Macaroni Schotel… all time favorite

Kayaknya banyak banget versi makaroni skotel yang beredar di pasaran yah… masing-masing tukang masak punya standar sendiri buat bikin skotel ini.

Kalo versi saya ini sederhana…. gak banyak macem dan gak pake tepung, karena saya gak suka ‘grainy’. Tapi kalo mau ditambahin bahan-bahan lain untuk variasi ya monggo…

Macaroni Schotel

Bahan-bahan

200 gr macaroni (idealnya pake tipe short, tubular pasta)
600 ml susu cair
3 sdm mentega
200 gr keju red cheddar, parut
1/2 btr bawang bombay, rajang
1/2 kaleng corned beef
1 btr kaldu block
1 btr telur, kocok lepas
1 sdm daun parsley cincang
2 sdm grated parmesan
garam, merica, gula, bubuk pala secukupnya


Cara bikinnya

– Rebus makaroni sampai matang (jangan lupa dibubuhi garam). Tiriskan.
– Panaskan margarin, kemudian tumis bawang bombay sampai wangi.
– Tuangi susu, kemudian tambahkan kaldu block.
– Tambahkan garam, merica, gula, bubuk pala. Masak sampai mendidih.
– Masukkan makaroni, aduk rata. Angkat.
– Tuang sebagian adonan ke dalam pyrex, kemudian taburi dengan setengah parutan keju cheddar. Tuangkan lagi sisa adonan dan sisa parutan keju sampai habis.
– Tuangkan kocokkan telur diatasnya, kemudian taburi dengan grated parmesan dan daun parsley cincang.
– Panggang dalam oven selama kira-kira 30 menit.

– Takaran bawang bombay harap disesuaikan. Ini saya pake bawang bombay Jepang yang ukurannya lebih besar dari bawang bombay yang ada di Indonesia, jadi pake setengah butir aja udah cukup.

– Biasanya bikin pake kornet, tapi foto diatas itu pas lagi gak pake.. Tadinya mau beli, tapi adanya kornet yang pake campuran daging kuda. Ih, males amat makan kuda…

Advertisements

9 thoughts on “Macaroni Schotel… all time favorite

  1. Cika says:

    Gampang dan enak, walaupun makaroni-nya aku ganti spaghetti (ternyata lagi gak punya makaroni. Hantam ajah, hehehe). This one will feed me for days :). Thank you, Mbak Tanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s