Delayed Delicacy Part 2

Ini bolu kukus ketan hitam juga.. tapi beda versi. Yang ini saya nyoba versinya Ny Liem.

Kalo disuruh milih, saya lebih suka versi yang satunya lagi. Baik dari segi cara bikinnya dan hasil akhirnya. Versi yang ini bahan dan cara bikinnya sedikit lebih ribet. Dan setelah mateng, teksturnya gak terlalu padet. Rasa ketan hitam-nya juga gak terlalu pekat. Tapi saya suka warnanya… ungu-abu abu… matching sama warna loyang saya😀

Brownies Kukus Ketan Hitam>

Source: Resep Andalan Ny Liem : Variasi Brownies Kukus

Bahan I

6 btr telur
250 gr gula pasir
1/2 sdt garam
10 gr cake emulsifier
1/2 sdt vanili bubuk

Bahan II (campur dan ayak)

175 gr tepung ketan item
100 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder

Bahan III (cairkan)

100 gr mentega
75 gr margarin
2 sdm susu kental manis

Cara membuat

– Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan mengental.
– Masukkan bahan II sedikit demi sedikit hingga rata. Tuang bahan III, aduk berlahan dengan spatula hinga tercampur rata.
– Tuang ke dalam loyang tulban diameter 28 cm x T 7 cm yang telah diolesi dengan sedikit minyak.
– Kukus ke dalam panci pengukus selama 45 menit hingga matang.
– Angkat dan dinginkan.

Kali-kali aja ada yang bingung kenapa di resep sebelumnya namanya bolu kukus, tapi disini namanya brownies kukus… ya saya juga gak tau kenapa. Kayaknya kalo udah masuk kukusan, gak ada bedanya bolu kukus sama brownies kukus mah.

4 thoughts on “Delayed Delicacy Part 2

  1. marlin says:

    saya lebih suka campuran tepung ketan putih(sebagai ganti terigu) dan tepung ketan hitam, rasanya legit dan wangi.

  2. Jadi terigunya diganti tepung ketan putih dengan ukuran yang sama? Mo coba aaaah….

  3. Nurul says:

    loyangnya selain matching dgn kue warnanya juga bagus. kok daku ga perna liat loyang warnanya kek gitu sih? belinya dimana mbak?

  4. buat Nurul,

    tinggalnya di Jakarta kan? masa sih loyang kayak gitu ga ada? ada aaaaahhhh…. cari2 di toko loyang nemu deh.
    tapi emang loyang itu bawaanku pindahan dari Jepang sih, hehehe…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: