Savoury Cookies

If I had to choose between baking cakes and baking cookies, I would rather take the first one. I like cookies, but am too lazy to bake them, let alone shaping them one by one. But if I really had to bake them, I would definitely go for the savoury ones. Just like these ones….

I really love the taste. For me these cookies are so irresistible that I can’t help nibbling more and more. I got the recipe from my mom’s old notes, and my mom got it from old cooking magazine from the late 70s, Mahkota Selera, which is even no longer being published. My mom always bakes these every Idul Fitri and once in a while for daily snack. So this is really one of the tastes of my childhood.

(for recipe in Bahasa Indonesia, please scroll down)

Savoury Chicken Consomme Cookies

source: Mahkota Selera

Ingredients

300 gr butter (at room temperature)
400 gr all-purpose flour
1 tbs chicken consomme powder
1 egg yolk
1 egg yolk for brushing

Directions

– Preheat oven to 200 C degree.
– Brush the oven tray with butter and sprinke lightly with flour.
– Mix butter, flour, consomme powder and egg yolk in a big mixing bowl. Beat with wooden spoon until incorporate. Knead the dough until it forms smooth dough and not sticky.
– Shape the dough into small balls, and place on the tray. Flatten slightly with fingers.
– Brush the surface with egg yolk using pastry brush.
– Bake for 15 minutes or until golden brown.

————————————–

Cookies Kaldu Ayam

source: Mahkota Selera

Bahan-bahan

300 gr mentega (suhu ruang)
400 gr terigu
1 sdm kaldu ayam bubuk
1 kuning telur
1 kuning telur untuk olesan

Cara bikinnya

– Panaskan oven suhu 200 derajat Celcius.
– Olesi loyang kue kering dengan mentega dan taburi tepung.
– Semua bahan diaduk rata pake sendok kayu.Uleni dengan tangan sampai kalis.
– Bentuk bulat-bulat kecil, letakkan di atas loyang. Tekan dengan jari sampai agak pipih.
– Olesi permukaan kue dengan kuning telur.
– Bakar selama 15 menit atau sampai matang kuning kecoklatan.

Advertisements

Bitterballen

Bitterballen buatan saya resepnya gak beda sama Kroketten/Kroket Belanda. Gak ada perbedaan rasa, yang ada cuma perbedaan bentuk. Kalau kroket dibentuk silinder, bitterballen dibentuk bulat-bulat kecil. Saya sendiri selalu bikin dua bentuk; kroket buat yang tua-tua, bitterballen buat Ken-chan, yang memang doyan banget snack ini.

Nah kalo ini Si pipi bitterballen! Dia tau loh kalo mustard is the best pairing for bitterballen 🙂

Kroketten

Go-shujin alias bapak’e si Ken-chan doyan bener sama kroket ini. Katanya ini jajanan nostalgia…. karena waktu masih SD dulu, go-shujin pernah 5 tahun tinggal di Belanda. Sekarang kesukaannya menurun juga ke Ken-chan. Tiap kali saya bikin kroket ini, si Ken-chan bisa bolak-balik minta lagi sambil bilang, “Abiiiisshhh…. Agii! Agiii! Agiiiiiii!!!!”(Tereaknya makin kenceng kalo gak dikasih).

Kroket Belanda ini memang gak sama kayak kroket Indonesia yang pakai kentang. Adonannya dibuat dari campuran terigu, daging dan keju. Bikinnya gampang,… tapi pas ngaduk adonan butuh sedikit perjuangan karena mayan berat bo! Kalau mau lebih mantef lagi, bisa ditambah daun-daun bumbu seperti thyme dan laurier untuk memperkaya rasa. Dimakan panas-panas sambil dicocol mustard, hmmmmmmm……. enak banget lah pokoknya!

Kroketten

(Kroket Belanda)

Bahan-bahan

200 gr daging ayam/sapi cincang
100 gr jamur kancing, cincang
150 gr tepung terigu
400 cc susu
100 gr keju Gouda/Cheddar parut
4 sdm mentega
3/4 btr bawang bombay ukuran besar, cincang halus
2 btg seledri, cincang
1 sdm daun parsley cincang
1/2 sdm kaldu ayam/sapi bubuk
Garam, merica, gula, bubuk pala secukupnya

Bahan panir

150 gr tepung panir
Kaldu bubuk dan merica secukupnya
2 btr putih telur, kocok lepas

Continue reading

Chubby Choux

Choux pastry, atau kalau di Indonesia dipanggilnya kue sus, emang selalu disukai orang. Gak peduli orang apa aja. Termasuk di Jepang sini, kue ini juga ngetop banget dengan sebutan シュークリム (syu kurimu) (iyaaa.. lidah Jepang kalo ngomong choux ala creme emang gituuuu….gak usah bingung!)

Buat temen minum teh tengah malem (soalnya kita hampir gak pernah nge-teh sore-sore, seringnya minum teh tengah malem sambil nonton DVD), saya nyoba bikin kue ini. Setelah deg-degan takut jadinya ambleg dan basah, ternyata hampir semuanya sukses ngembang gendut-gendut. Yihaaaaa….!! Yang lama sih manggangnya… karena oven saya cindil banget, jadi satu batch cuman nyukup 5-6 biji. Terpaksalah mesti bolak-balik manggang.

Untuk resep kulit sus-nya saya ambil dari buku Yasaboga. Sedangkan untuk isinya… berhubung kita lagi bosen makan yang manis-manis niiiiy (tumben!!)… jadi diisi ragout asin dengan resep seperti untuk isian risoles ragout.

Soes Ragout Asin

Resep Dasar Choux Pastry
Source: Terampil Membuat Cake & Pastry – Yasaboga

Bahan-bahan

150 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
100 gr mentega tawar
250 cc air
4 btr telur

Continue reading

Step-by-step: Risoles Keju

Tuluuuuuuung…. ada orang-orang yang ngancem minta diajarin bikin risoles keju, entah gimana caranya pokoknya harus sukses! Saya dituntut buka kelas… padahal gimana ngajarinnya coba, saya disini dan ente-ente semua ada disana??!

Nah makanya hari ini postingan risoles keju saya ulang lagi, tapi kali ini pake foto step-by-step, mumpung punya foto step-by-step buat postingan forum. Buat Lisa, Eka, Senty (Sing), mbak Yovie.. nih, kutimbuni kalian…

Bahan-bahannya:

ini bahan-bahannya sama aja kayak bahan di Indonesia, cuman kalo yang ini pake tulisan bahasa dewa..!

komposisi bahan kulit liat disini, untuk bahan isi liatnya disini..

Cara bikinnya:

1. Kocok telur sampai berbuih, terus tuang susu dan garam. Aduk-aduk pakai whisk (kocokan kawat).

2. Tuang terigu sedikit-sedikit sambil diayak, aduk rata, jaga jangan sampai menggumpal. Kalo perlu, adonannya disaring lagi biar bebas dari gumpalan-gumpalan terigu. Nanti hasil akhirnya kulitnya bisa mulus.

3. Olesin wajan dadar dengan sedikit minyak (pake kuas.. dioles yang rata) kemudian panaskan wajan.

4. Tuang kira-kira 1 sendok sayur adonan (segede sendok yang difoto itu lho..), goyang-goyangin biar rata menyebar ke permukaan wajan. Bikin dadar tipis-tipis. Kalo udah matang, angkat hati-hati.

5. Siapin bahan-bahan isi. Keju dipotong-potong, smoked beef dipotong-potong, telur dipotong-potong… Saya motong telornya pake alat pemotong telur (beli di ¥100 shop), kayak gini.. tapi potong pake piso biasa juga jadi.

6. Ambil selembar kulit, atur bahan isi ditengahnya

7. Lipat dan gulung kulit seperti silinder, dipadetin biar gak ambrol.

8. Celup ke kocokkan telur, balur pakai tepung panir.

9. Goreng di minyak panas dan banyak sampai kuning kecoklatan

10. Slesai!! Tinggal makan…

Udah tu… kalo masih belom bisa juga wes jyan.. kebangeten tenan….

Wrap Up!!

Kalo lagi iseng, ini bisa buat cemilan sore-sore…

Kalo lagi tidak iseng, bisa buat temennya makan soto mie..

Risol Bihun

Bahan-bahan

2 ikat bihun kering*
10 lbr kulit lumpia siap pakai
3 siung bawang putih
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan
1-2 sdm kecap manis
1 sdt kaldu ayam bubuk
Garam, merica secukupnya

Cara bikinnya

– Seduh bihun kering sampai lunak, tiriskan kemudian potong pendek-pendek.
– Tumis bawang putih sampai wangi, kemudian masukkan bihun. Aduk sampai matang.
– Tambahkan bumbu-bumbu dan saus, aduk rata. Angkat.
– Bungkus bihun dengan kulit lumpia, gulung menyerupai silinder.
– Goreng hingga matang kecoklatan. Angkat.

– Bagi kalian wahai para warga Indonesia yang tinggal di Jepang, kalo mau bikin ini kayaknya jangan pake bihun lokal Jepang yang dijual di supermarket. Saya pernah pake, buset…. kaku banget coy! Ketebelan kayaknya… jadinya kurang enak, gak alus. Jadi mendingan pakai bihun yang dijual di toko bumbu Asia, atau yang di Tokyo bisa cari di pasar basement Ueno. Saya sendiri belinya di Kaldi, toko favorit saya.

…i just can’t get enough…

Owwwh saya sukaaaaaaa sekali sama snack yang ini… semua yang saya senengin ada disini: keju, daging asap, telur, susu.. kurang apa coba?? Kalo makan ini gak kerasa tau-tau udah abis banyak aja. Soalnya emang enak bangeeet… really just can’t get enough..

Bikinnya juga jauh lebih simpel ketimbang risol biasa yang ribet banget. Cuman bikin risol begini rada-rada susah di Jepang, soalnya disini hampir gak pernah nemu yang jual smoked beef. Kalaupun ada yang jual, harganya juga gak terjangkau sama saya. Mau diganti ayam? Aaaaah… kurang asik!!

Makanya waktu mau pulang kesini dari Jakarta kemarin, saya nekat bawa berkantong-kantong daging asap, diselundupin diantara baju-baju. Untuuuuung waktu pas cek custom di airport Narita, officer-nya malah main cilukba sama si Ken-chan… jadi koper saya gak disuruh bongkar dan daging asep saya lolos…!

Risoles Keju Daging Asap

Bahan-bahan

– Bahan kulit:

bahan-bahan dan cara bikinnya bisa liat disini

– Bahan isi:

Daging asap, potong-potong
Telur rebus, potong-potong
Keju slice, potong-potong
Mayonaise

Continue reading