Category Archives: Pastry

Picnic Roll

Waktu browsing resep ini, di situs masak bule namanya Sausage Roll. Tapi kalo situs masak orang Indonesia, ganti nama jadi Picnic Roll. Kenapa gitu? Letak pikniknya dimana? Atau ini makanan buat piknik?

Tapi sudahlah… piknik nggak piknik, ngucap syukur Alhamdulillah sekarang bisa bikin sendiri. Bye bye Prima Rasa.. 😀

Picnic Roll

Source: resepnya mbak Ine dan Yongki Gunawan, then self-modified

Bahan-bahan

2 lbr roti tawar, direndam susu sedikit sampe ancur
300gr daging sapi cincang
1 btr bawang bombay, rajang
4 siung bawang putih rajang halus
1 btr kaldu block
1 btr telur, kocok
1 sdm mentega
Garam
Merica
Pala
Lembaran puff pastry (bila anda rajin, sila bikin sendiri. saya pake yang sudah siap aja)
4 btr telur rebus, potong-potong
Keju secukupnya, dipotong julienne

Cara bikinnya:

-Bawang bombay + bawang putih ditumis pakai mentega sampai wangi, angkat.
– Bawang bombay, bawang putih, daging cincang, roti tawar dan kaldu block dicampur jadi satu pake food processor/blender tapi jangan terlalu halus
– Masukkin bumbu-bumbu sama telur, aduk rata dgn spatula/sendok kayu.
– Siapin selembar puff pastry, digilas agak tipis dikit. Tuang adonan daging ditengahnya. Tambahin potongan keju sama telur rebus.
– Lipat/gulung pastry sampai adonan daging ketutup rapet. Jangan ada celah, biar nggak meletus di dalam oven.
– Oles permukaan pastry dgn kuning telur. Panggang suhu 200 derajat kurang lebih 30 menit atau sampai matang.

Kalau nggak mau diproses pake food processor/blender juga bisa. Ini cuman gara2 supaya bawang bombaynya gak kerasa kalo digigit, kalo masih kerasa mak klethus nanti Ken-kun gak mau makan -___-  Jadi daging + roti + bumbu2 + bawang2 + kocokan telur cukup diaduk aja jadi satu sampai lumat.

Advertisements

Beef Wellington

Hai.. Halo.. Hola..

Slamat Tahun Baru semuanyaa! Semoga tahun 2014 ini kita sehat, kita senang, kita makmur. Bisa dapet amin disini? *AMIIIIIIIIIIN*

To recap, tahun 2013 berjalan cukup menyenangkan, walopun ada titik-titik bokek disana-sini 😀 Tersenang adalah kita memulai pembangunan rumah. FINALLY! MILIK SENDIRI! Belom selesai sih.. tapi pakdosen sudah menjanjikan dapur keren buat tempat bermain saya. Awas ya! Bener ya!

Tahun kemarin ada beberapa masakan yang ditargetkan harus bisa bikin sendiri. Dan alhamdulillah satu kesampean. Iya, cuma satu. Si Beef Wellington ini. Ngikutin Gordon Ramsay dari Youtube. Keliatannya gampang yaaa..

Jadinya malah kayak roti buaya -_______-

Tapi happy deh sama mushroom duxelle-nya. Sekarang jadi paham kenapa di resto vegetarian jamur dipakai untuk menggantikan daging. Soalnya setelah di-duxelle gini rasa dan teksturnya emang mirip daging cincang. Tapi tidak happy sama beef ham-nya. Asin!! *note to self: jangan beli beef ham lagi di foodhall*

Yah, kalo Gordon Ramsay bilang gampang, itu kata dia! Buat kita belom cencuu.. Harus bikin 2-3 kali lagi kayaknya ya, biar jago nggulungnya, dan pas diiris gulungannya rapet gak lepas-lepas. But all in all, i had a lot of fun making this 🙂 Untuk sausnya, mushroom sauce kurang cocok ternyata ya. Lebih oke pake gravy sauce atau bbq sauce.

And here’s the recipe to follow:

http://www.youtube.com/watch?v=FS8u1RBdf6I (part 1)
http://www.youtube.com/watch?v=fFWDzxbg5MI (part 2)

HAVE FUN !!

– Dagingnya saya pake tenderloin import.
– Utk duxelle, saya pake champignon.
– Parma ham diganti pake beef ham.
– Pastry-nya oh tidak bikin sendiri! Pake frozen pastry lah.

Eclair

Di bulan puasa tahun lalu, ada ‘tragedi’ yang nyaris bikin orang serumah gak bisa puasa. Gara-gara beli eclair di sebuah toko kue buat pemanis buka puasa, dan ternyata eclair-nya sudah gak layak dimakan. Kami yang sudah terlanjur menelan beberapa gigit sempet kena serangan mules-mules.. yang untungnya bisa berhenti menjelang sahur.

Buat buka puasa hari ini kepengen eclair lagi, tapi daripada tragedi tahun lalu terulang lagi, jadi ini nyoba bikin sendiri.  Hasil akhirnya, bentuknya rada aneh… tapi rasanya lumayan asik dan jelas-jelas gak membahayakan usus.

Eclair

Bahan kulit: Resep Dasar Choux Pastry

Source: Terampil Membuat Cake & Pastry – Yasaboga

(klik disini ya kalo mau liat resep kulit dan cara bikinnya)

Bahan Isi :

400 cc susu cair
2 btr kuning telur, kocok
100 gr gula
30 gr tepung custard
20 gr tepung mazeina
1 sdm coklat bubuk

Continue reading

Chubby Choux

Choux pastry, atau kalau di Indonesia dipanggilnya kue sus, emang selalu disukai orang. Gak peduli orang apa aja. Termasuk di Jepang sini, kue ini juga ngetop banget dengan sebutan シュークリム (syu kurimu) (iyaaa.. lidah Jepang kalo ngomong choux ala creme emang gituuuu….gak usah bingung!)

Buat temen minum teh tengah malem (soalnya kita hampir gak pernah nge-teh sore-sore, seringnya minum teh tengah malem sambil nonton DVD), saya nyoba bikin kue ini. Setelah deg-degan takut jadinya ambleg dan basah, ternyata hampir semuanya sukses ngembang gendut-gendut. Yihaaaaa….!! Yang lama sih manggangnya… karena oven saya cindil banget, jadi satu batch cuman nyukup 5-6 biji. Terpaksalah mesti bolak-balik manggang.

Untuk resep kulit sus-nya saya ambil dari buku Yasaboga. Sedangkan untuk isinya… berhubung kita lagi bosen makan yang manis-manis niiiiy (tumben!!)… jadi diisi ragout asin dengan resep seperti untuk isian risoles ragout.

Soes Ragout Asin

Resep Dasar Choux Pastry
Source: Terampil Membuat Cake & Pastry – Yasaboga

Bahan-bahan

150 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
100 gr mentega tawar
250 cc air
4 btr telur

Continue reading

Advertisements