Lontong Sayur

Kemaren saya baca2 resep gegara pengen bikin lontong sayur. Banyak macem ya bok, si lontong sayur indang.. Ada lontong sayur betawi, lontong sayur padang, lontong sayur medan. Akhirnya bikin lah versi yang ini, gak jelas versi apa… mungkin lebih mirip versi Betawi ya..

Warna kuahnya putih, karena saya emang gak suka pake kunyit. Bikin opor pun selalu tanpa kunyit. Santan dipake tapi nggak banyak dan cair aja, karena saya kepengen bikin sayur yang rasanya ringan. Plus tidak pake terasi, karena gak punya. Hasilnya, iiiissshhhh…. sedep banget!! *elus-elus perut*

    WARNING

: ini versi lidah cemen pedes yaaa…alias gak pake cabe samsek. Sengaja, supaya Ken-kun bisa ikutan makan. Buat saya sih pedesnya cukup dari rendang aja. Kalo pengen pedes, cabe sejumlah sesuka hati tinggal diulek bareng bumbu halusnya.

Next project pengen bikin lontong sayur medan ahhh….

20120123-221318.jpg

Bahan Sayur Godok :

Kacang panjang, cuci bersih, potong-potong
2 buah labu siam, cuci bersih, kupas, potong korek
8 btr kemiri
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
2 cm lengkuas, geprek
2 btg serai, geprek
3 lembar daun salam
200 cc santan cair
2 ltr air
2 sdt gula pasir
Garam
Merica

Cara bikinnya:

– Haluskan kemiri, bawang merah, bawang putih dan ketumbar.
– Tumis bumbu halus dalam panci dgn sedikit minyak, tambahkan salam, serai dan lengkuas.
– Tuangkan santan, aduk-aduk supaya nggak pecah
– Tambahkan air, gula, garam, merica. Didihkan sambil diaduk.
– Masukkan kacang panjang, masak sampai kacang lumayan empuk.
– Terakhir masukkan labu siam, masak kembali sampai mendidih.
– Mari makan… pake lontong, rendang, telor rebus dan krupuk… Nyam nyammmm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: