Kroketten

Go-shujin alias bapak’e si Ken-chan doyan bener sama kroket ini. Katanya ini jajanan nostalgia…. karena waktu masih SD dulu, go-shujin pernah 5 tahun tinggal di Belanda. Sekarang kesukaannya menurun juga ke Ken-chan. Tiap kali saya bikin kroket ini, si Ken-chan bisa bolak-balik minta lagi sambil bilang, “Abiiiisshhh…. Agii! Agiii! Agiiiiiii!!!!”(Tereaknya makin kenceng kalo gak dikasih).

Kroket Belanda ini memang gak sama kayak kroket Indonesia yang pakai kentang. Adonannya dibuat dari campuran terigu, daging dan keju. Bikinnya gampang,… tapi pas ngaduk adonan butuh sedikit perjuangan karena mayan berat bo! Kalau mau lebih mantef lagi, bisa ditambah daun-daun bumbu seperti thyme dan laurier untuk memperkaya rasa. Dimakan panas-panas sambil dicocol mustard, hmmmmmmm……. enak banget lah pokoknya!

Kroketten

(Kroket Belanda)

Bahan-bahan

200 gr daging ayam/sapi cincang
100 gr jamur kancing, cincang
150 gr tepung terigu
400 cc susu
100 gr keju Gouda/Cheddar parut
4 sdm mentega
3/4 btr bawang bombay ukuran besar, cincang halus
2 btg seledri, cincang
1 sdm daun parsley cincang
1/2 sdm kaldu ayam/sapi bubuk
Garam, merica, gula, bubuk pala secukupnya

Bahan panir

150 gr tepung panir
Kaldu bubuk dan merica secukupnya
2 btr putih telur, kocok lepas

Cara bikinnya

– Lelehkan margarin di wajan besar. Tumis bawang bombay sampai wangi.
– Kecilkan api, masukkan terigu. Aduk rata (jaga jangan sampai terigunya gosong)
– Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk dan diratakan supaya adonan nggak menggumpal.
– Masukkan daging, keju, jamur dan seledri dan bumbu-bumbu. Aduk rata sampai matang. Angkat.
– Setelah adonan agak dingin, ambil segumpal adonan. Bentuk silinder, padatkan. Kerjakan sampai adonan habis.
– Dalam piring lain, aduk rata tepung panir, kaldu bubuk dan merica.
– Gulingkan kroket ke campuran panir, celupkan ke dalam kocokkan telur dan baluri lagi dengan tepung panir hingga rata.
– Goreng dalam minyak banyak yang panas hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
– Hidangkan dengan mustard dan mayonaise.

– Berdasarkan pengalaman, komposisi bahan yang kurang tepat bisa mempengaruhi konsistensi adonan. Kalo adonan terlalu lembek, jadi susah dipulung. Kebanyakan mentega, adonan jadi berminyak. Rese ye…
– Acara ngaduk adonan memang butuh sedikit perjuangan… Kalo cara saya, pake dua sutil supaya bisa tercampur rata.
– Berhubung kroket ini memakai bahan keju, jadi sebaiknya pemakaian garam cukup sekedarnya aja (atau kalo mau bisa dihilangkan sama sekali), karena keju sudah cukup asin.
– Kalau pake keju Cheddar Kraft Indonesia, sebaiknya sih dikurangin takarannya. Soalnya entah kenapa… setelah kroketnya berumur beberapa jam, rasanya jadi tambah asin. Aneeehhh…. Mungkin karena Kraft di Indonesia gak murni Cheddar kali ya, tapi keju olahan.

15 thoughts on “Kroketten

  1. […] IKLAAAAN…..! Lagi cari rumah kontrakkan, terutama di daerah Jakarta Selatan? Marilah coba dilihat disini… « Kroketten […]

  2. maruko says:

    salam kenal ya saya maruko,keliatannya enak banget ya kroketnya nyam…nyamm…nyammmm………..mau dong minta resepnya……..

  3. Salam kenal juga Maruko… (kayak orang Jepang namanya, atau emang nihon-jin kah?🙂 )
    emang nyam-nyam kroketnya, coba deh… eh tapi jangan lupa dicicip ya. soalnya saya suka keju, jadi cenderung dibanyakkin. tapi kalo Maruko gak terlalu suka, bisa dikurangin biar gak keasinan…

  4. shinta says:

    Mbak, aku mo nyobaiiinn yaaaa resep ini… Lagi hamil gini, doyan banget bangsa kroket dan temen2nya nyum…

  5. wiedy says:

    allo mba salam kenal …. ^-^
    habis dari blognya Mba Shinta yang koment diatas saya ini lita postingannya buat kroket belanda eh jadi tertarik juga nich mba setelah liat bahan-bahannya sepertinya ga susah di cari di Jogja (kota yg masih susah untuk mendapatkan bahan-bahan buat kue dan masakan hiksss) jadi boleh ya mba nyontek resepnya dan aku praktekan besok untuk acara rapat panitia adek ipar aku …hmmm kebayang makan kroket anget-anget *wiiiii ngiler*

  6. mbak Wiedy,

    Salam kenal juga, makasih udah main2 sini. Aku juga udah main-main ke cemploeck😀
    Eh eh eh, aku juga orang Jogja looh.. bapakku asli Jogja, tapi udah lama ni gak kesana..

  7. cherry says:

    Mbak, saya nyontek resepnya yah..
    Lagi pengen bikin savoury treat nih buat someone i loved. Hehehehe….Sepertinya enyak. Tar aku laporin ya hasilnyaa.. Hehehe..
    Thank u.

  8. arta says:

    hai mbak…salam kenal yaa..aku naksir berat sama kroketnya..apalagi liat poto-nya Ken-chan lagi maem kroket..duh tambah pengeeen..:D nyontek resepnya yaa…

  9. Buat Cherry & Arta,

    Gimanah.. gimanah… udah bikin belom? Semoga suka deh ya..
    Makasih juga loh udah pada mampir sini🙂

  10. sita says:

    Mbak, kapan2 (asap) aku mau deh bikin kroketnya. Aku suka bgt keju. Oh ya, aku nyasar ke sini dr blognya mbak Shinta yg jago bikin kue itu. Soal cheddar Kraft Indonesia, iya ya, suka terlalu asin! Asin yg aneh, kayak bukan keju asli. Makasih resepnya ya…

  11. sama-sama Sita…
    suka banget keju ya? toss dulu dong ah…

  12. Reda says:

    Waa.. Makasih ya Mbak resepnya! Aku ngiler banget sama kroket semenjak nonton Yamada Taro Monogatari!😄 Eh.. nemu resepnya! Makasiiii!😀

  13. Walah, aku malah blom pernah nonton yamada taro monogatari. Jangan2 kroket disitu korokke jepang kali ya… ??

  14. zandry says:

    wahh…belum nyoba tapi udah ngebayangin enaknya,soalnya aku suka kroket tapi ga suka rasa kentangnya. moga moga yang ini nyantol di lidah.
    makasih resepnya

    • Zandry,

      Toss dulu dong, aku juga gak suka kroket kentang😀 Silakan nyoba,.. kalo mau lebih enak lagi, dagingnya disangrai kering dulu trus campuran panirnya pake parmesan. Enaaak deh, hehehe….

Leave a Reply

