Balado Kid’s Meal :D

Saya dan go-shujin adalah dua orang manusia yang gak kuat makan pedes tapi suka sotoy sama sambel😀 Maksudnya kalo makan sok-sokan pengen pake sambel. Tapi begitu kepedesan langsung ribuuuut banget cari minum. **mestinya peristiwa waktu kita uji nyali nyobain kripik maicih direkam tuh!** Kalo saya wajar dong…. Saya kan totok Jawir, emang dari brojol lidahnya manis. Lah ini gandengan saya, kan dia setengah Padang. Harusnya kan selalu bersambel-sambel, tapi gak doyan pedes…. Padang bajakan ih!

Masakan berikut ini adalah contoh kesotoy-an kami berdua. Udah tekad bulat bikin balado, mumpung abis ditibanin ikan asin kapas-kapas dari mertua. Waktu mau bikin sambelnya, udah nyiapin cabe merah 10 biji. Dan yang terjadi adalah…. cabe-nya dikurangin jadi 4 saja, hahahahahhaha…..

Baiklah, mungkin resep balado dibawah ini cocok dicoba untuk orang yang lidahnya ‘kid’s meal’ gak cabe-friendly kayak kita, tapi ogah dibilang cemen kalo ketauan gak doyan sambel. Enjoy!!

Balado Ikan Asin Nggak Pedes

Bahan-bahan:

Ikan asin secukupnya (saya pake ikan kapas-kapas)
1 btr bawang bombay, cincang halus
4 btr cabe merah keriting, rajang kasar
1 btr tomat ukuran sedang, rajang kasar
Garam
Merica
Minyak goreng

Cara bikinnya

– Cuci bersih ikan asin, tiriskan sebentar. Goreng dalam minyak panas dan banyak sampai garing. Angkat, tiriskan.
– Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang bombay, cabe merah dan tomat. Tambahkan garam dan merica, aduk rata.
– Masukkan ikan asin, aduk sebentar sampai bumbu tercampur. Angkat.

– Tips dari emak mertua saya supaya ikan asin gak keasinan: direndam sebentar dalam larutan air garam. Believe it or not, bukannya tambah asin tapi justru malah mengurangi rasa asin.
– Harusnya sih bumbu2nya diulek halus. Tapi berhubung dirumah saya gak punya cobek maupun food processor, jadi bawang-cabe-tomat saya masukkin ke dalam plastik ziploc, trus digebruk-gebruk pake palu daging sampe semua ancur😀 Cara sesat, yang penting lumayan alus..
– Kalo situ doyan pedes, boleh loooh cabenya ditambah segabruk!

Leave a Reply

