Pedes-pedes Sedep

Kami (maksudnya saya dan go-shujin) adalah dua orang penikmat masakan Thai. Waktu saya masih muda dulu (ssaaahhh….), berdua sama besfren saya Chika sering menyambangi berbagai restoran Thai di Jakarta. Nah kalo waktu go-shujin masih muda dulu (ssuuuaaaahhh….), dia pernah tinggal di asrama dan tetanggaan sama orang-orang Thai yang pinter masak. Jadi dia sering ketiban tanggokkannya. Saya sendiri seneng masak masakan Thai, soalnya bumbunya gak jauh-jauh dari lengkuas, daun salam sama serei… mirip kayak bumbu masakan Jawa.

Salah satu menu masakan Thai yang sering tampil di rumah kami adalah Green Curry ini. Rasanya pedes-pedes gurih… banyak bumbu…. ya sedep lah pokoknya. Walaupun rasanya belum bisa seenak Green Curry-nya La Na Thai, tapi ya lumayan lah.

green curry

Di Jepang sendiri masakan green curry seperti ini populer juga. Banyak dijual dalam bentuk kalengan atau paket siap pakai. Heran.. kok bisa laku ya? Padahal kan orang Jepang kan katanya paling gak tahan makan pedes…

Thai Green Curry

Bahan-bahan

200 gr daging sapi has dalam, potong kotak kecil (atau kalo gak mau susah pakai daging sapi slice)
100 gr jamur enokitake
1 pak tahu coklat, masing-masing potong jadi 4 bagian
500 cc santan
1 btg serei, ambil bagian putihnya, keprek
3 lbr daun salam
2 cm lengkuas, keprek
3 sdm green curry pasta
2 siung bawang putih, rajang halus
1/2 btr bawang bombay, rajang
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdm Nam Pla (kecap ikan Thailand)
Garam
Merica
Gula
Daun bawang rajang secukupnya
1 btr jeruk nipis

Cara bikinnya

– Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi
– Masukkan daging sapi, garam dan merica. Aduk sampai daging berubah warna. Angkat, sisihkan.
– Tumis green curry pasta bersama serei, daun salam dan lengkuas sampai wangi.
– Tuang sebagian santan, aduk rata.
– Masukkan tumisan daging, kemudian masak dengan api kecil sampai daging matang dan empuk..
– Tuang sisa santan dan masukkan jamur dan tahu.
– Tambahkan ketumbar, garam, merica, gula dan kecap ikan. Aduk rata sampai mendidih.
– Tambahkan daun bawang rajang, aduk sebentar. Angkat.
– Beri perasan jeruk nipis, hidangkan.

– Ini masaknya masih cara curang… saya cuman pake Green Curry paste siap pakai, abis belum tau gimana caranya kalo bikin sendiri. Disini green curry banyak dijual dalam kemasan botol atau sachet.

– Buat yang gak suka pedes, sumpah pasta ini pedes banget! Jangan nurutin bulet-bulet apa kata directions di kemasan-nya.. sesat tuh! Saking pedesnya sampe pait. Jadi kalo pake pasta sachet, jangan pake sekaligus. Cukup setengahnya aja.

– Daging sapi bisa diganti sama ayam atau udang. Jamurnya juga bisa diganti dengan jamur jenis lain. Tahu-nya juga boleh diganti. Ya terserah situ ajalah mau masukkin apa…

– Kalo gak punya Nam Pla, bisa pakai kecap asin biasa.

5 thoughts on “Pedes-pedes Sedep

  1. sarah says:

    enaakkk bangeeettt! sekali bikin langsung bikin. ya pakai curry paste si hehehe. oh, dan plus terong ungu dan telor. maklum, lagi makai daging sisa yang cuma nyisa 1 ons hehehe.

  2. sarah says:

    eh sorry. maxute sekali bikin langsung jadi.

  3. Enak kan Sar? Iyah, gue lupa nulis… temen makan yang syipp buat kare ini emang telor rebus.
    Sebel gue, disini gak ada jamur-jamur senikmat itu lagihh😦

  4. tovorinok says:

    Hello

    Great book. I just want to say what a fantastic thing you are doing! Good luck!

    Bye

  5. […] bukan kepalang. Bikin sendiri? Oh, pernah juga. *sombong*  Enak banget juga *sombong lagi*.  Nih, intip sini nih kalo gak caya..  Tapi tapi tapi akukan belom pernah makan di kampungnya sana! Jadi salah satu niat beli tiket […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: