Bangkok Journey: The Sweets Part

Yuk terusin cerita Bangkok-nya. Udah mangkrak 4 tahun ini hey!

Di cerita sebelumnya, sebelumnya juga dan masih sebelumnya juga (iya, yang sudah 4 tahun lalu itu!), tersebutlah bahwa setelah beberapa hari mencicip rasa otentik local cuisine, baru menyadari bahwa ternyata rasa masakan Thai yang selama ini saya gemari adalah adjusted taste. Rasa otentiknya sendiri sih enak, tapi gak terlalu favorable buat saya. Oleh karena itu, fokus pun bergeser ke dessert khas lokal. Nah ini, baru sukses besar. Enak-enak sekali!

Terjuara adalah Mango Sticky Rice (Ketan Mangga). Ketan diguyur saus santan, dimakan bareng potongan mangga manis dan taburan kacang tolo sangrai. I could eat this all day long. Sebenernya gak suka makan mangga. Tapi kalo mangga dimakan pake ketan, rasanya meningkat 200%. Ada juga ketan duren, tapi too creamy. Harganya sama aja di hampir semua tempat di Bangkok. Setangkup ketan, saus plus 1 mangga (utuh) dijual 120 THB.

a3014579-c637-49d7-bb18-609461a9de92_zpsxxrwlbnn

Belum sah ke Thailand kalo belum minum the famous Thai Iced Tea. Dibanding minuman lain, misalnya soda, harganya lebih mahal. Rata-rata 60-80 THB segelas. Pengen banget sih liat cara bikinnya.  Saya cuma tau konon teh ini dibuat dari seduhan teh hitam dicampur susu, kayumanis, kapulaga, vanilla endesbre endesbre. Sayangnya  gak dapet kesempatan liat langsung cara bikin racikannya.

84243cd6-e691-456e-838d-8ad55723fa74_zpssxkxmlbr

Kalo gak mau repot bikin from scratch, yang kemasan sachet juga banyak. Nestea Thai Tea salah satunya. Harganya sekitar 80-90 THB sebungkus (isi 10 sachet). Ini disarankan banget untuk beli loh.. baik untuk ditenggak sendiri atau buat oleh-oleh. Soalnya rasanya enak banget dan di Indonesia belum pernah liat ada yang jual.  Thai Tea versi botolan juga ada. Sempet beli di airport, cuma gara-gara botolnya lucu.

Nah kalo soal buah-buahan, semua buah yang pake embel-embel BANGKOK sudah jaminan enak dan ukurannya jumbo. Pepaya Bangkok, Nanas Bangkok, Duren Bangkok. Ternyata memang demikian kenyataannya dimari. Dan super bahagia disini bisa makan buah paling enak sedunia…. JAMBU!!

7e573756-4417-49fe-b304-910965b40f36_zpsk2gigoc0

Mirip ya sama yang dijual tukang buah di Jakarta? Banget. Gerobaknya mirip. Debu-debu polusinya juga mirip 😀 Tapi di Bangkok buahnya manis asli, bukan dicelupin ke sakarin. Seplastik dibandrol 20 THB.

44f9db5e-7ef9-44e1-8a81-69f3fdcffccc_zpsp1skp6vl

Jus delima segar, sebotol 40 THB

 

bdf21c58-1370-497c-8428-2bc47701fabb_zps5r67dsoh

Mamang es dung-dung ini mangkal di depan Wat Pho. Jual es rasa kelapa nangka sama kelapa kacang. Harganya lupaaa… 20 THB juga kalo nggak salah.

Aneka topping es campur

 

Masih topping es campur

Luk Chup (kue-kue mini bentuk buah-buahan yang isinya kacang hijau halus)

Kalo mau yang gurih-gurih, ada spring rolls ini juga kok. Isinya macem-macem, ada ikan, kepiting, udang, sayuran

Dan ini juga ada. Apa ini ya, semacem cilok. Lupa namanya… maklum udah lama 😀

Yang suka dessert manis, sepertinya wajib mampir ke Siam Paragon. Di lantai basement penuh outlet yang jual dessert lucu-lucu yang penampakannya juga gemes banget.

 

Lucuuuuuu……

Trus kudu piye ikiiiiii…….

 

Tolooooooonggg…..

Setelah dipelotoin mbak-nya karena kelamaan milih…

Akhirnya…. selesai juga cerita Thailand. *syukuran*

4 hari memang kurang lama dan kurang puas sih untuk nyicipin kekayaan kuliner Thai. Banyak banget yang enak-enak, dan banyak juga yang ekstrim macem kecoa goreng (yang tentunya tak kucicipi, tengkyu). Semoga someday bisa liburan ke sana lagi dan jajan-jajan lagi. Thank you Thailand!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s