Indonesia no Harumaki

Salah satu nasib kalo tinggal di Jepang: gak bisa jajan martabak. Apes….
Disini gak ada yang jual. Padahal di Jakarta banyak banget yang jual martabak. Ada martabak Bandung, martabak Bangka, martabak Mesir, dll….

Tapi sebetulnya bikinnya gampang kok. Rasanya juga gak beda-beda amat sama martabak di tanah tumpah darah. At least buat lidah kita ya tetep enak-enak aja. Untuk kulitnya, saya nggak bikin sendiri. Dan saya juga gak nemu kulit martabak dijual disini. Jadi saya pakai kulit harumaki (lumpia). Dan untuk pairing-nya, saya pakai sambel cuka. Resepnya diambil dari koleksi resep Keluarga Nugraha, dan sudah disesuaikan dengan lidah saya dan go-shujin (yang gak doyan pedes).

martabak

Indonesia no Harumaki / Martabak

Bahan-bahan

200 gr daging sapi cincang
15 lbr kulit lumpia siap pakai
2 btr telur ukuran besar (kalau telurnya kecil, pake 3 butir)
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 btr bawang bombay, cincang halus
3 sdm daun bawang rajang
2 sdm saus tiram
2 sdt ketumbar halus
4 sdt gula pasir
Garam, merica secukupnya

Cara bikinnya

– Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi.
– Masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna.
– Tambahkan saus tiram, ketumbar, gula, garam dan merica. Aduk rata sampai matang. Angkat, sisihkan.
– Kocok telur dan daun bawang. Masukkan adonan daging, aduk rata.
– Ambil selembar kulit lumpia, tuangkan satu sendok makan adonan daging, kemudian lipat segi empat.
– Goreng dalam minyak panas dan banyak sampai matang kecoklatan. Angkat, tiriskan.
– Sajikan dengan sambal cuka.

Advertisements

9 thoughts on “Indonesia no Harumaki

  1. tina says:

    mrs.shufu..hehehe-
    terimakasi ya mba atas info nya ttg pala..
    tertolong sekali,,jadi skarang udah bs masak semuur,,yummy..
    mau nanya lagi,,kulit lumpia sama tidak dengan kulit goyza?
    terimakasih,,

  2. eva says:

    pengen coba yg ini jg,tp ketumbar nihonggonya apa ya?
    trus daging sapi cincang maksudnya hikiniku bukan??!
    soalnya aku ryori suru no wa sugoku heta!! apa2 gak tau,jadi 😦 toloooong…!!
    pliz..

  3. the shufu herself says:

    Eva,

    Ketumbar biasanya dijual di supa bagian bumbu-bumbu kering atau bumbu asing, ditulis pake katakana コリアンダー. Setau aku yg merk S&P dijual di botol kecil atau sachet.
    Trus, iyah… daging sapi cincang itu hikiniku.
    Jangan nyerah dong say 🙂 Gambatte yaaa…. Kalo di Jepang lebih enak masak sendiri loh, lebih ngirit 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s