Thai Tonight!

Orang yang punya hobi makan memang paling nggak bisa diajakin ngomongin makanan tepat sebelum tidur. Cuma gara-gara tengah malem ngobrolin kecap ikan, trus langsung resah. Pengen buru-buru makan Tom Yum Soup…

Besoknya hujan seharian. Cuacanya dingiiiin.. Bahkan cuaca memberi dukungan buat makan Tom Yum! Supaya pakdosen nggak ribut mempertanyakan mana dagingnya, jadi mari kita hadirkan juga Thai Beef Basil, dan untuk minum ada Hot Lemongrass Tea. Selamat makan di Pattaya ala-ala!

img_1915

Continue reading

Advertisements

Smoked Beef Cream Soup

Seperti yang diberitakan di TV, hujan yang awet bikin banjir dimana-mana. Simpati untuk mereka yang kebanjiran. Been there, buddies! Tiga tahun tinggal di Kebayoran kebanjiran mulu. Iya, Kebayoran! Sering banget diceletukin, “Masa Kebayoran banjir?” Nyatanya demikian. Hiks. Pernah pada suatu hari pakdosen pulang dari kampus, mobilnya terpaksa diparkir di Pati Unus, dan dia pulang naik…… perahu karet! Asik loh.. perahunya bisa ngambang masuk sampe garasi, jadi pak dosen turun persis di teras :)))  Perahu itu punya tetangga sebelah. Mungkin saking empetnya, dia beli sendiri. Tiap kali banjir, perahunya dikeluarin untuk dipake orang-orang sekitar. Yang paling bete itu bersihin basian banjirnya. Nyerokin air rasanya gak abis-abis. Makanya… gak suka banget deh sama mantan gubernur yang bilang itu bukan banjir tapi genangan. SETINGGI PERUT ITU GENANGAN??!

Bersyukur banget tempat tinggal sekarang alhamdulillah wa sukurilah bebas banjir (dan bersyukur gubernurnya udah ganti!). Dingin-dingin hujan gini bisa duduk nyaman dan manis makan yang anget-anget. Makan apa? Makan iniii….

Salah satu makanan favorit musim hujan, karena biasanya musim begini pada sentrap sentrup pilek dan males ngunyah. Serve it with any kind of bread. Baguette, croissant, croutons atau roti tawar biasa. Definitely comforting 🙂

SMOKED BEEF CREAM SOUP

Bahan-bahan:

400 ml susu cair
100 ml double cream/thick cream
3 sdm terigu
300 ml kaldu ayam/sapi
Smoked beef, secukupnya. Potong-potong.
3 sdm mentega.
Garam, merica, pala.
Seledri, rajang halus.

Cara bikinnya:

– Lelehkan 1 sdm mentega,masukkan smoked beef. Aduk sampai wangi. Angkat. Sisihkan.
– Lelehkan sisa mentega, masukkan terigu. Aduk-aduk rada cepet dan api jangan terlalu panas, jangan sampe gosong.
– Tuang susu sedikit-sedikit sambil diaduk, jangan sampe menggumpal.
– Tuang kaldu. Masukkan garam, merica, pala. Cicip sampe rasanya pas.
– Tambahkan double cream, aduk sampai kental. Persis setelah mulai mendidih, matikan api. Angkat. *Konsistensi sup silakan ditentukan sendiri ya kakak-kakak.. kalau kekentelan, bisa tambahin susu. Kalau kurang kentel, bisa tambahin double cream atau larutan terigu sedikit.*
– Masukkan smoked beef, aduk rata. Taburi rajangan seledri.

Selesai 🙂

Soto Madura

Terus terang seterang-terangnya, saya rada lupa rasa soto Madura itu seperti apa. Terakhir kali makan waktu lagi nonton bareng final Piala Dunia 98. It means…udah 14 taun yang lalu ya. Saya masih langsinggg sekali. Sekarang nyoba bikin sendiri, lah rasanya kok mirip-mirip sama rasa soto ayam yang biasa dimasak dirumah? Cuman soto madura ini rasa kaldunya lebih gurih karena pake kaldu daging. Apa resep soto ayam yang biasanya itu sebenernya resep soto madura? Ah sutralah..pokoknya enak! *ngokop kuah soto*

Resepnya saya ambil dari buku keluaran Yasa Boga. Berhubung masih penasaran, rencananya (rencananyaaaaa…) akan nyoba bikin soto madura lagi dari resep yang beda. Mungkin dari bukunya bu Sisca atau bu Marahimin. Atau ada yang bersedia bagi-bagi resep soto madura andalan? Silakan lhoo…

SOTO MADURA

source: Menu Sehari-hari & Akhir Pekan Yasa Boga Volume 3

Bahan-bahan:

500 gr daging sengkel, iris tipis, rebus matang
1500 ml kaldu perebus daging
2 btg serai, memarkan
5 lbr daun jeruk purut
250 gr soun, rendam air hingga mengembang, tiriskan dan sisihkan
200 gr tauge pendek, siram dengan air mendidih
Daun bawang – seledri, iris halus
Bawang merah goreng
Jeruk nipis

Bumbu dihaluskan:

5 siung bawang putih
4 buah kemiri sangrai
1 sdt jahe, cincang
2 sdt kunyit cincang
1 sdt merica bulat
1 sdt garam

Caranya:

Dengan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk hingga matang dan harum. Masukkan ke panci berisi daging serta kaldu, sisihkan.

UDAH!!

Serius, emang di buku caranya cuman gini doang. Asik kan?! Bahan pelengkap tinggal ditata di mangkok, dikasi potongan daging trus disiram kuah soto panas-panas. Makan pake nasi, perkedel kentang, telur pindang plus keceran jeruk. Gampil, jonih!

Finally… Homemade Curry Rice!

Oh akhirnyaaaaaa….. Setelah lama sesumbar ke pak dosen “Aku bisa bikin kare Jepang sendiri!” dan janji-janji surga ke pak dosen “Nanti aku bikinin deh!” Akhirnya terlaksana juga! Bikinnya gampang, yang agak lama mah bikin dagingnya supaya empuk. Konon kata penyanyi sekaligus jagoan masak Wada Akiko, dese bikin kare perlu 2 hari bok.. biar empuk ngeresep. Etapi aku masih curang.. rouge-nya masih pake curry block. Cuman tetep lah yaaa disetir-setir sedikit biar rasanya oke. Pake curry block polosan gitu aja tuh gak enak, tauk!

Baiklah, dengan disponsori oleh S&B, saya persembahkan…

JAPANESE CURRY RICE

Bahan-bahan:

350gr daging sapi, potong kotak menurut serat
1 btr bawang bombay, potong-potong, blender (agak) halus
1/2 btr bawang bombay, rajang
2 ltr air
2 btr curry block
1 btr apel merah
2 sdt bubuk kari
Garam
Merica
Gula pasir

Cara bikinnya:

– Panaskan 2 sdm minyak di panci, tumis bawang bombay blender sampai wangi

– Masukkan daging. Aduk-aduk sampai berubah warna.

– Tuang air, masukkan curry block. Rebus dan aduk-aduk sampai daging empuk dan kuahnya mengental. Ya emang rada lama sih..

– Kalau daging sudah empuk, masukkan potongan bawang bombay dan apel. Di detik ini seisi dapur wangiiii bener deh.

– Masukkan garam, merica, gula pasir dan bubuk kari. Cicip sampai rasanya pas. Didihkan.

– Angkat, tuang keatas nasi panas. Lebih enak lagi kalau ditambah parutan keju leleh…

Seperti biasa kalo saya masak, kare ini tidak pedas. Jadi kalo suka pedas, silakan tambahin sendiri cabe giling atau cabe bubuk ke kuah kare. Daannnn tentu saja ini belom final loh!! Saya masih berambisi sangat besar bikin kare Jepang tidak pake curry block…. asli murni 100% from the scratch!! Kalo bisa seenak kare bikinannya Umezawa Tomio. Ganbarimasu!!!

Lontong Sayur

Kemaren saya baca2 resep gegara pengen bikin lontong sayur. Banyak macem ya bok, si lontong sayur indang.. Ada lontong sayur betawi, lontong sayur padang, lontong sayur medan. Akhirnya bikin lah versi yang ini, gak jelas versi apa… mungkin lebih mirip versi Betawi ya..

Warna kuahnya putih, karena saya emang gak suka pake kunyit. Bikin opor pun selalu tanpa kunyit. Santan dipake tapi nggak banyak dan cair aja, karena saya kepengen bikin sayur yang rasanya ringan. Plus tidak pake terasi, karena gak punya. Hasilnya, iiiissshhhh…. sedep banget!! *elus-elus perut*

    WARNING

: ini versi lidah cemen pedes yaaa…alias gak pake cabe samsek. Sengaja, supaya Ken-kun bisa ikutan makan. Buat saya sih pedesnya cukup dari rendang aja. Kalo pengen pedes, cabe sejumlah sesuka hati tinggal diulek bareng bumbu halusnya.

Next project pengen bikin lontong sayur medan ahhh….

20120123-221318.jpg

Bahan Sayur Godok :

Kacang panjang, cuci bersih, potong-potong
2 buah labu siam, cuci bersih, kupas, potong korek
8 btr kemiri
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
2 cm lengkuas, geprek
2 btg serai, geprek
3 lembar daun salam
200 cc santan cair
2 ltr air
2 sdt gula pasir
Garam
Merica

Cara bikinnya:

– Haluskan kemiri, bawang merah, bawang putih dan ketumbar.
– Tumis bumbu halus dalam panci dgn sedikit minyak, tambahkan salam, serai dan lengkuas.
– Tuangkan santan, aduk-aduk supaya nggak pecah
– Tambahkan air, gula, garam, merica. Didihkan sambil diaduk.
– Masukkan kacang panjang, masak sampai kacang lumayan empuk.
– Terakhir masukkan labu siam, masak kembali sampai mendidih.
– Mari makan… pake lontong, rendang, telor rebus dan krupuk… Nyam nyammmm

Tahu Bakso Kuah

20111223-185747.jpg

Mumpung diluar gerimis mengundang… mengundang lapar maksutnya. Butuh kehangatan? Jangan minta peluk sama saya, tapi bikin aja bakso tahu kuah… Perut kenyang, badan hangat, hati syenang..

TAHU BAKSO KUAH

Bahan-bahan:

Tahu putih, potong segitiga
Daging cincang secukupnya
4 siung bawang putih, keprek
Sawi, potong-potong
Garam
Merica
Gula
1,5 ltr kaldu sapi / ayam
Tepung terigu
Bubuk kaldu secukupnya

Cara bikinnya:

– Keruk isi tahu, diteken-teken pake sendok biar ancur
– Campur kerukan tahu, daging cincang, garam sama merica
– Masukan campuran tahu – daging ke dalam lubang bekas kerukan tahu. *bahasanya aneh ni…tapi paham kan ya maksutnya?*
– Campur terigu dgn bubuk kaldu, larutkan dengan air. Tapi airnya jangan banyak2, cukup sampai kental aja.. jangan keenceran
– Celup tahu ke larutan tepung, kemudian goreng sampai kecoklatan. Angkat, tiris, sisihkan.
– Tumis bawang putih dengan sedikit minyak di panci sampai wangi
– Tuangkan kaldu, masak sampai mendidih
– Tambahkan garam, merica dan gula. Masukkan sawi, aduk sebentar.
– Masukkan tahu isi, didihkan.
– Selesai…. Yuk makan..

Sup Tofu Bawang

Yang lagi flu, pilek, batuk, saluran pernafasan terganggu, bernafas seperti ikan (pake mulut karena hidung bumped)….. yiuuukk makan sup ini deh. Rasanya enteng, tapi enak banget dan menghangatkan. Bikinnya gampang pula. Coba bawang bombay-tofu-smoked beef dikunyah bareng-bareng sambil kuahnya diseruput, …..wuiiihh!

[Tapi… PENTING ni… saya nggak ngikutin plek-plek resep aslinya, soalnya kaget baca takaran garamnya. Dua sendok makan? Gak kelebihan tu?? Saya cuma pake sejumput dan udah cukup kok. Dan disana-sini juga saya rubah dikit2, menyesuaikan sama ketersediaan bahan di kulkas. Please cekidot notes dibawah yaa]

Anyway, serve it hot,.. enjoy!

Sop Tofu Bawang

source : Detikfood then self modified

Bahan-bahan

1 sdm minyak sayur
1/2 sdt minyak wjien*
1 siung bawang putih**, memarkan, cincang
50 gr bawang bombay, iris tipis
1 batang bawang daun, iris kasar
2 lbr daging asap, potong kasar
750 gr kaldu ayam kampung
300 gr tofu/tahu sutra panggang/polos***, potong-potong
1/2 sdt merica hitam, memarkan agak kasar
2 sdm garam****
75 gr daun sawi, potong-potong 3 cm

Cara membuat

– Tumis bawang putih, bawang bombay dan daun bawang hingga layu
– Masukkan daging asap, aduk hingga kaku
– Tambahkan kaldu ayam, didihkan dengan api kecil
– Tambahkan tofu dan bumbu, didihkan kembali
– Masukkan sawi, didihkan hingga layu
– Angkat, sajikan panas.

* Takaran minyak wijen saya tambahin jadi 1 sdm, supaya aromanya lebih wangi

** Pemakaian bawang putih ditambah jadi 4 siung, dicincang halus. Kan katanya bawang putih bagus buat mengobati flu, toh?

*** Saya pake tofu telur, dibalur mazeina sedikit dan digoreng sebentar sampai kekuningan sebelum dicemplung ke sup.

**** Garam… nah ini penting! Kalo kata saya sih jangan langsung cemplung 2 sendok makan ya.. takutnya keasinan (banget). Saya cuma pake sejumput, kira-kira 1/2 sdt dan udah cukup asin kok.