Rosemary Roast Chicken

Sering ngiler duluan kalo baca resep daging apapun di-roast. Ngebayangin wanginya pasti merebak kemana-mana. Kayak resep yang ini nih…

Rosemary, bawang putih sama lemon. Dan pas mateng, wanginya bikin lapeeeer..

Tapi… seperti biasa. Tiap bikin panggang-panggangan, anak-suami gak semangat. Mereka baru nggragas kalo dagingnya direndang, diopor, digoreng, dibalado… Hih!!!

Anyway, ini resepnya layak tampil kok. Gampang banget pula. Paling cuma perlu menyesuaikan antara besarnya ayam, waktu pemanggangan sama sifat oven masing-masing. Enak dimakan bareng nasi atau grilled potatoes, plus gravy/mushroom sauce. Happy roasting! ๐Ÿ™‚

Continue reading

Advertisements

Crustless Spinach Smoked Beef Quiche

Nyuruh Ken-kun makan sayur is my DAILY problem. Ever since we moved back to Jakarta. Berbentuk sayur nyata-nyata jelas gak bakalan dimakan. Semua harus diumpet-umpetin atau dirubah wujudnya. Itupun lebih sering ketauan (dan gak dimakan) daripada lolos masuk perutnya. Mau marah, tapi kata mamah dulu saya kecilnya juga persis kayak Ken-kun. Ini yang namanya kualat kali ya? Ampuni aku ibuuuu…!!

Salah satu cara merubah wujud sayur ya dibikin quiche gini.ย  Diumpetin, ditibanin tumpukan smoked beef dan keju. Serius deh, gak kerasa lagi makan bayam. Yum yum healthy yum!

Apakah yang ini Ken-kun doyan? Yaaah lumayan lah. At least masuknya lebih mudah daripada masukin sayur bayem jagung. -___-

Anyway, here’s how to make the super easy yummy crustless one ๐Ÿ™‚

Continue reading

Review : Coco Ichibanya

Kalo ditanya, apa yang paling dikangenin dari Jepang? Jawabannya bisa dua lembar folio bolak-balik, tapi pasti ada kata KARE keselip.

Sama seperti potato gratin, kare bukan makanan asli Yapan. Tapi sudah di Yapanisasi, mengandung unsur modifikasi dan inovasi, sampe akhirnya jadi salah satu makanan favorit khas Yapan. Ibarat sayur sop di rumah keluarga Indonesia, kare juga jadi masakan rumahan keluarga sana. Orang Jepang nyebutnya KARE, bukan kari. Kare Jepang rasanya kayak apa sih? Ya masih satu rumpun rasa lah ya sama kare India, tapi citarasanya jauh lebih ringan, gak serumit kare India dan baunya gak menusuk. Cenderung gak pedes, karena dasarnya orang Jepang gak bisa makan pedes. And by the waaaaaaay, saya pernah bikin sendiri juga loh. Intip resepnya disini ๐Ÿ˜€

Banyaaaak banget yang jual kare di Jepang, sampe di dalem Disneyland pun ada. Tapi yang paling favorit dan seru buat didatengin adalah Coco Ichibanya. Seru karena pake metode PILIH SENDIRI KAREMU!! SAK KAREPMU!! Customer bisa pilih dari sekian banyak signature curries. Tapi kalo mau customize juga bisa. Pilih sendiri besar porsinya (diitung pake gram.. lucu yaaa ๐Ÿ™‚ ), jenis saus kare-nya, level pedasnya sampe toppingnya apa. Tambah seru lagi karena pilihannya banyak! Malah di beberapa gerai Coco Ichibanya di Tokyo, customer milih-milih kare bukan dari buku menu, tapi pake vending machine yang ada di luar gerai. Pencet-pencet, masukin uangnya, keluar struk, baru masuk ke dalem. Ih asik! Harganya sekitar 600 yen-an seporsi, agak sedikit mahal untuk ukuran warung di Jepang, tapi gak rugi lah. Did I say warung? Yes. Memang ini terhitung ‘warung’ kok buat orang Jepang ๐Ÿ™‚

Saus kare-nya ada tiga jenis: pork base, beef base dan hayashi sauce (demi-glace base). Isi kare-nya macem-macem banget, mulai dari berbagai olahan sapi, ayam, seafood sampai sayuran. Toppingnya ada jagung, telur rebus, bacon, bawang, etc. Kalo soal rasa… oh aku cintaaaa! Biasanya makan apapun iklas menyisihkan sekian persen untuk sedekah disikat pak dosen, tapi makan kare Coco Ichibanya tidak ada bagi-bagi. Nehi! Semua licin tandes masuk mulut sendiri. Terfavorit adalah Pari Pari Chikin Curry extra topping keju leleh. It’s-Oh-So-Good.

Iya, segitu sukanya kami sama kare Jepang. Makanya langsung sorak sorei waktu tau Coco Ichibanya buka cabang di Jakarta! Dari tempat tinggal di selatan Jakarta, kita membelah macet ke Grand Indonesia, cuma untuk melepas rindu sama kare.

Continue reading

Arancini

Punya nasi sisa rada banyak? Janganlah dibuang, wahai manusia! Dibumbuin, tambahin apa aja yang ada kulkas atau kasih keju, dibulet-buletin, trus digoreng aja. Lumayan ini buat sarapan.

Bahan:

Nasi sisa semalem. Yang pulen lebih oke.
Wortel kukus, potong dadu kecil-kecil.
Cheddar cheese, potong dadu
Bawang bombay, cincang halus
Bawang putih, cincang halus
Telur 1 butir, kocok
Tepung roti dicampur parmesan parut secukupnya
Garam+merica (yg generasi micin mungkin gak tahan pengen nambahin msg sikit :p)

Cara bikinnya:

– Tumis bawang bombay + bawang putih pakai mentega
– Tambahin wortel, tuang ke nasi.
– Tambahin garam, merica, cheddar cheese. Aduk rata.
– Dibikin bulet-bulet dgn ukuran semaunya. Celup ke kocokan telur, balur pake campuran tepung roti + parmesan parut. Goreng sampai kuning kecoklatan.

(Mind you, kalo pake campuran parmesan di coating-nya, biasanya lebih cepet gosong. Jadi apinya jangan kegedan, gorengnya juga sebentar aja yes..)

 

Salmon Salad

Lettuce dicuci sampe bersih, disobek-sobek, dicampur sama irisan salmon mentah, lantas dikasih goma dressing (goma sauce). Enaknya keterlaluan deh!

– Sayurannya bisa pake apapun. Wortel, timun, mesclun, kol merah, anything you like.

– Salmon cari yg sesegar mungkin dan urusan iris mengiris mendingan serahkan pada ahlinya. Pake maguro juga bisa. Pake udang juga bisa, tapi kupas-rebus dulu.

– Goma dressing ini bisa dibeli di Foodhall atau Ranch Market. Judulnya Kewpie Roasted Sesame.

 

 

Super Express Lasagna

Lasagna adalah varian pasta kegemaran, tapi jarang dibuat. Kenapa? Karena ribet bok. Siap-siapin bahannya yang segambreng. Trus bikin saos putihnya. Trus bikin saos dagingnya. Trus rebus lembaran lasagna. Trus melapis-lapisnya. Trus manggangnya. Abis itu? CUCIANNYA!

Makanya, waktu nemu resep ini di blog-nya seerika, girang-girang tak percaya. Di resep ini wajan yang dipake cuma SATU. Skip step bikin saos terpisah. Skip step rebus lasagna. Tinggal udek-udek, dilapis, panggang. Haaaaa? Masa iyaa? Mana mungkiiiin???

Ternyata… MUNGKIN BANGET! Ini bar-buknya…

Continue reading

Review: Bubur Ayam Jl. Limau – Gandaria

Sudah lumayan banyak bubur ayam dimampiri. Di Jl. Tanjung, Barito,ย  Rawa Belong, Tebet Barat, depan lapangan tenis Permata Hijau, bubur karpet Radio Dalem, bubur ayam Sukabumi, en so on en so on. Tapi yang satu ini belum tergeser kedudukannya sebagai bubur ayam favorit!

Tulisan di gerobaknya sih Bubur Ayam Cirebon. Berarti aliran Cirebon ya, bukan bubur Betawi atau bubur Chinese. Di Jakarta pasti banyak buanget yang jual. Tapi you percaya deh, kalo sampe ai tulis disini, berarti enak ๐Ÿ˜€ย  Pakdosen aja kasih ponten bagus kok… secara dia itu kalo ada bau amis dikit atau rasa aneh dikit langsung hilang selera.

Tekstur buburnya gak terlalu kental tapi gak cair juga. Dibumbui merica dan kecap asin sedikit. Plus topping cakue, seledri, bawang goreng dan krupuk. Lantas disiram kuah kaldu kuning. Kuahnya ini nih yang bikin enak.. Asin sama gurihnya pas.

Akibat mangkal di pelataran kampus/sekolah,ย  harganya masih harga anak sekolahan, semangkok Rp. 7000. Kalo extra sate telur puyuh/ati ampla, ya nambah seribu-dua ribu per tusuk. Biasanya si pak bubur ini jualan pagi, tapi cuma di hari sekolah. Hari libur tutup.

Bubur Ayam Jl. Limau
Jl. Limau, Gandaria – Kebayoran Baru
depan SMA Muhammadyah 3.