REVIEW : IGA PEKO-PEKO

(Sabar ya bacanya.. review-nya bakalan panjang inih)

Sebelumnya mau teriak dulu : PEKO-PEKOOOO….KAMI PADAMU!😀

Kalau weekend ini berencana mau makan diluar, cobain tempat ini dweeh..  Sudah sekitar 4 bulanan ini kami rajin jajan disini. Awalnya gara-gara tersetani seorang teman lewat twitter (hai Damooo!). Berhubung rumah kami deket dari lokasinya di Gandaria-Kebayoran, jadilah kami langsung ngesot ke TKP.

Begitu masuk kedalam resto, ada bau bumbu-bumbu yang menguar dari dapur.. bikin perut tambah keroncongan. Kalo bahasa Jepang, peko-peko memang artinya keroncongan. Onaka ga peko-peko.. Ken-kun tuh yang suka ngomong gitu. Tapi ini sama sekali bukan restoran Jepang. Spesialisasi-nya iga, ditulis gede-gede di papannya. Ada Iga Bakar, Iga Penyet, Iga Goreng Kecap, Nasi Goreng Iga, dan lain sebagainya.

Pertama kali makan disini, saya dan go-shujin sunyi senyap tak bersuara… soalnya sibuk makan! Mulut saya yang biasanya bawel tiap kali nyoba2 tempat makan baru, kali ini 100% saya pake buat ngunyah. Enaaaaakkk, sodara-sodaraaaa…!!!  Iga-igaan disini empyuuuk banget, sampe bisa ditowel effortlessly pake garpu. Pantesan disini gak disiapin perlengkapan perang buat makan iga alias pisau.

Iga Peko-peko (28k)… highly recommended!! Ini menu specialty disini. Iga digoreng tepung, trus diaduk bumbu bawang dan cabe. Rasanya gurih, agak manis dan pedes. Buat saya sebenernya agak kepedesan, tapi berhubung enak banget… hajar bleh!!! Begitu iga-nya habis, saya masih ngorek-ngorek sisa bumbu yang ketinggalan di piring :D  Dihidangkan dengan kuah sup iga yang yummy, sambal terasi, acar dan bawang goreng. Wuuuh..die die must try!

Iga Bakar (28k). Ini sih udah biasa ya.. banyak tempat makan iga yang sedia menu ini. Tapi rasa iga bakar disini juga enak banget. Gak kemanisan dan gak kebanyakan kecap. Menu yang ini juga dihidangkan dengan kuah sup, sambal, acar dan bawang goreng. Recommended, as well.

Mie Iga Peko-peko (18k). Ini juga enak banget.. favoritnya Ken-kun. Mie-nya gede-gede, mirip udon. Konon kabarnya mie-nya bikin sendiri, bukan produksi massal. Diatas mie ada topping daging iga bakar yang disuwir-suwir. Kuahnya itu lhoh yang sedep.. rasanya kalo kata saya mah dominan rasa bawang putih dan minyak wijen. Biasanya si Ken-kun kalo mie-nya udah abis, giliran kuahnya disruput sambil merem-melek hehehe…This one is also recommended!

Salad Peko-Peko (17.5k). Ini seperti gado-gado bumbu kacang, tapi bumbunya agak beda. Seperti ada campuran udang keringnya, dan diatasnya ditaburin krupuk crispy yang bentuknya kayak kwetiaw. Enak juga… tapi berhubung saya gak doyan sayur, jadi paling-paling cuman ngambil seciprit-seciprit.

Masih ada lagi menu lain yang udah dicoba tapi gak ada fotonya. Iga Goreng Kecap (28k) juga rekomen.. penampakannya seperti semur, rasanya pedes manis, mirip tongseng kuah nyemek. Go-shujin yang pecinta nasi goreng jenis apapun, jelas udah nyoba Nasi Goreng Peko-peko (18k). Tapi rasanya tergolong biasa aja, gak istimewa. Rencananya di kunjungan berikut saya mau  nyoba Gulai Iga dan Iga Garang Asem.

Yang gak boleh dilewatin adalah ngemil bawang gorengnya! Waktu pertama kali kesini Oktober ’09, saya sempet ngobrol sama owner-nya yang namanya mas Bimo. Dan beliau berbaik hati jelasin ke saya gimana caranya bikin bawang goreng supaya bisa enak gitu. Katanya bawangnya dirajang agak kasar, dicelup tepung trus digoreng sebentar aja. Makasih mas Bimo, walaupun sampe sekarang belom saya praktekin juga sih resepnya, hehehehehe….

Setelah perut kenyang, masih dihibur lagi sama complimentary es lilin yogurt aneka rasa. Saking seringnya kesini, si Ken-kun udah tau dimana es lilin ini disimpen, hahahahaha… Dan dia pasti minta yang warna biru (rasa blueberry) dan ungu (rasa blackcurrant).

All in all, pokoknya enak lah makan disini. Syippp! Tempatnya enak.. bersih dan gak bising. Cuman sayang, kursinya rada keras :D  Porsi makanannya cukup, gak terlalu sedikit (tapi kalo ditambah ya alhamdulillah), harganya juga reasonable. Kalo soal rasanya mah udah enak banget lah, gak ada complain dari kami. Semoga besok-besok rasanya gak berubah yaaa, tetap enak… dan semoga harganya juga tetep segitu aja😀

Last but not least, a picture of a little boy with his Mie Iga Peko-peko…

PEKO-PEKO

Jl. Ahmad Dahlan no…. (aduuh nomer berapa ya? lupaa! pokoknya persis di pojokkan perempatan lampu merah Radio Dalam – Gandaria).
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telp. 021-7222430

7 thoughts on “REVIEW : IGA PEKO-PEKO

  1. widya puteri says:

    huaaaa daerah jajahan tiap pulang dari oriflame tuh.. thanks ya jeng utk reviewnya😉
    sangat2 membantu!

  2. Obama says:

    Maknyoooosssssssssssssss

  3. Cika says:

    Mbak Tanya, aku doyan sekali Iga Peko-Peko ini, tapi konon lokasinya udah nggak di Radio Dalam-Gandaria, benar? Pindah ke mana, ya, restoran ini? Aku sudah rencana makan iga di sini liburan winter ini, hihihi. Terima kasih.🙂

    • Pindahnya gak jauh kok,.. seberang kompleks taman gandaria, sebelum gandaria city. Tapiiii aku sudah tak rekomen lagii😦 Kayaknya ganti owner, jadi ya gak seperti dulu lagi. Harganya naik tapi rasanya gak konsisten.. sayang banget yaaa😦

      • Cika says:

        Aaaaah…..sayang sekali😦. Padahal summer 2010 aku sukses 3 kali ke sana, menyeret keluarga dan teman2😀. Baiklah, tempat ini untuk sementara dicoret dari daftar restoran yang wajib dikunjungi liburan kali ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: