Reminisme Restoran Jangkar, Cipanas

Salah satu kebiasaan ‘luar biasa’ yang sering dilakukan oleh bapak-ibu saya adalah sarapan nasi tim, tapi bukan sembarang nasi tim…! Favorit orang tua saya adalah nasi tim ayam restoran Jangkar di Cipanas. Dan untuk menyantap nasi tim Jangkar ini, bapak-ibu saya rela bangun pagi-pagi dan berangkat ke Cipanas, hanya untuk sarapan nasi tim. Mungkin rasa nasi tim disitu sudah yang paling pol, karena seinget saya, bapak-ibu gak pernah makan nasi tim di tempat lain. Saya sendiri cuma 2 kali pernah ikutan ke Cipanas. Alasannya, apalagi kalo bukan karena males bangun pagi…

Nah hari ini.. karena hati lagi menye-menye kangen bapak-ibu di Jakarta, saya nyoba bikin nasi tim sendiri. Rasa dan bumbunya dikira-kira, karena saya rada lupa rasa nasi tim Jangkar. Tapi buat saya, ini sih enak.. dan anak kecil pasti suka. Ken-chan aja makannya sampe nambah-nambah… (tapi apa sih yang dia gak doyan?!?!??!!!)

Bikin nasi tim ini walaupun rada printilan, tapi gak susah. Untuk menghemat waktu dan gas, nasi-nya juga ditanak pake rice cooker, bukan pake dandang. Yang lama cuma ngukusnya, terpaksa harus within several batches, karena dandang kukusan saya langsing banget.. cuma muat 4 ramekin (dengan posisi 3 normal, 1 rada nungging).

Dan kalau biasanya nasi tim ada rasa jahe-nya, ini saya kurangi pemakaiannya supaya rasanya cukup samar-sama aja, karena kita sekeluarga kurang suka rasa jahe.

Nasi Tim Ayam

Bahan-bahan

– Bahan Kuah Kaldu:

Tulang-tulang ayam secukupnya
2 ltr air
2 btr bawang putih, keprek
2 cm jahe
2 lbr daun jeruk
1 btr kaldu block
Garam secukupnya

– Bahan nasi tim:

2,5 cup beras
2 siung bawang putih, cincang halus
3 sdm mentega

– Bahan Ayam Tumis:

2 bh dada ayam fillet
100 gr jamur kancing, iris tipis-tipis,
3 sdm mentega
2 siung bawang putih, cincang halus
3 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap ikan
Garam, gula, merica secukupnya

– Pelengkap:

3 btr telur rebus, potong-potong
Irisan daun bawang secukupnya
Kecap manis, saus dan sambal (kalau suka)

Cara bikinnya

– Kuah Kaldu:

– Rebus ayam dan tulang dengan semua bahan kaldu di atas api kecil.
– Setelah matang, angkat ayam-nya (untuk ayam tumis) kemudian kaldu disaring. Sisihkan.

– Nasi Tim:

– Panaskan mentega, kemudian tumis bawang putih sampai wangi.
– Masukkan beras, aduk-aduk sebentar hingga rata.
– Tuangkan nasi ke rice cooker, tambahkan kaldu dengan takaran sebanyak air yang dibutuhkan untuk masak nasi biasa.
– Masak sampai nasi tanak.
– Setelah matang, aduk-aduk sebentar agar tercampur rata.

– Ayam Tumis:

– Rebus fillet ayam dengan bahan-bahan kaldu hingga ayam matang. Angkat ayamnya, kaldunya disisihkan.
– Potong-potong ayam sesuai selera. Sisihkan.
– Panaskan mentega, tumis bawang putih sampai wangi.
– Masukkan ayam dan jamur. Tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap ikan dan bumbu-bumbu lain. Aduk rata.
– Masak sampai matang, angkat.

Penyelesaian:

– Taruh 1 sdm tumisan ayam di dalam mangkuk kecil (saya pakai ramekin).
– Masukkan nasi, tekan-tekan sampai padat.
– Siram dengan 1 sendok sayur kuah kaldu.
– Kukus selama kira-kira 15 menit. Angkat.

Cara menghidangkan:

– Balikkan mangkuk ke atas piring, sehingga tumisan ayam menghadap ke atas.
– Hidangkan dengan kuah kaldu dan pelengkap.

8 thoughts on “Reminisme Restoran Jangkar, Cipanas

  1. hanny says:

    rajin amat nich si ibu, ckckck…..top!
    gue siy permalasan, huehehe….. bikin nasi tim kan bererot. lo masakkin gue aja dech… ya kan? ya dong?

  2. Mitsuko says:

    Delicious!
    too bad I can’t understand your language. can you translate into english, or japanese?

  3. for Mitsuko:
    nihon-go? hmmm… muzukashiiii!
    i’ll try to do it in English…

  4. Mitsuko says:

    still no english version?

  5. for Mitsuko-san:
    Gomen ne… will post it soon🙂

  6. deeTha says:

    wah… enak….
    makanan kesukaanku neh🙂
    salam kenal mbak…
    saya link blognya yah…

  7. Buat Deetha,

    Salam kenal juga🙂 Makasih yaaa….
    Aku udah ke blog kamu loh, keren deh blog-nyaaa…

Leave a Reply

