    mungkin lo harus kepepet dulu kali, kayak gue😀

  5. for Nelda:
    udah pernah coba Nel, tapi aku kurang suka rasanya. buat aku enakkan yang biasa aja kayak gini..😀

  6. tina says:

    mrs.shufu..hehehe-
    terimakasi ya mba atas info nya ttg pala..
    tertolong sekali,,jadi skarang udah bs masak semuur,,yummy..
    mau nanya lagi,,kulit lumpia sama tidak dengan kulit goyza?
    terimakasih,,

  7. Buat Tina,

    Terima kasih kembali🙂
    Waaah senengnya udah bisa makan semur.. hihihi
    Tentang kulit lumpia, nggak sama dengan kulit gyoza tuh.
    Kulit lumpia bentuknya lebih besar, yg dijual di Jepang biasanya bentuk segi empat. Ada fotonya tuh disini: https://fingerlickin.wordpress.com/2007/02/01/the-wrappers/
    Kalau kulit gyoza, namanya gyoza kawa. Bentuknya lingkaran. Ini hampir sama seperti kulit wantan.

  8. eva says:

    pengen coba yg ini jg,tp ketumbar nihonggonya apa ya?
    trus daging sapi cincang maksudnya hikiniku bukan??!
    soalnya aku ryori suru no wa sugoku heta!! apa2 gak tau,jadi😦 toloooong…!!
    pliz..

  9. Eva,

    Ketumbar biasanya dijual di supa bagian bumbu-bumbu kering atau bumbu asing, ditulis pake katakana コリアンダー. Setau aku yg merk S&P dijual di botol kecil atau sachet.
    Trus, iyah… daging sapi cincang itu hikiniku.
    Jangan nyerah dong say🙂 Gambatte yaaa…. Kalo di Jepang lebih enak masak sendiri loh, lebih ngirit🙂

Leave a Reply

