Gyu Enoki Maki

Favorit baru pak dosen inihh..  Pernah makan Jacko san seperti yang di Takigawa? Nah kira-kira semacam gitu lah. Masakan Jepang model baru mungkin kali ya.., bukan yang konservatif. Tapi Ini enak, enak, enak! Dan bikinnya gampang gampang, gampang! *senang* Buat first timer masak sekalipun tak akanlah kau gagal. Cuma tumis isinya, digulung trus dipanasin di  teflon sebentar. Kelar!

Modalnya emang agak gede sih. Dagingnya saya pilih daging sapi import irisan sukiyaki (jangan shabu-shabu ya, ketipisan). Kenapa import? Ya mau gak mau.. soalnya rata-rata kalo beli irisan sukiyaki, seringnya cuma ada sapi import. Daging sapi lokal buat potongan rendang, sop atau cincang. Saus teriyakinya pun saya ambil yang import asli Jepang. Kenapa import? Ya seperti yang sudah saya ceritain disini, saus teriyaki lokal rasanya kebanyakan jahe. Untuk sayurnya, dipilih asparagus yang gak bisa dibilang murah juga. Tapi ini mah gak wajib. Pake brokoli, wortel atau sayuran lain juga bisa kok. Pak dosen aja tuh yang kembagus minta asparagus :p

And yess, supaya lebih enak, didalam gulungan enoki diselipin potongan keju mozzarella atau keju jenis apapun yang gampang leleh… nyammm🙂

ps: apakah foto dagingnya tampak seperti lele? Enggak kan ya? Ah emang temen saya yang satu itu aja yang katrok! :p

GYU ENOKI MAKI

Bahan-bahan:

6 lbr daging sapi sukiyaki
1 bungkus jamur enoki, potong pangkal, cuci bersih, pecah-pecahin (diurai gitu lhoh..)
4 sdm saus teriyaki (lebih juga boleh)
Asparagus secukupnya
2 siung bawang putih, cincang
2 sdm minyak wijen
Butter secukupnya
Garam
Merica

Cara bikinnya:

– Campur daging + saus teriyaki dalam wadah, balur rata. Tutup wadah pake cling wrap, simpan di kulkas 30 menit.
– Tumis jamur enoki + minyak wijen + garam + merica sebentar sampai wangi. Pinggirin dulu.
– Lelehkan sedikit butter, masukkan bawang putih cincang, aduk sampai wangi. Masukkan asparagus, tumis sebentar. Pinggirin dulu juga.
– Bentangkan selembar daging sukiyaki, atur sejumput enoki. Taruh seiris keju diatasnya. Lantas digulung, kayak gulung risol gitu lho.
– Lelehkan butter diatas wajan teflon, taruh gulungan daging diatasnya. Panaskan sebentar sampai warna daging merata kecoklatan.
– Angkat. Tambahin mayones diatas dagingnya. Silakan dimakan, pake tumisan asparagus. Tambahin telor ceplok setengah matang.. Surga dunia!

3 thoughts on “Gyu Enoki Maki

  1. MR.BAKER says:

    sepertinya enak hehehehe😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: