Caramel’s Divine

Kalau orang Jepang nyebut プリン (purin) yang artinya puding, wujudnya enggak sama dengan puding yang biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia. Puding Indonesia rata-rata dibuat dari larutan agar-agar. Sedangkan di Jepang, walaupun ada juga puding yang terbuat dari 寒天 (kanten/agar-agar), puding umumnya dibuat dari adonan custard, seperti puding karamel di postingan hari ini.

Sebelumnya saya pernah crita tentang kegagalan saya bikin puding karamel, yang bukannya jadi karamel malah jadi ubin gula. Sampai akhirnya saya nemu resep puding karamel dari ibu Fatmah, yang bikinnya gampang dan simpel banget tapi hasilnya….superb!!!!

puding karamel

Aduh dessert satu ini enaknyaaaaaaaa……………

Ini lebih enak daripada resep caramel puding yang sebelumnya pernah saya posting. Penampakkan di foto emang rada meragukan, tapi sumpah deh enak banget….!

Puding Karamel

Source : NCC – Indonesia
by: Fatmah Bahalwan – NCC

Bahan:

5 btr telur
125 gr gula pasir
2 sdm mazeina (optional)
500 ml susu segar
1/4 sdt vanilli

Karamel:

175 gr gula pasir
1 sdt air jeruk nipis
2 sdm air


Cara membuat:

– Karamel: Jerangkan gula diatas api hingga cair dan kecoklatan, tambahkan air dan air jeruk nipis, angkat dari api. Tuang ke dalam cetakan. Dinginkan.
– Campur semua bahan lain, aduk hingga larut, lalu saring kedalam cetakan yang sudah berisi caramel tadi.
– Kukus hingga matang. Lk. 30 menit.
– Angkat, dinginkan. Sajikan.

– Yang paling saya senengin dari resep ini selain rasanya adalah… bikinnya gak perlu pake mixer😀 Adonan puding cukup diaduk pake whisk. Jadinya gak berisik, cocok buat yang tinggal di apartemen di Jepang (yg rapet-rapet bener dan temboknya tipis gitu looh..). Bikin tengah malem pun gak bakalan gangguin tetangga..

– Kalo kepengen tekstur pudingnya mulus, menyaring adonan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati supaya gak keluar buih. Konon kabarnya kalo adonan berbuih, nanti pudingnya setelah mateng jadi bocel-bocel dan berpori. Tapi kalo saya mah kebalikannya… saya justru suka yang berpori. Tapi biar bocel juga gak ngaruh ke rasa… tetep enak lah…

– Cara lain untuk mematangkan puding selain dikukus adalah pake cara au bain marie (and I prefer this one)… dengan waktu panggang kurleb setengah jam juga.

27 thoughts on “Caramel’s Divine

  1. marlin says:

    thanks for the notes

  2. HeLLeNe says:

    Koq nggak ada cara bikin pudingnya?
    Cuma ada karamelnya aja..

  3. Aaah….masa siiih gak ada?🙂
    Coba kamu baca lagi deeeeh,persis dibawah cara bikin karamel…

  4. Wira says:

    Au bain mari itu apa yak?????

  5. Au bain marie itu bakar tim… jadi loyang yang berisi adonan diletakkan di dalam loyang lain yang lebih besar dan berisi air panas/mendidih. Penjelasan yang lebih lengkap ada di sini nih: https://fingerlickin.wordpress.com/2007/01/14/japanese-souffle-cheese-cake-2/

  6. popoy says:

    ya ampuuunnn… kayanya enak de… (penyuka makanan tanpa hiasan) apalagi pas puasa” gini… aduh… lelehan karamelnya itu loh… yum..yum… weleh, ampe ngeces…ces…ces…. mau coba aaahhhh… (padahal ga pernah masak puding dan kue”an) doakan berhasiiilll…

  7. Buat Popoy,

    Baru sekali aku nemuin ada orang yg lebih suka makanan tanpa hiasan. Less is more, indeed🙂
    Didoain berhasil deeeh….. gampang kok, beneran!

    Makasih ya udah mampir sini🙂

  8. tina says:

    mba,klo jeruk nipis dganti sunkist[hehehe bener ga ya tulisannya??] boleh ga mbaa???
    😛..
    atau lemon?

  9. Tina,
    sori ya lama reply-nya… soalnya masih ber-lebaran😀
    Aku belom pernah coba pake sunkist sih… tapi mendingan lemon ajah,… yori yasui…🙂
    yang レモン atau ライム..

  10. martha says:

    Saya penasaran skali dgn cara bikin karamel. Dulu saya pernah coba, memang coklat sih, tapi rasanya rasa hangus😦

    Utk bikin karamel ini gulanya pake gula apa ya? Gula pasir biasa ato gula palem?

  11. Buat Martha

    Hihihihi, dulu saya juga gagal-gagal mulu kok pas bikin karamelnya. Yang gosong lah, yang jadi keras lah.. emang pas step bikin karamel, mesti ati-ati. Gak bisa kelamaan soalnya cepet gosong.

    Untuk gulanya, saya selalu pake gula putih kok.. gak pernah pake gula palem.

  12. intan says:

    ow ini puding yang aku suka banget waktu di jepang. waktu itu blon tau siy dibikinnya dari apa, tiap hari beli di supa, murah meriah daripada bikin sendiri ribet. tapi berhubung di sini (groningen)gak ada yg gituan, tpaksa kudu hunting cara membuatnyah. Pertama membuat, asli gagal, karamelnya pahit abis hehehe…
    ma kasih resepnya ni, mo kucoba deh….

  13. fenny says:

    salam kenal dulu ah..
    aku dah coba resep caramelnya, sekali coba,berhasil!! horee..sumpe..enak bangeth..tapi sempat diprotes misua..’kog sedikit sih bikinnya..’ nah lho ! se pyrex dikata sedikit, haiya…
    ajarin bikin makanan jepang yg dari telur di tim, kalo ga salah chawan mushi ? teng kyu ya..

  14. Fen,

    Berarti bikinnya kudu banyakkan😀
    Wahduh, chawan mushi ya… Pernah bikin sekali tapi kurang okeh. Cari resep yg enak dulu ya, nanti diposting deh😛

  15. umi rina says:

    Hi!! Salam kenal ya dari Tsukuba… Nyontek Puding Karamelnya ya…:D Thanks…

  16. Umi Rina,

    Salam kenal juga dari hmmm… dulunya si di Chiba, tapi skarang Jakarta😀

  17. Pipit says:

    Salam kenal mbak Tanya,
    Terima kasih atas informasinya mbak. Sudah aku praktekan dengan au bain marie. Alhamdulillah langsung berhasil \(^O^)/. Aku ijin ngelink blognya ya mbak

  18. zilah says:

    mba.. aku dah nyoba buat.. tapi ko gagal ya.. karamelnya naik ke atas dan agak mencair.. terus terasa agak pahit, apakah ada yang salah? lalu sebelu menaruh bahan puding ke loyang, apakah karamel yang sudah di tuang ke loyang ditunggu sampai dingin sekali? jadi penasaran nih apanya yang gagal

    • Zilah, bukannya karamelnya pasti mencair?.. kan kena hawa panas (stlh dikukus/dipanggang). Di foto puding karamel bikinan aku juga keliatan ada cairan karamelnya netes2 sampai kebawah. Mau ditunggu sampai karamelnya dingin/mengeras di dasar loyang juga gak apa, toh nanti setelah dikukus/dipanggang akan cair lagi.

      Kalau rasanya yang agak pahit, mungkin waktu bikin karamel agak gosong. Emang yang tricky itu pas bikin karamelnya. Gak bisa telat sedikit, soalnya cepet gosong. Biasanya aku pas bikin karamel tak pelototin terus supaya warnanya jangan keburu jadi terlalu coklat/hitam…

  19. Cika says:

    Mbak Tanya, kalau mau bikin puding ini pakai teknik au bain marie suhu ovennya harus berapa, yah (aku nggak nemu suhunya di resep di atas)? Terima kasih.

  20. Cika,

    Oh iyah sori.. diatas emang resepnya pake kukus. Kalo mau di au bain, aku pake suhu standar aja 180 derajat celcius. Airnya mendidih ya..

  21. penggemarpuding says:

    luar biasa!

  22. novi says:

    Sista, aq udh coba tp kok gagal yaa??😦
    udh aq kukus ampe lbh dr 30mnt tp puding nya masih ber-air dan lembek.. knp ya? terus itu adonan’nya perlu d mixerr ga sih? ato cuma d aduk aja?
    thanks..

    • Tutup kukusannya udah dibungkus serbet belum? Air tetesan dari tutupnya bikin berair. Kalo lembek, ya memang gak keras teksturnya..jiggling gitu🙂 Dan adonannya gak perlu dimixer, cukup aduk2 pake spatula aja.. Mungkin next time kalo mau coba lagi dan menghindari berair, pake cara panggang air aja Novi..

  23. Mimie Balqis says:

    kok saya asal bikin puding caramel ini selalu keras caramelnya pas sdh mateng….jd caramelnya gak cair….kenapa ya itu

  24. Anita says:

    Thanks resepnya mbk, next week pas libur kerja mau coba,itu susu gula and vanila nya gak perlu direbus ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: