A lil ‘bit about that distinguish cheese cake..

Sewaktu bahasan di milis tentang Japanese Cheese Cake (yang resepnya diambil dari buku 35 Variasi Resep Cheese Cake Yasaboga) lagi rame banget, saya jadi bingung sendiri. Arreeeeee….. kok saya yang tinggal di Jepang malah gak tau? Aneh…. Japanese Cheese Cake? Cheese? Japanese?

Tadinya saya gak percaya…. lha wong Jepang bukan bangsa-pemakan-keju kok. Kalo mereka bikin shoyu cake, nah itu baru saya percaya. Tapi karena penasaran, besoknya saya sengaja ke pattiesserie theme park di Jyugaoka, Tokyo. Dan hampir di semua cake shop disitu, ternyata ada cheese cake kayak gini…😀 Kasiaaan deh saya..

Jadi gini lho… buat orang Jepang, sebetulnya dikenal ada dua macam cheese cake. Yang pertama disebut Chizu Keki (ya beginilah kalo orang Jepang ngomong Cheese Cake), dan ini lebih dikenal luas. Teksturnya agak ‘kering’ karena dipanggang biasa. Yang kedua adalah seperti yang rame dibahas di milis, bertekstur light, puffy dan dipanggang waterbath. Yang ini lebih populer disebut Sufure Chizu (Souffle Cheese). Dua-duanya memang rasanya lebih lembut dan kalem daripada cheese cake ‘londo’, rasa kejunya gak terlalu nonjok. Mungkin karena bahan yang dipakai adalah cream cheese lokal Jepang yang menurut saya rasanya memang lebih mild. Mungkin lhooo…. perkara bener apa enggaknya, silahkan tanya sama yang lebih ahli. Biasanya cheese cake seperti ini tampil ‘apa adanya’, gak pake hiasan topping macem-macem. Paling banter cuma ditabur dusting sedikit. Tapi justru disitulah letak ciri khas Jepang-nya…. simple at its best!

Ini adalah foto salah satu store-bought souffle cheese:

souffle cheese
(Flo Pattiesserie – Aeon Tsudanuma, Chiba)

Nah.. kalo yang ini cheese cake bikinan saya sendiri :

JCC

Wueeets…. gak beda-beda banget kan? Cuman yang bikinan toko potongannya lebih rapi, kalo saya motongnya rada kacrut..

-Dari semua sample yang saya beli, menurut saya masih lebih enak resepnya Yasaboga. Serius!!
Hebat ternyata orang Indonesia euy…

– Ngomong-ngomong tentang Jyugaoka, huaduuuuuuuuuuuhhh…….. super super bikin ngiler!!! A-must-visit-place-for-cake-lovers!!!!! Nanti saya tulisin reportnya sekalian di-post video-nya. Siapin aja tisu yang banyak buat ngelap.. sapa tau ngeces…

Leave a Reply

