Christmas Rush

Christmas tahun ini saya ‘fully-occupied’ di dapur,.. baking and making other desserts. Kita memang bukan Christian, tapi ini dalam rangka bikin Christmas gifts untuk tetangga dan kenalan disini.

Hmmm, ya sebetulnya rata-rata orang Jepang itu juga bukan Christian sih. Tapi Christmas bagi orang Jepang punya arti dan tradisi tersendiri, terlepas dari ritual keagamaan. Biasanya saat Christmas Eve, pada bersenang-senang dan ada tradisi kirim-kiriman kue. Tentang Christmas Cake khas Jepang, saya pernah nulis disini.

Nah, untuk hantaran yang saya bikin ini, jelas bukan common Japanese Christmas Cake. Ya bikin yang beda dooong… namanya juga bikinan tangan, bukan bikinan massal… Ok, mari dibahas satu-satu.

Pertama, untuk keluarga pemilik gedung apartemen kita. Ini keluarga campuran Jepang-Prancis. Si bapak orang Jepang, si ibu orang Prancis. Nah kalau mereka ini Christian betulan. Dan karena selama ini mereka udah baik banget sama kita, jadi saya niat bikin gift yang perfect buat mereka. Sengaja saya gak bikin cake, karena pasti mereka udah kebanjiran kiriman cake, mengingat si bapak ini seorang guru besar dentistry yang cukup terkenal. Saya milih bikin sesuatu yang lebih tabeyasui,… something simpler yet still would look gorgeous. Tiramisu. With lots of strawberries for garnish.
Kedua untuk keluarga Shimura yang tinggal di lantai 2. Si ibu Shimura ini juga baiiiiik banget orangnya, sering ngasih-ngasih makanan buat kita. Dan dia selalu ngasih makanan yang khas Jepang. Makanya gift untuk mereka saya bikinin sesuatu yang khas Indonesia. Brownies kukus rasa pandan.

Yang ketiga buat tetangga sebelah. Tanpa mengurangi rasa hormat, kalo yang ini mah bikinnya yang enteng-enteng aja. Soalnya si bapak ini umurnya udah 70-an, dan tinggal sendirian. Kalo dibikinin kue yang gede-gede, kapan abisnya? Huehehehe…. Jadi saya bikin Mandarin Chocolate Pudding. Buat seger-segeran, pak…

Fiuuuhhhhh…….!!

That’s all. Ya emang cuman tiga sih, tapi berhubung ngerjain sendiri… belom lagi mesti ngurusin rumah – go-shujin – Ken-chan, ya jadi gempor juga. Sekarang udah selesai semua… dan mau istirahat dulu. Karena besok lanjuuuut masak lagi buat….. Ulang Taunnya Ken-chan!!!!!!😀

Leave a Reply

