Chubby Choux

Choux pastry, atau kalau di Indonesia dipanggilnya kue sus, emang selalu disukai orang. Gak peduli orang apa aja. Termasuk di Jepang sini, kue ini juga ngetop banget dengan sebutan シュークリム (syu kurimu) (iyaaa.. lidah Jepang kalo ngomong choux ala creme emang gituuuu….gak usah bingung!)

Buat temen minum teh tengah malem (soalnya kita hampir gak pernah nge-teh sore-sore, seringnya minum teh tengah malem sambil nonton DVD), saya nyoba bikin kue ini. Setelah deg-degan takut jadinya ambleg dan basah, ternyata hampir semuanya sukses ngembang gendut-gendut. Yihaaaaa….!! Yang lama sih manggangnya… karena oven saya cindil banget, jadi satu batch cuman nyukup 5-6 biji. Terpaksalah mesti bolak-balik manggang.

Untuk resep kulit sus-nya saya ambil dari buku Yasaboga. Sedangkan untuk isinya… berhubung kita lagi bosen makan yang manis-manis niiiiy (tumben!!)… jadi diisi ragout asin dengan resep seperti untuk isian risoles ragout.

Soes Ragout Asin

Resep Dasar Choux Pastry
Source: Terampil Membuat Cake & Pastry – Yasaboga

Bahan-bahan

150 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
100 gr mentega tawar
250 cc air
4 btr telur

– Didihkan air, mentega dan garam, kecilkan api. Masukkan sekaligus tepung terigu, aduk dengan sendok kayu sampai adonan tidak melekat di panci, angkat dari api.
– Sesudah agak dingin masukkan telur satu persatu sambil diaduk hingga tercampur rata dan licin (gunakan sendok kayu atau mixer).
– Masukkan adonan ke dalam kantong semprot, buat bentuk yang diinginkan di atas loyang datar yang sudah diolesi margarine. Beri jarak +/- 3 cm. Panggang dalam oven +/- 200-210C selama 20 menit sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan dan kering.

Ragout Asin

Bahan-bahan

200 gr dada ayam fillet
100 gr jamur kancing, cincang
1 bh wortel ukuran sedang, kupas, cuci bersih
3 lbr smoked beef, iris kecil
1 btg seledri, rajang halus
150 ml susu cair
1/2 btr bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
40 gr tepung terigu
3 sdm mentega
1 bh consomme/kaldu ayam block, hancurkan
Garam, merica, gula, bubuk pala secukupnya

Cara bikinnya

– Rebus dada ayam sampai matang, kemudian suwir-suwir dagingnya. Sisihkan.
– Rebus wortel sampai matang dan empuk, kemudian potong dadu kecil-kecil. Sisihkan.
– Tumis irisan jamur sampai wangi. Sisihkan.
– Lelehkan mentega, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi.
– Masukkan suwiran ayam, potongan wortel, tumisan jamur dan seledri. Aduk rata.
– Kecilkan api, kemudian masukkan terigu dan susu. Aduk rata.
– Tambahkan gula, kaldu ayam bubuk, garam, merica dan bubuk pala.
– Masak sampai adonan matang dan kental.
– Terakhir masukkan potongan smoked beef, aduk rata. Angkat.

Penyelesaian

– Belah sus melintang jadi dua bagian.
– Beri adonan ragout asin secukupnya ditengahnya, kemudian tangkupkan.

– Variasi buat isi sangat banyak. Kalo mau manis bisa diisi vla seperti biasa, dibuat eclair, diisi salad buah. Kalo pilih asin bisa pake adonan ragout keju, tuna/salmon salad, selada udang, banyak lah..

7 thoughts on “Chubby Choux

  1. marlin says:

    thanks for sharing resepnya, mau coba ah. Bentuknya sangat menarik lho.

  2. retno says:

    Wahh…enak nih soes asinnya, mau coba juga ah!

  3. buat mbak Marlin,

    you’re most welcome. saya cuman nyemprot adonan melingkar keatas aja kok. itu juga bentuknya ‘untung-untungan’, hehehe… soalnya saya masih kagok nyemprot pake spuit, jadi ada yang bentuknya mendingan tapi ada juga yang aneh😀

  4. buat mbak Retno,

    mari mencoba beramai-ramai😀
    barusan abis bikin lagi tapi diisi salad buah.. enaaak!

  5. erin says:

    salam kenal,
    hmmm, nampak enak banget sus isi ragoutnya
    dicontek ya, semoga jadinya beneran sama enaknya

  6. mbak Erin,

    salam kenal juga🙂
    semoga cocok sama seleranya mbak ya….

  7. […] (klik disini ya kalo mau liat resep kulit dan cara bikinnya) […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: