Category Archives: Cheese / チーズ

Crustless Spinach Smoked Beef Quiche

Nyuruh Ken-kun makan sayur is my DAILY problem. Ever since we moved back to Jakarta. Berbentuk sayur nyata-nyata jelas gak bakalan dimakan. Semua harus diumpet-umpetin atau dirubah wujudnya. Itupun lebih sering ketauan (dan gak dimakan) daripada lolos masuk perutnya. Mau marah, tapi kata mamah dulu saya kecilnya juga persis kayak Ken-kun. Ini yang namanya kualat kali ya? Ampuni aku ibuuuu…!!

Salah satu cara merubah wujud sayur ya dibikin quiche gini.  Diumpetin, ditibanin tumpukan smoked beef dan keju. Serius deh, gak kerasa lagi makan bayam. Yum yum healthy yum!

Apakah yang ini Ken-kun doyan? Yaaah lumayan lah. At least masuknya lebih mudah daripada masukin sayur bayem jagung. -___-

Anyway, here’s how to make the super easy yummy crustless one 🙂

Continue reading

Arancini

Punya nasi sisa rada banyak? Janganlah dibuang, wahai manusia! Dibumbuin, tambahin apa aja yang ada kulkas atau kasih keju, dibulet-buletin, trus digoreng aja. Lumayan ini buat sarapan.

Bahan:

Nasi sisa semalem. Yang pulen lebih oke.
Wortel kukus, potong dadu kecil-kecil.
Cheddar cheese, potong dadu
Bawang bombay, cincang halus
Bawang putih, cincang halus
Telur 1 butir, kocok
Tepung roti dicampur parmesan parut secukupnya
Garam+merica (yg generasi micin mungkin gak tahan pengen nambahin msg sikit :p)

Cara bikinnya:

– Tumis bawang bombay + bawang putih pakai mentega
– Tambahin wortel, tuang ke nasi.
– Tambahin garam, merica, cheddar cheese. Aduk rata.
– Dibikin bulet-bulet dgn ukuran semaunya. Celup ke kocokan telur, balur pake campuran tepung roti + parmesan parut. Goreng sampai kuning kecoklatan.

(Mind you, kalo pake campuran parmesan di coating-nya, biasanya lebih cepet gosong. Jadi apinya jangan kegedan, gorengnya juga sebentar aja yes..)

 

Super Express Lasagna

Lasagna adalah varian pasta kegemaran, tapi jarang dibuat. Kenapa? Karena ribet bok. Siap-siapin bahannya yang segambreng. Trus bikin saos putihnya. Trus bikin saos dagingnya. Trus rebus lembaran lasagna. Trus melapis-lapisnya. Trus manggangnya. Abis itu? CUCIANNYA!

Makanya, waktu nemu resep ini di blog-nya seerika, girang-girang tak percaya. Di resep ini wajan yang dipake cuma SATU. Skip step bikin saos terpisah. Skip step rebus lasagna. Tinggal udek-udek, dilapis, panggang. Haaaaa? Masa iyaa? Mana mungkiiiin???

Ternyata… MUNGKIN BANGET! Ini bar-buknya…

Continue reading

Picnic Roll

Waktu browsing resep ini, di situs masak bule namanya Sausage Roll. Tapi kalo situs masak orang Indonesia, ganti nama jadi Picnic Roll. Kenapa gitu? Letak pikniknya dimana? Atau ini makanan buat piknik?

Tapi sudahlah… piknik nggak piknik, ngucap syukur Alhamdulillah sekarang bisa bikin sendiri. Bye bye Prima Rasa.. 😀

Picnic Roll

Source: resepnya mbak Ine dan Yongki Gunawan, then self-modified

Bahan-bahan

2 lbr roti tawar, direndam susu sedikit sampe ancur
300gr daging sapi cincang
1 btr bawang bombay, rajang
4 siung bawang putih rajang halus
1 btr kaldu block
1 btr telur, kocok
1 sdm mentega
Garam
Merica
Pala
Lembaran puff pastry (bila anda rajin, sila bikin sendiri. saya pake yang sudah siap aja)
4 btr telur rebus, potong-potong
Keju secukupnya, dipotong julienne

Cara bikinnya:

-Bawang bombay + bawang putih ditumis pakai mentega sampai wangi, angkat.
– Bawang bombay, bawang putih, daging cincang, roti tawar dan kaldu block dicampur jadi satu pake food processor/blender tapi jangan terlalu halus
– Masukkin bumbu-bumbu sama telur, aduk rata dgn spatula/sendok kayu.
– Siapin selembar puff pastry, digilas agak tipis dikit. Tuang adonan daging ditengahnya. Tambahin potongan keju sama telur rebus.
– Lipat/gulung pastry sampai adonan daging ketutup rapet. Jangan ada celah, biar nggak meletus di dalam oven.
– Oles permukaan pastry dgn kuning telur. Panggang suhu 200 derajat kurang lebih 30 menit atau sampai matang.

Kalau nggak mau diproses pake food processor/blender juga bisa. Ini cuman gara2 supaya bawang bombaynya gak kerasa kalo digigit, kalo masih kerasa mak klethus nanti Ken-kun gak mau makan -___-  Jadi daging + roti + bumbu2 + bawang2 + kocokan telur cukup diaduk aja jadi satu sampai lumat.

Gyu Enoki Maki

Favorit baru pak dosen inihh..  Pernah makan Jacko san seperti yang di Takigawa? Nah kira-kira semacam gitu lah. Masakan Jepang model baru mungkin kali ya.., bukan yang konservatif. Tapi Ini enak, enak, enak! Dan bikinnya gampang gampang, gampang! *senang* Buat first timer masak sekalipun tak akanlah kau gagal. Cuma tumis isinya, digulung trus dipanasin di  teflon sebentar. Kelar!

Modalnya emang agak gede sih. Dagingnya saya pilih daging sapi import irisan sukiyaki (jangan shabu-shabu ya, ketipisan). Kenapa import? Ya mau gak mau.. soalnya rata-rata kalo beli irisan sukiyaki, seringnya cuma ada sapi import. Daging sapi lokal buat potongan rendang, sop atau cincang. Saus teriyakinya pun saya ambil yang import asli Jepang. Kenapa import? Ya seperti yang sudah saya ceritain disini, saus teriyaki lokal rasanya kebanyakan jahe. Untuk sayurnya, dipilih asparagus yang gak bisa dibilang murah juga. Tapi ini mah gak wajib. Pake brokoli, wortel atau sayuran lain juga bisa kok. Pak dosen aja tuh yang kembagus minta asparagus :p

And yess, supaya lebih enak, didalam gulungan enoki diselipin potongan keju mozzarella atau keju jenis apapun yang gampang leleh… nyammm 🙂

ps: apakah foto dagingnya tampak seperti lele? Enggak kan ya? Ah emang temen saya yang satu itu aja yang katrok! :p

GYU ENOKI MAKI

Bahan-bahan:

6 lbr daging sapi sukiyaki
1 bungkus jamur enoki, potong pangkal, cuci bersih, pecah-pecahin (diurai gitu lhoh..)
4 sdm saus teriyaki (lebih juga boleh)
Asparagus secukupnya
2 siung bawang putih, cincang
2 sdm minyak wijen
Butter secukupnya
Garam
Merica

Cara bikinnya:

– Campur daging + saus teriyaki dalam wadah, balur rata. Tutup wadah pake cling wrap, simpan di kulkas 30 menit.
– Tumis jamur enoki + minyak wijen + garam + merica sebentar sampai wangi. Pinggirin dulu.
– Lelehkan sedikit butter, masukkan bawang putih cincang, aduk sampai wangi. Masukkan asparagus, tumis sebentar. Pinggirin dulu juga.
– Bentangkan selembar daging sukiyaki, atur sejumput enoki. Taruh seiris keju diatasnya. Lantas digulung, kayak gulung risol gitu lho.
– Lelehkan butter diatas wajan teflon, taruh gulungan daging diatasnya. Panaskan sebentar sampai warna daging merata kecoklatan.
– Angkat. Tambahin mayones diatas dagingnya. Silakan dimakan, pake tumisan asparagus. Tambahin telor ceplok setengah matang.. Surga dunia!

Brownies Kukus Keju Blueberry

Bikin cake kalo coklaaaaat melulu itu lama-lama bosen yes. Tapi begimana, go-shujin dan Ken-chan adalah chocolato-mania. Kalo bikin cake coklat, abisnya cepet. Tapi kalo bikin non-coklat, lamaaaa banget abisnya.. karena ujung-ujungnya cuman saya yang doyan.

Tapi membaca judul kue ini bikin saya nekat bikin. Karena berbahan utama keju.. makanan yang paling saya sukai di dunia ini. Supaya gak plain, saya tambahin blueberry paletta. Enak banget lah.. udah keju, pake blueberry pulak! Dan biarpun waktu liat saya bikin ini go-shujin ngeluarin ekspresi ‘kurang setuju’, ternyata dia doyan! Makanya jek, biar kau ngerti… kue di dunia itu gak cuma coklat!

Konon aslinya pemilik asli resep ini adalah Radin Cake. Tapi saya ubek-ubek website-nya, gak nemu tuh resepnya. Jadi saya copy dari tempat pertama kali saya baca resep ini, yaitu blog-nya mbak Yunita. Resepnya dibaca disana aja yaa… sama plek kok. Cuman bedanya disini pake tambahan lapisan selai blueberry aja. Thanks for sharing mbak Nyutti 🙂


– Ide keju dipotong dadu instead of diparut alus itu brillian ya.. Jadi tambah enak makannya.

– Pardon the pict. Foto memang kurang cakep, karena diambil pake iPhone. Lupa nge-charge kamera 😀

– Komen go-shujin, “Sekali-sekali bikin kue yang gak coklat enak juga ya…” *kemana aja pak????*

Pasta with Cream Sauce

This one is a no-brainer. Easy-peasy yet super yummy!

Enak tidaknya masakan ini tergantung dari jenis keju yang digunakan. So far saya baru nyoba pake cheddar, gouda, parmesan dan parmigiano-reggiano. Mereka satu kaum, maksutnya kaum keju keras, tapi rasanya beda. Paling enak memang parmigiano-reggiano.

Please please please maapin saya… takaran bahannya gak ada. Ini beneran pake feeling bikinnya 😀  Pokoknya takarannya suka-suka situlah.. Buon appetito!

Fettucine Cream Sauce

Bahan-bahan

Pasta (fetuccine / spaghetti) kering
Mentega
Bawang putih, cincang halus
Bawang bombay, cincang halus
Jamur (any kind), rajang
Smoked beef/Beef bacon, rajang
Olive oil
Double cream/ thick cream
Garam
Merica
Daun basil
Oregano

Cara bikinnya

– Didihkan air yang sudah diberi sedikit garam, rebus pasta kering sampai matang. Beri sedikit mentega supaya tdk lengket. Angkat, tiriskan. Sisihkan.
– Panaskan olive oil, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi.
– Masukkan jamur dan smoked beef/beef bacon. Aduk sampai wangi.
– Tuangkan pasta rebus, aduk rata.
– Kecilkan api, tuangkan cream sampai pasta terlumur rata.
– Masukkan keju, garam dan merica. Aduk rata sebentar. Angkat.
– Taburi dengan daun basil dan oregano.

Bitterballen

Bitterballen buatan saya resepnya gak beda sama Kroketten/Kroket Belanda. Gak ada perbedaan rasa, yang ada cuma perbedaan bentuk. Kalau kroket dibentuk silinder, bitterballen dibentuk bulat-bulat kecil. Saya sendiri selalu bikin dua bentuk; kroket buat yang tua-tua, bitterballen buat Ken-chan, yang memang doyan banget snack ini.

Nah kalo ini Si pipi bitterballen! Dia tau loh kalo mustard is the best pairing for bitterballen 🙂

Kroketten

Go-shujin alias bapak’e si Ken-chan doyan bener sama kroket ini. Katanya ini jajanan nostalgia…. karena waktu masih SD dulu, go-shujin pernah 5 tahun tinggal di Belanda. Sekarang kesukaannya menurun juga ke Ken-chan. Tiap kali saya bikin kroket ini, si Ken-chan bisa bolak-balik minta lagi sambil bilang, “Abiiiisshhh…. Agii! Agiii! Agiiiiiii!!!!”(Tereaknya makin kenceng kalo gak dikasih).

Kroket Belanda ini memang gak sama kayak kroket Indonesia yang pakai kentang. Adonannya dibuat dari campuran terigu, daging dan keju. Bikinnya gampang,… tapi pas ngaduk adonan butuh sedikit perjuangan karena mayan berat bo! Kalau mau lebih mantef lagi, bisa ditambah daun-daun bumbu seperti thyme dan laurier untuk memperkaya rasa. Dimakan panas-panas sambil dicocol mustard, hmmmmmmm……. enak banget lah pokoknya!

Kroketten

(Kroket Belanda)

Bahan-bahan

200 gr daging ayam/sapi cincang
100 gr jamur kancing, cincang
150 gr tepung terigu
400 cc susu
100 gr keju Gouda/Cheddar parut
4 sdm mentega
3/4 btr bawang bombay ukuran besar, cincang halus
2 btg seledri, cincang
1 sdm daun parsley cincang
1/2 sdm kaldu ayam/sapi bubuk
Garam, merica, gula, bubuk pala secukupnya

Bahan panir

150 gr tepung panir
Kaldu bubuk dan merica secukupnya
2 btr putih telur, kocok lepas

Continue reading

New York Cheese Cake

I just got a visit from a long lost friend from New York. Though it was only for a while, but felt so great. Especially for we didn’t see each other for more than 15 years!

Maybe because of the visit from that old friend, I felt like making something ‘New Yorker’. That’s why I baked this cheese cake for weekend’s dessert. I didn’t have any sour cream, and just used plain yogurt instead. Still the result was good enough. A wee bit sour but still okay.

(scroll down for recipe in English)

New York Style Cheese Cake

recipe quoted from : http://pennylanekitchen.blogsome.com
source: Majalah Santap

Bahan:

500 g (2 kotak) keju krim (Philadelphia Cream Cheese), lembekkan pada suhu ruang
200 g gula pasir halus (kastor)
1 sdm tepung mazeina
3 butir telur besar (@60 g)
3 sdm jus lemon (air lemon, peras dari lemon segar)
1,5 sdt vanilla extract (Kalau tidak ada, hilangkan. Jangan diganti dengan esens vanili)
1/4 sdt garam
500 ml krim asam (sour cream)


Lapisan orange jelly
, campur dan tim sampai transparan:
125 ml jus orange, saring
3 sdm gelatin bubuk
sedikit pewarna orange (optional)


Peralatan khusus:

– loyang bundar bongkar pasang 20 cm, tinggi 5 cm
– loyang persegi atau roasting pan untuk au bain mari (tingginya jangan lebih tinggi dari loyang bongkar pasang, karena akan menghambat proses pemanggangan)

Continue reading