KEN DAN SUSHI

Si Ken-kun anak saya sejak umur hampir 3 tahun udah doyan sedoyan-doyannya sama SUSHI :D  Apa karena lahir di Jepang jadi secara gak langsung pernah ‘nancepin akar’ disana? Apa karena waktu di dalem perut pun emaknya doyan banget sushi? Gak jelas deh. Pokoknya yang jelas Ken-kun lahap makannya kalo ada sushi.

Sushi yang dia suka gak macem-macem tapi spesifik. Boleh yang jenis nigiri atau maki sushi, tapi harus MENTAH. Jenis sushi otentik Jepang lah. Mana mau dia sushi-sushian yang mateng, dipanggang kek, digoreng kek, yang pake keju kek atau pake saos segala macem. Maunya sushi mentah, dicelup shoyu dan dikasih wasabi sedikit. Wes, Jepang banget deh. Ikannya dia suka sake (salmon), maguro (tuna), hamachi dan awabi.

Tuu, kalo makan sushi mangapnya lebaaaaar….

Sayangnya Ken-kun gak bisa sering-sering bergembira makan sushi. Karena dia masih kecil, intake ikan mentah saya batasi. Kalo anak-anak Jepang sih dari piyik udah pada makan sushi, tapi saya gak yakin ikan disini sesegar ikan di Jepang. Bikin sushi sendiri juga gak berani, karena lagi-lagi gak yakin sama kesegaran ikannya. Mending menyerahkan saja pada ahlinya di resto. Buntutnya sih memang harus milih tempat, cari resto sushi yang ikannya bener2 fresh dan sebisa mungkin bebas merkuri. Tapi resto yang kayak gitu harganya maharani jek.. Jadi, sudah jelas kan alasannya kenapa tidak bisa sering2? :D  So far tempat favorit kita di Sakura. Tapi kalo amunisi kantong lagi menipis yo uwes, belok ke Sushi Tei aja..

Oke. Mama menabung dan berdoa deh, biar Ken-kun bisa jalan2 lagi ke Jepang dan bergembira makan sushi sesukanya disana.. amiiin!

4 thoughts on “KEN DAN SUSHI

  1. bundasuntea says:

    Duh senangnya liat Ken-kun suka makan sushi..🙂
    saya juga sushi lovers mbak dan seneng banget waktu mbak bilang pas hamil nggak papa makan sushi :9
    sayangnya pasangan saya lidahnya jawa banget…nggak bisa jauh2 dari masakan rumah apalagi paling nggak suka sama bau amis…lengkap deh penderitaanku secara saya pemakan segala😛 oya salam kenal ya mbak… blognya bagus🙂

  2. Lie says:

    Sushi mentah aman ya utk anak-anak?

  3. Lie,

    Masalah betul2 aman atau tidaknya, saya tidak capable utk menjelaskan ya. Cuma pake ilmu kira-kira😀 Makanya seperti yg tertulis diatas, makannya di tempat yg direkomendasi sama temen2 yg juga concern masalah kandungan merkuri pada ikan, biar makannya lebih tenang. Itupun jumlah yg boleh dikonsumsi sama anak saya tetep saya batasi dan gak sering2..

  4. Bundasuntea,

    Utk ibu hamil, mungkin sama kayak anak kecil ya. Sebaiknya sih nyushi-nya juga dibatasi. Dulu waktu saya hamil sering makan sushi, soalnya ikan di Jepang seger dan bohay hehehe.. jadi ngerasa aman.

    Makasih ya udah mampir2 sini, sering2 loooh..

Leave a Reply

