Sup Tofu Bawang

Yang lagi flu, pilek, batuk, saluran pernafasan terganggu, bernafas seperti ikan (pake mulut karena hidung bumped)….. yiuuukk makan sup ini deh. Rasanya enteng, tapi enak banget dan menghangatkan. Bikinnya gampang pula. Coba bawang bombay-tofu-smoked beef dikunyah bareng-bareng sambil kuahnya diseruput, …..wuiiihh!

[Tapi… PENTING ni… saya nggak ngikutin plek-plek resep aslinya, soalnya kaget baca takaran garamnya. Dua sendok makan? Gak kelebihan tu?? Saya cuma pake sejumput dan udah cukup kok. Dan disana-sini juga saya rubah dikit2, menyesuaikan sama ketersediaan bahan di kulkas. Please cekidot notes dibawah yaa]

Anyway, serve it hot,.. enjoy!

Sop Tofu Bawang

source : Detikfood then self modified

Bahan-bahan

1 sdm minyak sayur
1/2 sdt minyak wjien*
1 siung bawang putih**, memarkan, cincang
50 gr bawang bombay, iris tipis
1 batang bawang daun, iris kasar
2 lbr daging asap, potong kasar
750 gr kaldu ayam kampung
300 gr tofu/tahu sutra panggang/polos***, potong-potong
1/2 sdt merica hitam, memarkan agak kasar
2 sdm garam****
75 gr daun sawi, potong-potong 3 cm

Cara membuat

– Tumis bawang putih, bawang bombay dan daun bawang hingga layu
– Masukkan daging asap, aduk hingga kaku
– Tambahkan kaldu ayam, didihkan dengan api kecil
– Tambahkan tofu dan bumbu, didihkan kembali
– Masukkan sawi, didihkan hingga layu
– Angkat, sajikan panas.

* Takaran minyak wijen saya tambahin jadi 1 sdm, supaya aromanya lebih wangi

** Pemakaian bawang putih ditambah jadi 4 siung, dicincang halus. Kan katanya bawang putih bagus buat mengobati flu, toh?

*** Saya pake tofu telur, dibalur mazeina sedikit dan digoreng sebentar sampai kekuningan sebelum dicemplung ke sup.

**** Garam… nah ini penting! Kalo kata saya sih jangan langsung cemplung 2 sendok makan ya.. takutnya keasinan (banget). Saya cuma pake sejumput, kira-kira 1/2 sdt dan udah cukup asin kok.

7 thoughts on “Sup Tofu Bawang

  1. Rika says:

    Salam kenal ya mbak, sop-nya patut dicoba nih. Tp kalau tdk pake minyak wijen bisa nggak? Saya nggak suka minyak wijen sih

  2. Rika,

    Salam kenal juga ya.. Minyak wijennya diskip sih bisa aja ya, tapi kalo buat lidah saya sih justru minyak wije yg bikin wangi dan bikin rasa kaldunya gak cemplang.

  3. lumi says:

    hmmm…. kebetulan banget lg flu… ada yg mau bikinin buat aku gak ya?

  4. sofie says:

    mba’ numpang comment yah
    wah aku nemu resep yg kya’nya anak kos bisa bikin kebetulan bahannya ada semua n kebetulan jg lagi ga enak badan gini, sankyu yah😉

  5. intan rawit says:

    gampang nih mbak..boleh dicoba2..salam kenal yah mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: