Review : Coco Ichibanya

Kalo ditanya, apa yang paling dikangenin dari Jepang? Jawabannya bisa dua lembar folio bolak-balik, tapi pasti ada kata KARE keselip.

Sama seperti potato gratin, kare bukan makanan asli Yapan. Tapi sudah di Yapanisasi, mengandung unsur modifikasi dan inovasi, sampe akhirnya jadi salah satu makanan favorit khas Yapan. Ibarat sayur sop di rumah keluarga Indonesia, kare juga jadi masakan rumahan keluarga sana. Orang Jepang nyebutnya KARE, bukan kari. Kare Jepang rasanya kayak apa sih? Ya masih satu rumpun rasa lah ya sama kare India, tapi citarasanya jauh lebih ringan, gak serumit kare India dan baunya gak menusuk. Cenderung gak pedes, karena dasarnya orang Jepang gak bisa makan pedes. And by the waaaaaaay, saya pernah bikin sendiri juga loh. Intip resepnya disini😀

Banyaaaak banget yang jual kare di Jepang, sampe di dalem Disneyland pun ada. Tapi yang paling favorit dan seru buat didatengin adalah Coco Ichibanya. Seru karena pake metode PILIH SENDIRI KAREMU!! SAK KAREPMU!! Customer bisa pilih dari sekian banyak signature curries. Tapi kalo mau customize juga bisa. Pilih sendiri besar porsinya (diitung pake gram.. lucu yaaa🙂 ), jenis saus kare-nya, level pedasnya sampe toppingnya apa. Tambah seru lagi karena pilihannya banyak! Malah di beberapa gerai Coco Ichibanya di Tokyo, customer milih-milih kare bukan dari buku menu, tapi pake vending machine yang ada di luar gerai. Pencet-pencet, masukin uangnya, keluar struk, baru masuk ke dalem. Ih asik! Harganya sekitar 600 yen-an seporsi, agak sedikit mahal untuk ukuran warung di Jepang, tapi gak rugi lah. Did I say warung? Yes. Memang ini terhitung ‘warung’ kok buat orang Jepang🙂

Saus kare-nya ada tiga jenis: pork base, beef base dan hayashi sauce (demi-glace base). Isi kare-nya macem-macem banget, mulai dari berbagai olahan sapi, ayam, seafood sampai sayuran. Toppingnya ada jagung, telur rebus, bacon, bawang, etc. Kalo soal rasa… oh aku cintaaaa! Biasanya makan apapun iklas menyisihkan sekian persen untuk sedekah disikat pak dosen, tapi makan kare Coco Ichibanya tidak ada bagi-bagi. Nehi! Semua licin tandes masuk mulut sendiri. Terfavorit adalah Pari Pari Chikin Curry extra topping keju leleh. It’s-Oh-So-Good.

Iya, segitu sukanya kami sama kare Jepang. Makanya langsung sorak sorei waktu tau Coco Ichibanya buka cabang di Jakarta! Dari tempat tinggal di selatan Jakarta, kita membelah macet ke Grand Indonesia, cuma untuk melepas rindu sama kare.

First impression waktu baru masuk, yaaah..beda sih ambience-nya sama yang di Jepang. Karena yang di Jakarta konsepnya dirubah jadi restoran, bukan warung lagi. Tapi keraguan terhapus liat beberapa meja diduduki keluarga Jepang. Ini pertanda. Kalo orang Jepang makan di restoran Jepang di Indonesia, berarti memang rasanya otentik.

Pilihan menu-nya nggak sebanyak di tempat asalnya, dan saus kare-nya juga cuma satu pilihan (beef base). Tapi tetep bisa milih spice level dan toppingnya. Supaya tidak binun, sila diliat gambar dibawah:

Siang itu saya pilih Chicken Cutlet Curry dengan extra topping keju. Tingkat kepedasan standard karena sekalian mau ngenalin ke lidahnya Tizi. Dan inilah yang terhidang di depan mata….

Nom nom nomilly nom….

Rasanya slightly beda sama di tempat asalnya, tapi bedanya tipiiiiis banget kok. Tetep enak dan tetep rekomen banget untuk buat dicoba. Apalagi karena disini tanpa diminta sudah menyediakan opsi topping keju. FYI, selama ini kalo makan kare Jepang di Jakarta, tiap kali request extra keju, selalu dapet jawaban “nggak bisa” atau dapet pandangan aneh dari waiter/waitress-nya *keluh*.

Apa kabar anak perempuan kecil yang baru kenalan sama kare Jepang? She loooooved it! Itu jempolnya sampe dikerek, artinya nyamnyam😀

Harganya…. naini. Ini satu-satunya yang kurang asik. Satu porsi nyaris 70 ribu bok! Ya mungkin karena yg disini konsepnya jadi resto, harganya jadi jauh banget dari harga warung. Dan IMHO sih memang agak overpriced. Turunkan doong…..

Gimanapun juga, tetap rekomen kok. Yang anti kare karena rasa dan baunya nusuk, coba deh kare ini. Pasti suka. Dan akhirul kata, semoga bertahan lama, harga diturunkan *teteeep* dan segera buka di selatan Jakarta yaaa.. Oh, dan satu lagi: segera tersedia menu Hayashi Rice yaaa!

Coco Ichibanya Curry House

Grand Indonesia
West Mall – Level 3A
Jakarta

2 thoughts on “Review : Coco Ichibanya

  1. neng fey says:

    di grand indonesia gitu mak warungnya, ya harganya jadi grand juga kalik, coba dia buka warungnya di roxi ato di blok m mall, beda juga kali harganya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: