Step-by-step: Risoles Keju

Tuluuuuuuung…. ada orang-orang yang ngancem minta diajarin bikin risoles keju, entah gimana caranya pokoknya harus sukses! Saya dituntut buka kelas… padahal gimana ngajarinnya coba, saya disini dan ente-ente semua ada disana??!

Nah makanya hari ini postingan risoles keju saya ulang lagi, tapi kali ini pake foto step-by-step, mumpung punya foto step-by-step buat postingan forum. Buat Lisa, Eka, Senty (Sing), mbak Yovie.. nih, kutimbuni kalian…

Bahan-bahannya:

ini bahan-bahannya sama aja kayak bahan di Indonesia, cuman kalo yang ini pake tulisan bahasa dewa..!

komposisi bahan kulit liat disini, untuk bahan isi liatnya disini..

Cara bikinnya:

1. Kocok telur sampai berbuih, terus tuang susu dan garam. Aduk-aduk pakai whisk (kocokan kawat).

2. Tuang terigu sedikit-sedikit sambil diayak, aduk rata, jaga jangan sampai menggumpal. Kalo perlu, adonannya disaring lagi biar bebas dari gumpalan-gumpalan terigu. Nanti hasil akhirnya kulitnya bisa mulus.

3. Olesin wajan dadar dengan sedikit minyak (pake kuas.. dioles yang rata) kemudian panaskan wajan.

4. Tuang kira-kira 1 sendok sayur adonan (segede sendok yang difoto itu lho..), goyang-goyangin biar rata menyebar ke permukaan wajan. Bikin dadar tipis-tipis. Kalo udah matang, angkat hati-hati.

5. Siapin bahan-bahan isi. Keju dipotong-potong, smoked beef dipotong-potong, telur dipotong-potong… Saya motong telornya pake alat pemotong telur (beli di ¥100 shop), kayak gini.. tapi potong pake piso biasa juga jadi.

6. Ambil selembar kulit, atur bahan isi ditengahnya

7. Lipat dan gulung kulit seperti silinder, dipadetin biar gak ambrol.

8. Celup ke kocokkan telur, balur pakai tepung panir.

9. Goreng di minyak panas dan banyak sampai kuning kecoklatan

10. Slesai!! Tinggal makan…

Udah tu… kalo masih belom bisa juga wes jyan.. kebangeten tenan….

10 thoughts on “Step-by-step: Risoles Keju

  1. Eka says:

    makasih buanyak mbaaaaaaa …..:)
    iya maksudku difoto langkah-langkah pembuatannya. kalau bgini jadi ngeh buangeettt deh. makasih ya …..

  2. Senty says:

    plok-keplok-keplok-keplok!!! thank you my dear….. jadi juga nih eike bikin amris buat wiken!

  3. amel says:

    rajiiiiiiiin!
    salut buat ibu satu ini..

  4. yovie says:

    Tan,…. aku dah buat amrisnya. Ternyata emang bener harus disaring ya biar mulus. Kemarin aku saring dan jadinya bagus. Thank you ya🙂

  5. ira says:

    jeng, itu yg foto no.6, dirimu nyemprot apaan tu? mayonaise bukan?

  6. ho’oh, itu mayonaise..

    buat semuanya yg udah nyoba: plok-keplok-keplok jugaaaa!!!🙂

  7. Ayu says:

    salam kenal ya mbak😀
    mau tanya nih, itu difoto amrisnya mbak kan kejunya keliatan meleleh begitu. harus pake keju apa ya supaya bisa spt itu jadinya? kemarin saya coba pakai kraft tapi ngak bisa meleleh???

  8. Rully says:

    aku nemu tepung panir alus di Ueno tuh mbak.. biasa, di pasar bawahnya itu..

  9. buat Ayu:
    salam kenal juga🙂
    aku pake keju Kraft slice Torokeru (melting), kalo di Jepang sini sih banyak dijual tapi belum pernah nemu keju seperti ini di Jakarta. mungkin di supermarket Jepang ada kali ya.
    atau mungkin bisa dicoba pake keju yang bersifat mudah leleh seperti mozarella..

  10. buat Rully:
    ooh.. ada ya? ya deeh, kapan2 kalo kesana mau cari juga. thanks ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: