Soto Mie… a scratch from childhood’s memory

Dulu, waktu saya masih kecil, hampir setiap malem minggu diajak bapak-ibu ke rumah eyang di Jl. Langsat, Kebayoran. Disana biasanya juga udah ngumpul sodara-sodara sepupu yang lain. Dan ritual wajib yang gak pernah kelewatan setiap kali ngumpul bareng ini adalah: makan soto mie!

Di daerah Jl. Langsat situ dulu memang ada tukang soto mie gerobak keliling yang enaaaaak banget. Percaya deh kalo saya bilang enak, soalnya saya waktu kecil dulu makannya susah. Maunya pilih-pilih, ini gak doyan.. itu gak doyan… ngeselin lah saya dulu tuh..! Makanya kalo saya sampe bilang enak, berarti emang enak beneran. Sayangnya semenjak eyang kakung wafat, acara ngumpul sambil makan soto mie pun mulai hilang. Dan saya juga udah gak pernah ketemu lagi sama tukang soto mie yang dulu itu..

And now, trying to bring back the memories, I present here my own version of Soto Mie.
Mumpung Ken-chan lagi anteng, sampe-sampe saya sempet bikin pelengkap risol bihun dan suwiran ayam goreng. Makan soto dengan kuah yang anget dan banjir di musim dingin kayak gini, sruput-sruput… aaaaaaah, natsukashiiii…….

Soto Mie

Bahan-bahan

3 pak mie basah (disini soalnya pake ukuran 1 pak kecil. waduh, kalo buat di Indonesia ukurannya berapa ya?? sesukanya deh..)
200 gr daging sapi, potong-potong kecil
1,5 liter air
1/2 btr bawang bombay
2 siung bawang putih
2 btr kemiri
1 cm kunyit
2 lbr daun salam
1 lbr daun jeruk
1 btg serai, keprek
Garam, merica, gula secukupnya

Cara bikinnya

– Rebus daging dengan air, daun jeruk dan garam sampe empuk.
– Bawang bombay, bawang putih, kemiri dan kunyit dihaluskan. Kemudian tumis dengan daun salam dan serai sampai wangi.
– Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging. Tambahkan garam, merica, gula, kemudian didihkan kembali.
– Hidangkan dengan cara berikut ini:

  • Taruh mie basah dalam mangkuk, beri beberapa potong daging. Siramkan dengan kuah kaldu.
  • Sajikan dengan pelengkap daun bawang, irisan tomat, bawang goreng, telur rebus, suwiran ayam goreng dan risol bihun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: