Lebaran tahun ini….

Ada sedikit sempalan cerita dari kehebohan Lebaran yang baru aja lewat.

Selama beberapa tahun kemarin, kita terbiasa berlebaran dalam suasana yang sunyi senyap😀 Setelah pulang dari sholat Ied di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT), nyaris gak ada kegiatan yang istimewa. Kita jarang bisa ikutan open house-nya KBRI Tokyo, karena biasanya sepulang sholat Ied, go-shujin harus balik kerja atau kuliah lagi. Jadi ya sudah, saya kembali ke apartemen yang sepi… trus paling-paling molor lagi. Hiburan baru ada malam hari, waktu keluarga di Jakarta pada ngumpul dan kita ngobrol seru pake webcam. Kalo hidangan khas Lebaran ya tetep ada dooong…. walaupun minus ketupat (karena gak ada yang jual selongsongnya), saya tetep wajib bikin opor, sambel goreng dan rendang… biar di rumah tetep ada ‘wangi Lebaran’. Tapi itupun juga cuma dinikmati berdua ajah…

Nah, tahun ini………. jedueeeeerrrrrrr!!!!!😀

Segalanya langsung berubah 180 derajat. Suasana bulan puasa dan Lebaran yang kita nikmati di Indonesia jauh lebih seru. Mulai dari bulan puasa aja udah sibuk ini-itu. Belom lagi ditambah saya pake iseng kurang kerjaan sok-sokan nerima pesenan kue, hehehe….. Begitu para asisten di rumah mertua saya mulai mudik, saya langsung kelabakan. Aaaah, udah deh.. heboh pisan…..

Beberapa hari menjelang Lebaran, Alhamdulillah pesenan makin banyak, tapi kok ya kebanyakkan pesen brownies panggaaaang……..!!! Saya tawarin kue ini-itu yang pengerjaannya gak terlalu capek, tapi yang pada pesen kekeuh maunya brownies panggang. (Brownies kukus udah gak ngetren lagi ya???) Ya sudah.. dikerjakan deh. Karena saya belom modal punya mixer canggih, jadi pengadukan masih pake tangan… yang tentunya bikin lengan saya tambah keker di hari Lebaran. Yo wes, gak papah… pokoknya pemasukkan tambah banyak, jadi amalnya juga bisa nambah banyak juga…

Buat resepnya, saya pake resep Pennylane Brownies dari mbak Riana. Sebelumnya udah coba aneka resep brownies, tapi Pennylane Brownies ini yang paling asoy masoy. Bikinnya simpel, rasanya super, caelaaaah….! Isi dan topping tinggal diganti sesuai pesenan… mau pake kacang-kacangan hayuk, mau pake keju juga okeh.

Pennylane Brownies

Source : Riana – 18 Cake & Cookies Favorit Step by Step + Jurus-jurus Jitu by Fatmah Bahalwan & Tim NCC

Bahan:

4 btr telur
450 gr gula pasir
225 gr minyak goreng
60 gr coklat bubuk
210 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
1 sdt vanilla bubuk
120 gr kenari
85 gr chocolate chips

Cara membuat:

– Alasi loyang dengan kertas roti dan olesi mentega. Panaskan oven 180 derajat Celcius.
– Campur coklat bubuk, terigu dan vanilla bubuk.
– Kocok telur dan gula sampai mengembang dan butiran gula menjadi lebih halus. Masukkan garam, kocok lagi hingga rata.
– Matikan mixer, ayakkan campuran tepung ke dalam adonan telur, aduk rata. Masukkan minyak goreng, aduk rata.
– Masukkan kenari dan chocolate chips, aduk rata.
– Tuang adonan ke loyang, panggang kurang lebih 35 menit. Tes dengan tusuk gigi/lidi bersih.
– Dinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

– Pertama kali baca resepnya emang sempet kejengkang…. haaaah, gulanya hampir setengah kilo sendiri? Gak salah nih?! Setelah browsing arsip milis, ternyata memang bener. Yang punya resep aja bilangnya gitu kok. Dan waktu saya nekat mengurangi takaran gula menjadi lebih ‘moderate’ dalam ukuran saya, ternyata rasanya memang jadi kurang asik. Jadi, mending nurut kata resep aja deh…

– Kalo memang masih takut kemanisan, daripada mengurangi takaran gula, saya lebih suka mengurangi takaran chocolate chips-nya. Untuk satu resep, saya hanya pake sekitar 40 gr chocolate chips.

– Loyang yang digunakan adalah loyang standar brownies ukuran 30 x 10.

– Adonan yang saya tuang ke loyang cuma sampai 3/4 tinggi loyang aja, karena pernah luber.

– Walaupun kue ini malah keliatan cantik kalo ada retak-retaknya, tapi ya jangan retak kebangetan. Untuk itu menit-menit terakhir pemanggangan saya awasin ketat. Kalo udah mulai agak meretak dikit, saya matiin apinya. Perkaranya waktu ditusuk dalemnya masih rada basah, cuek ajah hantam. Gak usah disuruh juga nanti dia padat sendiri kalo udah dingin..

5 thoughts on “Lebaran tahun ini….

  1. Hanny says:

    Eh kita belom maap-maapan yak? Maap lahir batin ya neng.. jadi juga jualan ya?

  2. Maap lahir bathin dong say, biarin deh udah rada basi juga😀
    Jadi jualan kok gue, cuman dikit-dikit ajah.. kesian si Ken kalo dicuekkin..

  3. Mommy Petra says:

    browniesnya bisa mulus gimana ya? saya buat pakai resep yg persis sama tapi pecah-@ecah terus atasnya

  4. Mommy Petra,
    emang biasanya suka retak atasnya. makanya saya tulis diatas, di menit2 terakhir pemanggangan saya awasin terus. begitu udah mulai agak retak dikit, saya matiin apinya.

  5. Luluk says:

    Hi mbak🙂 salam kenal yaa… saya Luluk dari Sby ,member NCC juga. Beberapa kali nyoba bikin Pennylane brownies ini lhhaa kok masih belum bisa bagus spt foto yg ada disini. PB yg saya buat ngga ada lapisan kilkap warna coklat muda yg seperti mbak buat gini. Napa ya?? padahal manggangnya udah saya perhatiin, bahkan saya cm manggang 25 menit aja. 10 menit di rak atas, 15 menit di rak bawah. Tetep ngga ada lapisan kilap coklat itu, bisa bantu mbak? Thanks🙂

Leave a Reply

