Tokyo Dessert Republic… !!!

Betsubara….

Istilah ini sering diucapkan sama orang Jepang dalam konteks makan-makan. Kalo diterjemahin, artinya “perut kedua”, yang emang ‘sengaja disediakan’ untuk menampung hidangan penutup yang manis-manis. Maksudnya, biarpun udah kenyang, tapi kalo dikasih kue pasti gak bakalan nolak..

Saya sendiri dari dulu cuman punya satu perut, tapi saya gak pernah nolak kalo dikasih dessert yang manis-manis😀 Mau cake kek, puding kek, es krim kek….:D Demi memuaskan sang betsubara, saya sampe rela hunting di pelosok Tokyo nyari yang manis-manis kayak saya (tidak menerima hujatan!)... dan salah satu tempat perburuan yang saya datangi adalah….

Tokyo Dessert Republic!!!!

 

Namja Town

mari mari… mari masuk ke Tokyo Dessert Republic!!

Tokyo Dessert Republic adalah salah satu food theme park (semacam food court tapi yang khusus cuma jual satu jenis makanan ajah) yang terletak di dalam kompleks indoor amusement park Namja Town. Kita gak tertarik untuk exploring Namja Town, soalnya aneh.. hehehe… suram gitu lho. Jadinya kita langsung naik ke larea Tokyo Dessert Republic di lantai 3. Naaah… kalo disini baguuus…. Tempatnya dibuat seperti taman indoor dengan pohon-pohon buatan, fountain… kira-kira seperti Spice Garden yang di Sogo itu deh…

 

That was about the place. And now, let’s talk about the Cakes!!!
(Hyak…. ayo pada siap-siap ngecessss :D)

Di dalam Tokyo Dessert Republic ada 7 patisseries, dan semuanya menggelar berbagai macam cake dan dessert yang bener-bener bikin ngiler. Masing-masing patisserie punya senmon atau spesialisasi tersendiri. Dimulai dari counter patisserie paling depan, ada アンジェリーナ [Angelina] yang spesialis bikin aneka crepes. Ada yang isinya ice cream, buah-buahan… banyak deh!

Trus disebelahnya ada 岩瀬牧場 [Iwasebokujou] yang khusus menggarap cheese cake dan dessert lain yang menggunakan bahan keju. Uuuuuwww….. yang hobi makan JCC alias Japanese Cheese Cake pasti bisa foya-foya disini deeh..

Kebetulan saat itu lagi ada Hokkaido Cheese Fair. Aneka cheese cake dibuat dari keju-keju spesial yang khusus didatangkan dari berbagai daerah penghasil susu dan keju di sekitar prefektur Hokkaido. Ada keju dari Sapporo, Hakodate, Otani, etc. Mbak-mbak cantik yang jaga counter sempet jelasin ke saya. Katanya ada beberapa cheese cake yang sama, tapi dibuat dari keju yang berbeda tergantung daerah penghasilnya. Konon katanya rasanya juga beda lhooooh….. karena masing-masing keju punya rasa dan tekstur yang beda.

Okeeeh lanjut….!!!!

Selanjutnya ada counter patisserie 横浜夢本舗 (Yokohama Yume Honpo) yang urusannya seputar bikin strawberry shortcake. Semua cake yang dijual disini dekorasinya lucu-lucu deeeh… Ada yang dihias kayak rumah permen di cerita Hansel & Gretel, ada yang dibikin kayak muka badut. Duuuuuuuh…. gak usah anak kecil, saya aja yang udah setua ini sampe gemes kok!!!

 

Lebih masuk ke dalam lagi ada counter patisserie ソワメーム (Soi Meme) yang spesialis bikin choux pastry, atau kalo di Jepang populer disebut syu kurimu (choux creme). Jenis kue yang satu ini memang disenengin banget sama orang Jepang, sampe-sampe saya pernah denger kalo choux creme ini adalah dessert kebangsaan orang Jepang🙂. Choux creme disini gak cuma dibuat ‘standar’ seperti dikasih filling vla manis aja, tapi dibuat Crouqembuche, Gateaux St. Honore, de el el. Malah ada juga yang dibentuk lucu-lucu seperti bentuk kura-kura.


Mini custard pie dengan jejeran strawberry yang jadi favoritnya Ken-chan

Saya yang dari rumah udah diwanti-wanti sama go-shujin supaya jangan norak, tetep aja kalap… hehehe… Rasanya pengen nyicipin semuanya satu-satu. Tapi yang paling saya incer adalah counter patisserie ボンテベリテ Kagetsudo yang spesialis bikin roru keeki alias roll cake alias bolu gulung. Iyaah, bolu gulung…. Tapi liat dong tuh deretan bolu gulungnyaaaaa! Bikin ngeces kaaan?

Matcha roll cake yang sebelah kiri atas itu ternyata jadi best-seller di outlet itu. Udah jelaslah saya milih cake itu, hihihi… udah diniatin gitu loooh sejak malem sebelumnyah! Pokoknya harus beli cake yang mengandung green tea! Trus, trus…. kalo yang paling kanan itu juga top tuh. プランタン ヌーボ (Purantan Nubo roll cake) yang fruity banget, soalnya cake-nya pake esens buah-buahan dan isiannya krim yang dikasih potongan aneka buah. Saya sempet nyicipin on the spot, enak deeeh… seger!

Gemess… gemeeesss! Makanya foto-foto di pattiserie yang ini paling banyak😀

O iyah, acara hunting dessert kita kali ini ditemenin sama keluarga Takamizu. Tadinya kita sempet muter lama karena bingung mau makan apa. Setelah semua akhirnya berhasil menentukan pilihan, lantas kita duduklah bareng-bareng sambil menikmati pesenan. Dan inilah kue-kue pilihan kitaaaaaaaaaa……….

Yang paling kiri adalah Ichigo Gateaux pilihan si Ken-chan. Trus disebelahnya adalah kue pilihan saya, Matcha Roll Cake yang isinya azuki cream. Uuuuummm enak deh! Green tea cake-nya lembut dan emang cocok banget di-pairing sama krim azuki (kacang merah). Ini emang cake yang rasanya nJepang banget. Nah kalo yang paling depan, itu kue pilihannya go-shujin. Beliau yang emang paling doyan coklat milih cake dari ろまん亭 (Roman Tei), patisserie yang jagoan bikin mont blanc. Dan Choco Mont Blanc-nya emang juara banget… tampilannya juga gondrong lucu kayak gitu…

Nah kalo yang ini kue-kue pilihannya keluarga Takamizu. Kayaknya mereka ichigo-lovers juga tuh, sama kayak si Ken-chan… abis pilihannya semua serba ichigo. Yang sebelah kiri itu Ichigo Mont Blanc dari outlet Roman Tei juga. Nah, kalo yang sebelah kanan namanya Nama Ichigo Saando Keeki. Ini sebetulnya Christmas Cake khas-nya orang Jepang. Saya pernah nulis tentang cake ini disini… dan beginilah bentuknya in slice.

Believe it or not… ternyata betsubara saya gede banget lowongnya…😀 Soalnya saya masih sanggup nambah! Tapi tengsin dong aaaaah…. Jadi mendingan take away aja deh, buat puas-puasin makan dirumah😀 Yang saya beli untuk dibawa pulang adalah トリコロール, tiga macam roll cake yang masing-masing rasa vanilla, strawberry dan matcha. Ada gambarnya di salah satu foto diatas.

Trus trus… masih ada lagiiiii!!! Saya juga nyempetin beli-beli di counter patisserie Sweet Factory Comodino. Naaaah… kalo ini patisserie yang khusus bikin aneka purin (puding). Dessert puding yang umum di Jepang memang berwujud custard pudding. Teksturnya lembut banget dan makannya harus disendokkin. Oleh karena itu biasanya puding di Jepang dihidangkan dalam wadah kecil-kecil. Disini saya beli tiga item jenis プレミアポットプリン (Premium Pot Purin), soalnya wadahnya lucuuu… keramik imut yang bentuknya honey pot. (Dan malemnya waktu saya nyicipin pudingnya dirumah, hmmmmm……. sampe joget-joget saking enaknya! Apalagi yang rasa matcha!).

Hhhhhhhh…….. kalo nurutin kata hati sih, saya bakalan terus-terusan laper mata dan mau nyoba semuanyaaaa….!!! Tapi saya masih harus tahan diri, soalnya masih mau lanjut ke food theme park berikutnya. Jadi dengan berat hati, acara shopping sweets terpaksa disudahi. Cerita selanjutnya buat next posting aja yah…

O iyah, buat yang lagi jalan-jalan ke Tokyo dan pengen memuaskan ‘perut kedua’-nya dengan yang manis-manis, kayaknya mesti nyoba dateng kesini niiih…. Letaknya di gedung Sunshine City – Ikebukuro, di dalam kompleks Namja Town. Tempatnya bisa dicapai dengan cukup mudah, kurang lebih 10 menit jalan kaki dari stasiun JR Ikebukuro. Tapiii.. kalo mau masuk ke dalam Namja Town harus bayar dulu tiket masuk sebesar ¥300/orang. Harga aneka cake dan dessert disini mulai dari ¥300 ke atas, yaaah harga standar patisserie di Tokyo deh. Tapi kalo jajan disini dijamin gak bakalan nyesel deh…. highly recommend!

 

Tokyo Dessert Republic / 東京デザート共和国
(Tokyo Dezaato Kyouwakoku)

Namja Town #3rd Fl.
Sunshine City Building
Ikebukuro, Tokyo

13 thoughts on “Tokyo Dessert Republic… !!!

  1. marlin says:

    aduh bikin ngiler saja

  2. hanny says:

    mauuuuuuuuuu…………
    aku mauuuuuuuuuuuuuuuu!!!!!!!!!!!!!!

  3. Andrew says:

    Hi, dlm waktu dekat saya mau ke Tokyo, menginap di Shinjuku. Saya tertarik mengunjungi Tokyo Dessert Republic. Bagaimana cara menuju kesana dari Shinjuku? Thx

  4. Andrew says:

    Oya satu lagi, saya klik link yang ada di postingan ini tapi semuanya bahasa Jepang. Ada english page-nya nggak ya, soalnya saya nggak bisa bahasa Jepang

  5. Mas/Pak Andrew..

    Kalo dari Shinjuku ke Ikebukuro gampang sekali. Dari stasiun kereta api JR Shinjuku, naik kereta Yamanote line (yg garisnya hijau dan rutenya muterin Tokyo) dan turunnya di stasiun Ikebukuro. Gedung sunshine city letaknya sekitar 10 mnt walking distance dari stasiun. Tinggi banget gedungnya.. jadi keliatan dari jauh.

    Kalo mengenai link, kebetulan site-nya Namja Town gak ada english page-nya pak… tapi kalo browsing di internet kayaknya ada personal blogs yang nulis tentang tempat ini in english.

    Slamat bersenang2…🙂 !

  6. […] under Monogatari , Dessert  Postingan ini adalah lanjutan dari crita yang sebelumnya tentang Tokyo Dessert Republic. Setelah puas berburu aneka cake dan dessert, trus kita lanjut ke food theme park satu lagi yang […]

  7. Rully says:

    Mbak’eeee daku abis dari Namja, gemezzz gara2 baca postingan ini. tapi kagetsudonya sudah tak ada huhuhuuuu…….. pdhal daku ngiler beratz sama roru kekinya😦

  8. Buat Rully,

    Iya tuh.. aku barusan cek site-nya Namja, ternyata banyak vendor baru ya. Aaah sayang banget kamu gak sempet nemuin si roru keeki itu, biarpun (kayaknya) gak sedahsyat bikinan Aoki Sadaharu, tapi tetep ajaah sugokku oishikatta desyoooooooo…

  9. SARAh says:

    pengen aku pengen..,””!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  10. Buat Sarah…

    hiyaaaaa, aku juga jadinya pengen lagiii!!
    yuk yuk kita kesana yuuuk….

  11. ully_cany says:

    Subhanalloh…uenak bget ya ….

    aduh..bisa gak ya..gw bikin kya gtu…

    khan klo pengen jauh bget tu k japan sno…
    xixixixiix

  12. Sandra says:

    Mba, salam kenal yah… aku suka sekali dengan postingan mba semua tentang jepang. Klo hotelnya yang murah, bersih dan strategis kira2 dimana yah mba?
    Aku pengen kesana tp gak mau klo ikut tour, pengennya pegi sendiri jadi belajar mandiri. Btw, mba kapan neh mau kesana lagi?

Leave a Reply

