Lain padang, lain puasa

Di bulan puasa tahun ini, akhirnyaaaa go-shujin bisa ngerasain lagi suasana puasa di negeri sendiri, yihaaaa……!!

Sebelumnya dia mesti ngelewatin 10 kali bulan puasa di Jepang. Puasa di hampir semua musim udah pernah dilakonin. Yang paling berasa waktu bulan puasa jatohnya di musim panas. Matahari udah terbit dari jam setengah lima, tapi sampe lewat jam delapan malem belom turun-turun juga. Mana panas-nya summer Jepang tuh amit-amit gak enak! Haduuuuu…. untuung waktu saya diboyong go-shujin ikutan pindah ke Jepang setelah nikah, bulan puasa-nya selalu jatoh di musim dingin atau musim gugur. Puasanya asik deh, soalnya cepet😀 Imsak-nya jam 6 pagi, dan jam 4 sore udah magrib. Belom lagi udaranya adem, jadi gak berasa aus.

Tapi tinggal di negara yang mayoritas penduduknya non-muslim juga sering tidak memungkinkan buat go-shujin untuk buka puasa secara ‘proper’. Maksudnya buka puasa yang ‘nggenah’ gitu lho.. pake minuman anget dan makanan manis-manis. Seringkali pas waktu bedug magrib, dia masih kuliah atau masih ngajar. Boro-boro makan kolak pisang plus es blewah… lah ini, cuman sempet ijin sebentar ke wastafel dan batalin puasa dengan minum air keran (tap water). Kesiaaaaan deeeehhh……..

Acara makan sahur juga sama aja sedihnya, hehehe… Waktu udah nikah sih mending, ada istri (saya maksudnyah!) yang bangunin dan nyiapin sahur. Tapi dulu waktu masih bujangan, skip makan sahur gara-gara telat bangun mah udah biasa. Atau pake taktik rapel… makan malamnya diundur sampe jam 12 malem, buat sekalian makan sahur.

Makanya, tahun ini mumpung udah balik ke Indonesia, go-shujin jadi suka umpak-umpakkan request ini-itu buat makanan buka puasa. Hari ini minta bubur sumsum, besok minta risoles, besoknya lagi minta cincau.. dan seterusnya. Kalo bisa hidangan buka puasa dari seluruh Nusantara mau dibabat. Sahur-nya juga udah gak perlu dirapel lagi, karena selalu ada yang bangunin. Kalo istri telat bangun, gak masalah. Tuh, satpam komplek tiap malem rajin mukulin tiang listrik sambil triak-triak bangunin orang buat sahur.

Di saat inilah kita ngerasain salah satu hikmah bulan puasa, yaitu bener-bener bisa ngerasain kebahagiaan ngumpul sama keluarga. Kalo dulu kita makan sahur dan buka puasa cuman berdua, sekarang bisa rame-rame. Sambil becanda, rebutan makanan…. seru! Yah, memang bener …. berada ditengah keluarga memang selalu menyenangkan kok🙂

One thought on “Lain padang, lain puasa

  1. praszt says:

    penderitaannya suami loe sedang gue alami sekarang neeh, enaknya klo dah punya bini…. cariin dong mbak

    salam dari kanagawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: