Tiramisu…. perfected!

Ini diaaaa…. tiramisu yang saya buat untuk keluarga Ichikawa, pemilik gedung apartemen tempat tinggal saya sekeluarga. Mendekati dekorasi christmas cake yang umum di Jepang, tiramisu ini juga saya hias dengan strawberry. Mumpung strawberry di akhir tahun seperti ini lagi buanyaaak, gedeeee dan manisss….

tiramisu

Saya enggak pake resep tiramisu yang pernah saya posting disini dulu, melainkan nyoba resep tiramisu dari blog-nya the kind lady Riana. Apalagi kalo bukan karena saya keburu ngiler duluan baca preview-nya. Dan ternyata insting ngiler saya gak salah, karena resultnya sangat memuaskan!! Dari segi tampilan bisa cantik banget (ya kalo ini sih tergantung pinter-pinternya orang menghias aja), tapi dari segi rasa… uwaaaaah!! This is surely something to die for!

tiramisu tiramisu

Tiramisu

source: http://pennylanekitchen.blogsome.com/
Recipe by Fatmah Bahalwan

Bahan:

250 gr keju mascarpone
300 ml whipped cream
100 gr gula bubuk
1/2 sdt essence vanilli
4 btr kuning telur
50 gr gula kastor
2 sdm kopi instant, cairkan dengan 150 ml air hangat
1 sdm gula pasir
150 ml kahlua/rhum (bila suka)
20 bh lady finger atau sponge cake coklat 3 lembar ukuran 22x22x23 cm

Garnish:
Whipped cream dan coklat bubuk secukupnya

Cara membuat:

1. Kocok keju mascarpone, sisihkan.
2. Kocok whipped cream dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Sisihkan dalam kulkas agar tidak meleleh.
3. Kocok kuning telur, gula kastor dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mikser.
4. Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarpone yang sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mixer speed 1), tuangkan pula kocokkan kuning telur, aduk hingga rata benar.
5. Di tempat lain, campur gula, air kopi dan rhum, aduk rata, sisihkan.

Penyelesaian :

1. Siapkan loyang bongkar pasang atau gelas saji, susun lady finger (atau cake coklat sesuai sleera) di bagian dasar hingga rata, perciki dengan cairkan kopi hingga lembab. Tuangkan adonan mascarpone, ratakan.
2. Susun lagi lady finger, seperti paling bawah tuang lagi dengan adonan mascarpone.
3. Buat dua atau tiga susun paling atas, hias dengan whipped cream, lalu ayakkan coklat bubuk.
4. Bekukan dalam kulkas selama 4 jam.


– Saya pake keju mascarpone yang dari sononya udah lembut banget, jadi acara kocok-mengocok mascarpone di-skip.

– Untuk lapisan, saya pake Chocolate Sponge Cake, resepnya ada disini.

– Untuk air kopi, lebih baik pake kopi bubuk high quality. Dan untuk mendapatkan coffee tint yang strong dan beraroma kuat, air pelarutnya saya kurangin jadi sekitar 60-70 ml.

– Comment received from my land-lady Ichikawa-san on December 26th 2005:
“Tottemo oishikatta!!!”
Yiipppiiieeeeeeee………..

Leave a Reply

