First-ever Caramel Puding

Sumpah saya penasaran banget sama puding ini. Dari dulu kepengen nyoba bikin. Cuman, gara-gara sering denger orang bilang bikinnya susah, jadinya gentar… ngeri gagal. Tapi setelah membekali diri dengan baca cara-cara bikin karamel di beberapa sumber, kebiasaan nekat saya keluar. Dan akhirnya nyoba bikin lah…

Ternyata,…..hon tou da. Beneran gak gampang!

Percobaan pertama, saya bawa buku masak yang besar, tebel dan bergambar. Keliatannya ini buku pinter banget, jadi kalo ngikutin step-step dari situ, kemungkinan gagalnya kecil.
Hasilnya? Karamel-nya gagal total! Gula 2 ons jadi keras semua, kayak pecahan tembok.

Percobaan kedua, pake petunjuk dari buku lain. Gula dikurangin jadi 1 ons. Hasilnya? Sama.
Pecahan tembok.

Ini emang beneran susah dibikin apa saya-nya aja sih yang blo’on? Masa udah ngikutin step-by-step bergambar dari dua buku kok tetep aja kacrut?!?!?!??!!!!

fruit custard

Gimana akhirnya bisa timbul seperti gambar diatas?

Yah… setelah ngabisin gula setengah kilo lebih dan cari petunjuk dari sumber lain lagi, baru deh saya tau caranya. Ternyata api kompor jangan kekecilan dan jangan diaduk sama sekali sebelum leleh semua. Naruhodoooo…. Kalau adonan custard-nya sih gak masalah. Setelah jadi pun rasanya sesuai dengan harapan. Cuman gebleknya, saya manggangnya pakai pyrex besar. Setelah mateng baru nyadar, gak ada piring saji yang segede pyrex itu. Jadi terpaksa pudingnya disendokkin, gak bisa dibalik…dan karamelnya gak keliatan.

Yah, gakpapah…. benkyo ni narimashita!

Classic Creme Caramel

Source: Seri Terampil Membuat Puding Yasaboga

Bahan Caramel

220 gr gula kastor
60 ml air

Bahan Custard

1000 ml susu, hangatkan
110 gr gula kastor
6 btr telur
1 1/2 sdt vanili

Cara membuat

Caramel: Panaskan gula dan air dalam wajan hingga berwarna kecoklatan tanpa diaduk, angkat. Tuang ke dalam 8 buah ramekin atau pinggan tahan panas. Goyangkan hingga dasar cetakan tertutup caramel. Panaskan oven hingga suhu 180 derajat C.

Custard: Kocok susu dan gula hingga gula larut, beri vanili. Masukkan susu yang sudah dihangatkan, kocok rata, saring. Masukkan adonan ini ke dalam teko. Tuangkan custard ke 8 buah ramekin berisi caramel. Dengan cara au-bain-marie, panggang 30 menit hingga matang (lakukan tes dengan pisau). Dinginkan dalam lemari pendingin selama 1 malam. Keluarkan dari ramekin dengan bantuan pisau. Hidangkan dengan whipped cream dan buah segar.

– Saya gak pake teko-tekoan… tuang langsung aja.

– Saya pake tambahan buah kaleng, yang dicampur ke adonan (bukan untuk hiasan diatasnya).

5 thoughts on “First-ever Caramel Puding

  1. Hanny says:

    (ngakak.com)
    elo apain gulanya bo sampe jadi pecahan tembok gituuu?
    gue sih dulu bukannya jadi keras, tapi gosong. sampe pait rasanya.

  2. Rully says:

    hihihi, pecahan tembok… ada-ada aja sih si mbak..

  3. […] saya pernah crita tentang kegagalan saya bikin puding karamel, yang bukannya jadi karamel malah jadi ubin gula. Sampai akhirnya saya nemu resep puding karamel […]

  4. […] saya pernah crita tentang kegagalan saya bikin puding karamel, yang bukannya jadi karamel malah jadi ubin gula. Sampai akhirnya saya nemu resep puding karamel […]

  5. rahma says:

    Mba..kalo ak bikin karamel cake kepahitan..kyknya gara2 karamelnya kegosongan dech..hiks 2..gak bisa kupamerin sama misua deh :p..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: