Marble Peanut Butter

Baru menyadari (lagi), betapa tidak produktifnya saya dalam urusan nge-blog selama taun 2009 ini. Aih aih aihhhh…  Buka dashboard wp, nulis-nulis-nulis.. jatohnya di draft lagi, draft lagi. Nasibnya kayak postingan kali ini, yang ternyata udah agak lama ngantre di draft. 😳

Bikin marble cake ini waktu lagi seneng-senengnya berkarya pake peanut butter. Memang benar adanya pepatah yang mengatakan : ada harga ada rupa. Pertama kali nyoba bikin cake ini, saya pake peanut butter merk jetset yang saya dapet gretongan dari parcel. Kali berikutnya bikin pake peanut butter merk sembarang (beli sendiri, tentunya). Saya pikir, toh sama-sama peanut butter inih.. Ternyata e ternyata, rasanya beda inaang..! Gak seenak yang pertama..

Moral of the story:
Semoga tahun ini dapet parcel yang isinya peanut butter enak itu lagi

Peanut Butter Brownies

Source : Variasi Brownies Kukus (Ny Liem)

Bahan I

6 kuning telur
4 putih telur
125 gr gula pasir
8 gr cake emulsifier
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk

Bahan II (campur dan ayak)

135 gr tepung protein sedang (misal segi tiga)
20 gr susu bubuk full cream
1/2 sdt baking powder

Bahan III (cairkan)

65 gr mentega
65 gr margarin
120 gr white cooking chocolate

Bahan IV

50 gr selai kacang
1 sdt kopi instan
1 sdm rum kopi

Cara membuat

1. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan mengental.
2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
3. Ambil 50 gr adonan, campur dengan bahan IV, aduk hingga rata.
4. Tuangkan kembali ke dalam adonan dasar, aduk berlahan hingga membentuk pola marmer.
5. Tuang ke dalam 2 loyang ukuran 30 x 10 x T 4 cm yang telah diolesi dengan sedikit minyak dan dialasi dengan kertas roti.
6. Kukus ke dalam panci pengukus selama 25 menit hingga matang.
7. Angkat dan dinginkan.

– Adonan ini cukup untuk 1 (satu) loyang bundar diameter 20-22 cm.

– Vanili bubuk saya ganti dengan vanili esens. Lebih wangi!

– Campuran mentega dan margarin saya ganti dengan minyak sayur. Bukan apa-apa sih, cuma buat bantuin go-shujin yang sejak kena batu ginjal harus mengurangi konsumsi susu dan produk turunannya.

– Saya gak pake rum kopi. Gak punya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: