Easy-peasy Quickie

Saya pernah baca di salah satu literatur, katanya kalau kepengen pinter masak, harus sering-sering ‘membiasakan lidah’… mengasah lidah dengan rasa segala macem bahan makanan dan bumbu-bumbu. Dan ini emang bener loh… Biasanya orang yang jago masak kan, cuman dari ngerasain aja udah tau bumbunya apa aja.

Masakan yang saya posting hari ini adalah hasil ‘nebak-nebak’ bumbu. Masakan seperti ini dijual di outlet Origin Bento, namanya Bifu Karubi (Beef Kalbi). Rasanya dominan shoyu tapi manis. Karena enak, saya jadi kepengen bisa bikin sendiri. Tapi tengsin dong nanya-nanya bumbu sama tukang masaknya. (Lagian kalo nanya juga gak bakalan dikasi tau). Jadi saya nyoba bikin sendiri, dengan bumbu nebak-nebak. Ternyata rasanya mirip… 😀

bifu karubi

Ini langsung jadi salah satu favoritnya go-shujin untuk dimakan, dan favorit saya untuk dimasak.. soalnya bikinnya cepet dan gampang banget, trus cuciannya gak banyak😀

Bifu Karubi / Beef Kalbi

Bahan-bahan

150 gr daging sapi slice (yang untuk yakiniku itu lho..)
4 sdm shoyu
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 btr bawang bombay, rajang
4 sdm goma abura (minyak wijen)
2 bh piman (paprika Jepang)
100 cc air
5 sdt gula pasir
1 sdt bubuk paprika
Garam, merica
Goma(biji wijen)
Mayonaise

Cara bikinnya

– Rendam daging dengan shoyu selama kurang lebih 15 menit.
– Panaskan goma abura, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi.
– Masukkan daging (shoyu bekas merendam daging juga masuk sekalian), masak sampai daging berubah warna.
– Tuang air, kemudian masukkan paprika, gula, garam dan merica. Masak sampai matang. Angkat.
– Hidangkan dengan taburan bubuk paprika, goma dan mayonaise.

-Jelas aja yang ini saya bisa nebak, orang gampang.. bumbunya cuman dikit…:D

– Kalo bikin ini, saya lebih suka pake mayonaise Jepang (yang merk-nya Kewpie itu). Soalnya pernah nyoba pake mayonaise londo, rasanya jadi agak-agak beda… gak ngaruh banyak sih, tapi tetep aja beda…

– Seperti hal-nya mayonaise, saya juga prefer pakai minyak wijen Jepang. Rasa dan aromanya beda dari minyak wijen Indonesia atau Cina.

– Gini, kalo saya bikin masakan ini, gak pernah perlu waktu lama. Dagingnya walaupun dimasak cuma sebentar tapi tetep aja empuk. Tapi saya sempet bikin ini waktu mudik ke Jakarta, pakai daging sapi yakiniku beli di Carefour. Anuuu…. kok alot ya?😀 Jadi sepertinya untuk daging sapi di Indonesia, masaknya harus rada lamaan ni…

2 thoughts on “Easy-peasy Quickie

  1. Yovie says:

    Jadi biar ngga alot harus pake daging apa dong Tan? Aku pingin bikin ini nih buat swami..

  2. Mmmmmmm….. daging import, perhaps?😀

Leave a Reply

