Udang Goreng Telur Asin

Ta Wan itu inspiratif sekali ya. Tiap pulang dari sana, besoknya suka langsung menggebu-gebu bikin sendiri di rumah. Termasuk udang ini. Resepnya digabungin dari dua resep berbeda. Satu dari blognya mbak Ria – Chocoloveid dan satu lagi dari blognya cik Ine (ini blog masakan favorit banget deh.. toppp!). Dan aku bisa bikinnyaaaa! *salto*

UDANG GORENG TELUR ASIN

Source: Dapur Elkaje and Icip-Icip di Dapur, then self -modified

Bahan-bahan

200 gr udang (saya pake udang frozen yang udah dikupas dan dibersihin.. ogah repot!)
5 siung bawang putih, cincang halus
2 btr telur asin matang, pisahin putih-kuningnya
1 btr jeruk nipis/lemon, peras
1 btr telur, kocok lepas
Tepung terigu secukupnya
Garam
Merica
4 sdm mentega
100 cc kaldu ayam
Daun bawang secukupnya, cincang halus

Cara bikinnya:

– Udang dibumbui garam, merica, air perasan jeruk nipis dan sebagian bawang putih cincang. Diamkan 15 menit.
– Kuning telur dilumat halus. Sisihkan
– Cincang putih telur, sisihkan.
– Celup udang ke dalam kocokan telur, balur terigu secukupnya, goreng sampai matang kekuningan. Angkat, sisihkan.
– Lelehkan 2 sdm mentega, tumis putih telur cincang dan daun bawang cincang. Aduk rata. Angkat, sisihkan.
– Lelehkan sisa mentega, masukkan sisa bawang putih cincang. Tumis sampai harum.
– Masukkan kuning telur yg sudah dilumat, aduk rata.
– Tuang kaldu ayam, aduk sampai meletup-letup.
– Masukkan udang, aduk rata. Angkat.
– Tuang diatas piring, taruh cincangan putih telur diatasnya.

 

– Pakai telur asin yang bagus, dan kuningnya dilumat sampai haluuus bgt supaya rasa sausnya enak.

– Udang jangan digoreng kelamaan supaya nggak alot.

– Mentega-nya mending pake unsalted, biar gak keasinan.

– Siap-siap stok jeruk nipis yaaa…. buat bersihin wajan bekas masak. Udahlah udang, pake telor asin pula….😀

7 thoughts on “Udang Goreng Telur Asin

  1. neng fey says:

    laper…

    ta wan emang enak, kalo dikasi saya mau ngabisin 2 porsi buburnya hihihi *laper apa maruk ya?*

  2. alfa says:

    wiidiiiiih…bikin laper…pagi-pagi belum sarapan, jadi pengeeen…ngiler.com ne…😉

  3. andie says:

    nyam nyam nyam nyaaaaaaam….minta masakin istri di rumah ah nanti…makasih infonyaaa…

  4. Armand says:

    gimana ga laper kalo liat yang beginian…coba ada yang masakin…😉

  5. anna says:

    jadi terispirasi buatin makanan buat keluargaku…makasiiiih…

  6. angel says:

    nyaam…nyaaam…nyaaaaam….sekali-sekali ga ada salahnya bikinin buat suamiku tercinta…makasiiiiiih tambahan resepnya…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: