Katsudon

Bikin donburi yuuuu……!🙂

Donburi sebenarnya artinya mangkok, tapi bisa juga berarti semangkok nasi putih plus topping lauk diatasnya. Yang saya posting hari ini adalah Katsudon, kependekkan dari katsu donburi, salah satu varian donburi populer yang paling kami senengin. Nasi putih pake topping katsu, lantas disiram telur yang dimasak pake saus, nymnymmmmm….. Makanan ini bisa dibeli di toko-toko bento (seperti di postingan yang ini niiiih). Kalo beli jadi, biasanya katsu-nya dibuat dari pork cutlet. Saya pilih bikin sendiri, supaya katsunya bisa dibuat dari ayam.

Untuk sausnya, banyak variannya juga, yang konon berbeda di beberapa daerah. Ada yang pake miso, ada yang pake saus tonkatsu, dan lain-lain. Versi yang saya posting ini sausnya pake shoyu, yang paling umum ditemuin di Tokyo.. so I might say this is Tokyo style Katsudon. Resep yang ini sudah di-adjust sama lidah saya (yang masih dominan NKRI). Wanginya ‘khas’ masakan Jepang, rasanya sedikit manis dan IMO pasti cocok deh sama lidah orang Indonesia.

Katsudon

Bahan-bahan

250 gr dada ayam tanpa tulang
4 btr telur
1/2 btr bawang bombay ukuran besar
1 sdm tepung terigu
1 btr consomme block / chicken buillon
4 sdm shoyu
4 sdt gula pasir
300 cc air
Tepung panir kasar secukupnya
Garam
Merica

Cara bikinnya

– Bersihkan daging ayam, kemudian beri bumbu merica dan garam
– Lumuri dengan tepung terigu tipis-tipis
– Kocok 1 butir telur dengan sedikit garam dan merica. Celup daging ayam ke dalam kocokan telur, kemudian balur dengan tepung panko sampai rata.
– Goreng di minyak panas dan banyak sampai kecoklatan. Angkat, tiriskan.
– Potong-potong sesuai selera. Sisihkan.
– Larutkan consomme block dengan 300 cc air, kemudian rebus dalam wajan dadar.
– Tuangkan shoyu, gula pasir, garam, merica dan irisan bawang bombay.
– Taruh gorengan katsu dalam wajan, biarkan mendidih selama 2-3 menit.
– Sementara itu kocok 3 butir telur dengan garam dan merica, kemudian tuangkan merata diatas potongan katsu.
– Kecilkan api, kemudian tutup wajan. Biarkan sampai telur cukup matang. Angkat.
– Tuangkan keatas nasi dan hias dengan irisan daun bawang.

– Untuk versi lain, bisa nyoba pake saus tonkatsu. Caranya, katsu tinggal diatur diatas nasi trus langsung diguyur pake tonkatsu sauce. Di Indonesia kayaknya dijual di supermarket khusus bahan makanan Jepang, yang cap Bulldog. Mengenai halal atau tidaknya,kalo tonkatsu-nya memang terbuat dari babi.. tapi tonkatsu sauce-nya sendiri sepanjang pengetahuan saya tidak mengandung babi. Jadi, silahkan disimpulkan sendiri😀

– Biasanya telur dimasak gak sampe mateng.. cuma setengah mateng, masih agak berair. Tapi itu pan di Jepang yak… Kalo di Indonesia, mendingan telornya ditunggu sampe mendekati mateng deh ya. Rada-rada ngeri kalo makan telur yang gak mateng..

11 thoughts on “Katsudon

  1. yanti says:

    emba consumme blok / chicken buillion apaan si? ada tdk d jkt?
    Thx

  2. Yanti,
    consomme block itu kaldu blok. Di supermarket Jakarta banyak kok.. ada magi, ada indofood, etc..

  3. pitachan says:

    mba, kyknya enak bgt menu ini. berarti nasinya berkuah ya mba? kan tadi make 300cc air. apa ditunggu mpe airnya menyusut?
    makasih ya mba dan salam kenal..:D
    -pita-

  4. Pita-chan,
    Airnya waktu telur masuk jadi nyampur sama telur dan meresap. Ya ada sih kuahnya, tapi dikit, gak membanjiri nasi..

    Salam kenal juga dan makasih dah main2 sini ya🙂

  5. neni says:

    aku dah praktekin resepnya mba,,,ternyata enak juga mba…makasih ya^_^

  6. waaahhh….q berhasil lho buatnya…
    huuumeeeee””’
    oishii lho ternyata…hahahahaha

  7. klo saus tonkatsu yg cap bulldog itu halal apa gk mbak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: